Monday, November 18, 2013

Endingnya Selalu jadi: Ngerasa Nggak Dihargai dan Sebel + Ngomel-ngomel dalam Hati...

Dalam hidup ini, kita pastinya berkomunikasi dengan lainnya, sesuai dengan teori umum: manusia adalah makhluk sosial. Sependiam apa pun, kita tetap butuh komunikasi. Kali ini pengen cerita pengalamanku komunikasi sama orang tertentu, yang tiap kali berkomunikasi, ujung-ujungnya jadi kesel aja. Karna selalu ditutup dengan ceramahnya dia buat ngingetin dengan cara beragam, baik sindiran atau pun dengan mendiamkan kita. Seolah dia udah baik aja jadi orang. Padahal kita tahu dan bisa baca wataknya dia yang sebenernya. Katakanlah kita udah kenal dia lama. Tapi ya itu, selalu berujung pada: dia ngerasa lebih baik dan lawan komunikasinya seolah udah ngelakuin kesalahan fatal. Nyebelin sekali sodara-sodara. Para blog reader, pernah gak ngalamin hal seperti itu?


Tapi palingan kalo udah gitu, aku bakalan buang sampah (baca: buang omelan) di blog ku ini....

Hm, patut disyukuri, nggak banyak orang yang sikapnya seperti itu, sebenernya, kalo menurut aku sih, kita boleh aja ngerasa diri istimewa, beda, punya kelebihan, tapi bukan berarti kita berhak seenaknya kan? kembali lagi ke idealnya: Pede boleh, sombong jangan. Ngerasa pinter boleh, ngerasa paling hebat jangan. Ngerasa layak disukai boleh, ngerasa bisa ngedapetin semua orang jangan. Tetap di koridor bagaimana kita seharusnya membawa diri aja lah. Belum tentu orang yang nggak kita hargai itu salah di mata Allah. So, kurangilah under-estimate pada orang lain.


Nah, berikut ini, beberapa perasaanku berkomunikasi dengan tipikal orang yang berbeda-beda:

1. Ngerasa ada pada tahapan win-win Communication. Nah ini komunikasi dengan suamiku. Timbal balik komunikasinya kerasa imbang. Mungkin ini semacam perasaan sekufu. Ending komunikasi terasa nyaman dan gak ada sebel sedikitpun. Kalo sms-an, selalu dibalas. Kalo lg gak ada pulsa, misua pakai CM. Kalo lagi di rumah, saling bicara dan saling mendengarkan. Mungkin memang ini yang dinamakan jodoh. Ujungnya nggak gondok.

2. Ngerasa dinilai berlebihan. Ini biasanya perasaanku pada saat dianggap lawan komunikasi lebih dari aku yang sebenernya. Hm, apa ya istilahnya, Upper-Estimate atow Over-Estimate ya lebih tepatnya? terkadang jika aku mengalami hal ini, aku berusaha menjadi sebaik sangkaan orang yang kuajak komunikasi ini. Endingnya, aku lebih antusias dalam komunikasi dan berusaha memberikan argumen terbaikku dalam komunikasi. Yang ini banyak, biasanya teman-teman kantor, mahasiswa, dan rekan-rekan sekerja di berbagai tempat dan organisasi.

3. Ngerasa Dicuekin. Ini siyh biasanya kalo sama orang yang levelnya udah di atas. Misal dia atasan suatu instansi, Ketua Organisasi Wanita tingkat Kabupaten, Ibu-ibu Jetset di Arisan DWP, dll. Nah kalo ini bisa dimaafin lah ya, wajar dia bersikap begitu, mungkin menjaga wibawa, meski seharusnya sih kalo bisa tetap ramah pada semua orang.

4. dan lain-lain, bisa ditambahin sendiri aja ya readers....

No comments:

Post a Comment