Sunday, November 10, 2013

12 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Semangat Ramadhan tetap Hidup Sepanjang Tahun (Taken From Noor Magazine)

Bulan suci Ramadhan telah lewat. Namun hal ini bukan berarti semangat untuk meningkatkan spiritualitas, menjalankan gaya hidup Islami, dan memupuk rasa cinta pada Allah SWT luntur begitu saja. Berikut ini adalah 12 kebiasaan yang bisa dilakukan dalam 11 bulan pasca Ramadhan untuk mempertahankan semangat mencinta Sang Pencipta:

1. Menunaikan Sholat Wajib ~> Ratusan ayat Al-Quran dan Hadits Shahih menekankan kewajiban sholat, dorongan untuk melakukannya tepat waktu, perintah untuk menjaganya selalu, motivasi untuk melakukannya secara khusyuk, hikmah dan dampak positifnya bagi seorang mukmin, pahalanya di sisi Allah, hingga siksaan bagi yang meninggalkan atau menyepelekannya.


2. Menjalankan Sholat Sunnah ~> Ibarat rumah yang dibangun di atas tiang yang kokoh, akan lebih indah dan sempurna jika dihiasi dengan furnitur yang lengkap dan ornamen yang tepat. Begitulah sholat sunnah.

3. Dzikir dan Sholawat ~> Dzikir dan Sholawat adalah jalan keluar pemanfaatan waktu yang maksimal sekaligus penghilang kegalauan bagi setiap orang, tak terkecuali perempuan yang memiliki siklus bulanan untuk tidak sholat dan puasa.

4. Menyambung Tali Silaturrahim ~> Silaturrahim yang hakiki terjadi ketika kita menyambungkan tali kasih yang terputus; Mengunjungi saudara dekat namun tinggal di tempat yang jauh, Menyapa kawan lama yang sudah sangat lama tak tersapa, Menyambung hati kerabat dekat yang tak bersahabat karena ada iri, amarah, atau prasangka. Nabi S'AW bersabda: "Penyambung silaturrahim bukanlah orang yang membalas (kunjungan/sapaan), tetapi orang yang apabila sanak kerabatnya memutuskan hubungan, ia menyambungkannya" (HR.Bukhari)

5. Memberikan Sedekah ~> Sedekah bukanlah soal jumlah, melainkan soal kemauan hati untuk berbagi dan peduli. Sebulan berpuasa manusia dilatih mengalami sendiri rasanya lapar. Pengalaman ini diharapkan menumbuhkan jiwa empati yang terus terpelihara kepada kaum Dhuafa di luar bulan Ramadhan.

6. Hidup Rukun Bertetangga ~> Secara sederhana, ibadah bertetangga mencakup dua hal: Melakukan kebaikan secara aktif dan menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang menyakitkan, termasuk jika ada sesuatu yang kurang berkenan.

7. Melaksanakan Puasa Sunnah ~> Terdiri dari: Puasa Dawud, Puasa Senin-Kamis, Puasa Tiga Hari di Pertengahan Bulan Hijriyah, Puasa 'Asyura, Puasa di bulan Sya'ban, Puasa Enam Hari di bulan Syawal, Puasa di awal bulan Haji (Dzulhijjah), Puasa Arafah.

8. Mencari Ilmu karena Allah ~> Menuntut ilmu bukan hanya kewajiban para pelajar dan mahasiswa, melainkan kewajiban seorang muslim yang akan menebarkan manfaatnya pada sesama makhluk dan alam semesta.

9. Mendo'akan Diri Sendiri dan Orang Lain ~> Memanjatkan do'a untuk meminta apa pun kepada Allah membuat Allah senang. Oleh karenanya, selain meminta untuk diri sendiri seperti rezeki, kesehatan, keselamatan di dunia dan di akhirat, minta pula untuk orang lain.

10. Kurangi Kebiasaan Buruk ~> Hilangkan kebiasaan ghibah, menepati janji, tidak berbohong.

11. Mengerjakan Hal-hal yang Bermanfaat.

12. Be Good & Do Good ~> Berbuat baik itu kepada seluruh makhluk Allah sejatinya adalah untuk diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment