Thursday, December 1, 2016

Aduh Sombongnya...

Duuuhhh, sombongnya manusia satu itu, baru menang dikasih Tuhan kulit rada putih aja udah sombong. Gak tau ya dia, kalo org yg berkulit gelap lebih banyak daya tarik yang bikin jd lebih awesome. Sedangkan si kulit putih, daya tariknya ya kulit putihnya itu, kalo ditambah sikap arogan, malah jd gak menarik sama sekali. #Begitulah

Tuesday, November 8, 2016

Menghargai Kecerdasan Perempuan...

Siapa pun mengakui kejeniusan Umar Bin Khaththab. Pada masa pemerintahannya, Islam meluas dengan cepat, bahkan melewati wilayah Semenanjung Arab, Persia dan Romawi sebagai kekuatan adidaya saat itu takluk di tangan kaum Muslimin di bawah perintah Umar Sang Amirul Mukminin.

Luasnya wilayah dan kompleksnya permasalahan kekuasaan hanya dapat ditangani oleh pemimpin jenius dan berhati bersih seperti Umar. Urusan militer, ekonomi, sosial, budaya, sekaligus urusan agama menjadi tanggung jawab Umar. Umar paham, ia tak bisa bekerja sendirian. Maka Umar menjadikan para sahabat, seperti Ali Bin Abi Thalib, Utsman bin Affan, Abdurrahman bin 'Auf, Abdullah bin Abbas, dan lain-lain sebagai penasihatnya. Juga menempatkan sahabat-sahabat lain di wilayah operasional.

Kalangan Sahabiyah pun dilibatkan. Umar memahami bahwa Islam menempatkan perempuan sebagai pribadi yang mandiri dengan segala kelebihan yang Allah berikan. Pendapatnya setara dengan pendapat kaum lelaki. Adalah Asy-Syifa binti Abdullah yang turut menjadi penasihat Umar. Kecerdasan Syifa telah dikenal sejak masa Rasulullah S'AW. Bahkan Rasulullah memerintahkannya mengajarkan baca tulis bagi kaum Muslimah. Keahlian Syifa dalam ilmu pengobatan pun diakui Rasulullah dan diarahkan sesuai syariat.

Syifa adalah perempuan multitalenta. Dia juga menguasai ilmu ekonomi. Mengetahui kemampuan Syifa, Umar pun tak segan meminta pendapatnya tentang ekonomi, khususnya terkait pasar. Bahkan Umar menempatkan Syifa sebagai pengawas pasar di Madinah. Tanggung jawabnya, memantau setiap transaksi di pasar tersebut apakah sesuai dengan syariat Islam. Bila tidak, transaksi itu harus dihentikan dan pelakunya harus diadili. Kecurangan, monopoli, permainan harga, riba, dan penyimpangan lainnya amat rentan terjadi di dalam pasar.

Sebagai atasan, Umar juga memperhatikan keluarga Syifa, terlebih dalam urusan agama. Suatu kali, sepulang dari Masjid Nabawi setelah sholat subuh, Umar mampir ke rumah Syifa. Di sana dia mendapati Abu Hatsmah, suami Syifa, dan Sulaiman, anaknya, tengah tidur. Umar pun bertanya, kenapa ayah dan anak itu tak sholat Subuh di masjid. "Wahai Amirul Mukminin, mereka berdua sholat sepanjang malam hingga waktu Subuh. Setelah sholat, mereka tertidur," jelas Syifa. "Sholat Subuh berjamaah bersama yang lain lebih aku sukai daripada sholat sepanjang malam hingga Subuh." Ujar Umar.

Syifa mengagumi dan amat menghormati Umar. Sang Amirul Mukminin adalah contoh terbaik saat itu dalam agama maupun aktivitas dunia. Suatu saat, Syifa melihat sekelompok pemuda yang berjalan lambat dan bersuara lirih. Ia pun bertanya, "Apa ini? kenapa kalian?" Mereka menjawab, "Ini adalah (cara) ahli ibadah." Syifa berkata keras, "Demi Allah, Umar adalah orang yang bila berbicara terdengar jelas, bila berjalan melangkah dengan cepat dan bila memukul mematikan."

Umar telah menunjukkan keteladanan dalam kepemimpinan, hingga yang dipimpinnya, laki-laki maupun perempuan, bersikap loyal dan tulus.

Sumber: Majalah Ummi No.11~XXVIII~November 2016~1438 H

Monday, November 7, 2016

Tips Jadi Muslimah Charming...



Hello girls, kali ini saia kembali dengan aneka tips. Seperti biasa, tips kali ini udah saia laksanain semua nih. Topik kita kali ini adalah Muslimah charming. Jadi Bukan 'Prince Charming' doang lho, sbg muslimah kita juga kudu charming, biar ga dihina-hina oleh orang yg menghina (wkwkwk). Secara bahasa, charming itu artinya beragam. Berikut ini beberapa kulikan definisi charming:

Menurut Husna's Blog (www.husnazivilian.blogspot.co.id), Charming itu sebenernya bahasa Inggris yang dijadiin bahasa gaul di kalangan remaja Indonesia. Charming asal katanya charm yang artinya mempesona, menarik.

Sedangkan Menurut beberapa jawaban di Yahoo Answer:

"Charming itu pembawaan yang menawan."

"Orang yang charming itu memiliki aura lain yang membuat orang lain tertarik darinya.
Entah itu karena keindahan fisiknya, behaviournya, ataupun kepintarannya."

“Charming adalah kemampuan membuat nyaman dan enak untuk orang-orang dalam melihat kita”

"Charming = punya daya tarik"

"Daya tarik, maksudnya bisa daya tarik fisik (jasmani) seperti wajah yang rupawan, penampilan yang trendy atau tubuh yang ideal. Bisa juga daya tarik dari karakter atau kepribadian, misalnya rasa percaya diri yang tinggi, pemberani, atau berkharisma."

Berikutnya, definisi charming menurut saia adalah: mempesona, menarik, cerdas, dengan kata lain orang charming itu Gak bau, gak goblok, gak bego, gak keras kepala, gak kuper (kurang pergaulan), Ga suka caper (cari perhatian), dan yang pastinya orang yang charming bukanlah orang yang gak tau apa-apa.

Oke girls, karena saia merinci satu-satu antonim dari kata charming, maka saia bakalan kasih tips untuk mengatasi beberapa masalah anti charming yang saya kemukakan di definisi di versi saia di atas. Berikut ini tips nya:

1. Tips Jadi Muslimah Anti Bau: hm,,jadi bau ini ada berbagai kategori, di antaranya bau badan (burket), bau mulut, bau secara keseluruhan, bau di beberapa bagian tubuh tertentu, dan bau di organ intim kewanitaan. Penyebab bau itu ada banyak, bisa jadi karena kelebihan berat badan (obesitas), jenis makanan yang dikonsumsi, faktor keturunan, hormonal (pengaruh stress/depresi/tekanan), dan bisa juga disebabkan karena kurang menjaga kebersihan tubuh. tips untuk mengatasi bau badan, pilihlah deodoran yang cocok dan banyaklah mengkonsumsi kemangi. Tips untuk mengatasi bau mulut adalah dengan rajin sikat gigi atau dengan mengunyah permen karet, jika masih bau, berarti ada gigi yang berlobang. Gigi berlobang harus ditambal ke dokter gigi. Jika masih bau, berarti kamu harus scaling (bersihin karang gigi ke dokter gigi lagi), truz tips untuk mengatasi bau badan secara keseluruhan,bisa dengan diet dan olahraga (bagi yang obes), mandi 3-4 kali sehari, dan sering mengganti baju ketika keringat berlebih. Sedangkan jika bau di beberapa bagian tubuh tertentu, sering banget dialami muslimah yang terbungkus hijab setiap harinya, nah tips untuk ngilanginnya adalah, berikan perhatian ekstra untuk bagian-bagian tersebut. Setelah dibersihkan, oleskan/semprotkan parfum beraroma bubble gum atau vanila, pasti jadi hilang bau tak sedapnya. Saia udah praktekin nih. Terakhir, untuk menghilangkan bau di organ intim kewanitaan, ini rada perlu rogoh kocek, pertama, kamu harus ke dokter karena bau itu karena keputihan dan pengaruh apa yang dikonsumsi, check, apakah itu keputihan biasa yang normal, atau keputihan karena gejala kaker serviks. Jika itu keputihan biasa, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi herbal penghilang bau organ kewanitaan (banyak koq di apotek), ditambah dengan rajin mencucinya dengan lactacyd, terutama setelah haid. Tetapi jika bau itu dikarenakan gejala kanker serviks, kamu kudu berobat intens.

2. Tips Anti Goblok: Biarpun kutu buku sering diejekin nerd, tapi percayalah, semakin banyak kamu baca buku, semakin nalar kamu jalan. Kecuali kalo kamu terima mentah-mentah semua yang kamu baca. jadi, tiap kali baca buku, sempatkan untuk merenung dan berpikir, apa yang disampein buku itu bener atow kamu perlu cari fakta lain dari buku lain. Atau gini, gak harus baca buku, browsing di internet pada situs-situs terpercaya juga oke tuh biar kamu gak dikatain goblok.

3. Tips anti Bego: biasanya emang ada aja orang yang suka ngatain kita bego, baik secara langsung ataupun ngomongin di belakang. Caranya biar orang yang ngomong bego itu nyadar, kamu harus ngebuktiin bahwa kamu gak bego. Yach, tergantung situasi yang kamu hadapi. Kamu buktiin lewat sikap dan omongan kamu. kadang kamu harus tegas (bukan keras lho), karena orang yang gak tegas itulah yang terkesan bego.

4. Tips Anti Keras Kepala (Stubborn): Kalo kamu nyadar bahwa kamu keras kepala, kamu harus cepet2 melunak. Karena orang yang keras kepala biasanya gak charming. Tapi kalo setelah kamu melunak, orang lain gak berubah, ya udah, mendingan kamu ngejauh deh dari masalah yang sedang kamu hadapi, karena percuma, mendingan kamu cari masalah baru, wkwkwkwk :D

5. Tips Anti Kuper: Nah, ini rada sulit, kadang sebenarnya kamu mengamati sekitar, kamu udah ngikutin perkembangan zaman, tapi orang lain gak tau, jadi kamu dibilang kuper. Padahal gak mungkin kan kamu pamer bahwa kamu sebenernya tahu. Tapi ternyata kadang pamer itu penting lho, pamerin bahwa kamu juga tahu issue aktual dengan posting di blog, fb, twitter, atau instagram kamu. Ga enak banget kan dibilang kuper hanya karena medsos kamu ga update? hehehehe

6. Tips Anti Caper: Kamu ga perlu kasi tau orang lain perkembangan hidup kamu, bahaya, ntar ada yang ge er, dikira kamu cari perhatiannya dia. padahal kamu kadang cuma iseng pamer perkembangan hidup, eh malah ada yg gagal paham, #capedeh. So, kamu cukup caper sama Allah aja deh, Allah Maha Penyayang, malah senang kalo hamba-Nya Caper.

7. Tips Biar Gak Dibilang 'gak tau apa-apa': Kamu harus selipin di update-an status kamu, atau blak blakan aja lah kasi tau bahwa kamu cukup tau. Buktiin bahwa kamu cukup cerdas untuk tahu banyak hal.

Nah itu dia tips biar charming, yakni dengan mengatasi semua hal anti charming. Semoga kita semua bisa jadi muslimah charming ya girls. Gak ada orang yang gak punya kesalahan atau pun kekurangan di dunia ini, namun sikap yang benar adalah bagaimana memperbaiki semua kesalahan dan kekurangan kita. hehehe #sokBijak ^_~

Sunday, November 6, 2016

Senantiasa Membantu Saudara Sesama Muslim...

Rasulullah S'AW pernah menggunakan kata-kata mutiara jahiliyah yang dikenal masyarakat Arab sebelum Islam, yaitu: "Bantulah saudaramu dalam kondisi apa pun, saat dianiaya atau saat menganiaya," Para sahabat yang mendengar slogan yang tak asing itu langsung memberikan respons dan bertanya, "Bagaimana cara membantu orang yang menzhalimi?" Rasulullah S'AW menjawab, "Bantu dengan menghentikannya agar tidak larut dalam kezhalimannya."

Wednesday, September 21, 2016

Dua Istilah Berbeda: Kemiskinan Vs Kampungan

Dalam hidup sehari-hari, istilah kemiskinan dan kampungan kerap kali kita dengar. Tapi perlu digaris bawahi, bahwa kemiskinan dan kampungan itu sangat berbeda. Karena orang miskin/org tak mampu belum tentu kampungan, dan orang kaya/berada mungkin saja kampungan. Kemiskinan lebih cenderung menunjukkan nasib, sedangkan kampungan lebih cenderung menunjukkan sikap. Berikut ini diulas lebih jauh tentang 2 istilah tersebut:

KEMISKINAN

Menurut Wikipedia, Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan, dll.

Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:

Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.

Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi. Gambaran kemiskinan jenis ini lebih mudah diatasi daripada dua gambaran yang lainnya.

Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia. Gambaran tentang ini dapat diatasi dengan mencari objek penghasilan di luar profesi secara halal. Perkecualian apabila institusi tempatnya bekerja melarang.



KAMPUNGAN

Menurut Wikipedia, kampungan berkaitan dengan kebiasaan di kampung; terbelakang (belum modern); kolot. Dan menurut tulisan di salah satu web populer, Salah satu sikap yang dapat dikategorikan sebagai kampungan adalah 'Penampilan yang tidak sesuai'. Penampilan yang tidak sesuai juga bisa membuat Kamu tampak kampungan. Mungkin, niat dari Rumah ingin tampil beda agar lebih menarik. Tapi ternyata keadaan tidak sesuai. Jadi untuk menghindari hal ini, lebih baik pilih penampilan netral. Penampilan netral adalah penampilan rapi dan paduan warnanya pantas untuk mengunjungi tempat-tempat khusus, tapi tetap pantas juga digunakan untuk berbaur didepan umum. Kadang kala kamu mungkin saja berpenghasilan lumayan, dari segi cara berkomunikasi kamu udah oke, kamu udah ngerasa keren, kepedean banget, ternyata orang lain menilai kamu kampungan, misalnya tas yang kamu beli mahal-mahal, tapi warnanya ternyata kampungan, kamu gak nyadar, tapi orang liatnya udah jijay aja. mending kamu pilih warna netral deh. Trus, bagi yang berkerudung, menurut kamu mungkin kerudung kamu udah mahal, tapi dirawat dong, nyucinya jangan disikat kenceng, jangan di-laundry atau masuk mesin cuci, mahal-mahal tapi koq kerudungnya bulukan, udah muncul bulu2 kegores goresnya, idiiih, keliatan kampungan tuh. Truz satu lagi, sendal jepit, walopun merk-nya keren & mahal, tapi kalo kaki kamu kucel, mending pake sendal yang ketutup depannya deh, biar kamu gak dicap kampungan.

Oke deh, segitu aja ulasan kemiskinan vs kampungan. Jangan salah lho, kadang orang yang dilabeli miskin, malah bisa bersikap elegan dan tidak kampungan dari segi penampilannya. Oke Tips kali ini: Berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak kampungan, apalagi kalo kamu sebetulnya golongan menengah ke atas a.k.a. ga miskin. Peace ah!!! hehehe :D

Tuesday, August 30, 2016

Manusia Kuat ~ by Tulus


Kau bisa patahkan kakiku
Tapi tidak mimpi-mimpiku
Kau bisa lumpuhkan tanganku
Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa merebut senyumku
Tapi sungguh tak akan lama
Kau bisa merobek hatiku
Tapi aku tahu obatnya

Manusia-manusia kuat itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat itu kita
Manusia-manusia kuat itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Kau bisa hitamkan putihku
Kau takkan gelapkan apapun
Kau bisa runtuhkan jalanku
Kan ku temukan jalan yang lain

Manusia-manusia kuat itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat itu kita
Manusia-manusia kuat itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Bila bukan kehendakNya huuu
Tidak satu pun culasmu akan bawa bahagia

Manusia-manusia kuat itu kita, jiwa-jiwa yang kuat itu kita
Manusia-manusia kuat itu kita, jiwa-jiwa yang kuat itu kita
Manusia-manusia kuat itu kita, jiwa-jiwa yang kuat itu kita
Manusia-manusia kuat itu kita, jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Kau bisa patahkan kakiku, patah tanganku rebut senyumku
hitamkan putihnya hatiku, tapi tidak mimpi-mimpiku

Sunday, August 21, 2016

Kakek...

Jika di beberapa postingan sebelumnya saya pernah cerita tentang almarhumah nenek tersayang, kali ini saya akan bercerita tentang sosok almarhum Kakek saya. Maaf ceritanya random (lompat-lompat) alias gak sistematis.

Kakek saya bernama Jabir Sutan Malano. Seorang purnawirawan TNI AD. Terlahir di sebuah desa bersahaja, Desa Tanjung Barulak. Secara matrilineal suku kakek adalah Guci. Kakek memiliki 5 orang anak, 3 Putra dan 2 Putri. Mama adalah anak ke-3.

Sejak kecil kakek telah dididik disiplin yang sangat keras dari kedua orang tuanya. Sehingga di masa mudanya beliau memilih jalan untuk menjadi seorang Tentara (TNI AD). Dalam kariernya, beliau beberapa kali ikut bertugas mengamankan pemberontakan, sehingga mata kirinya sempat terkena tembakan dan dioperasi, sehingga nyaris buta, setelah dioperasi mata kiri beliau menjadi minus 12.

Selama masa pengabdiannya kepada negara pulalah, beliau pernah beberapa tahun lamanya di Blitar. Dari sana, karena membaur dengan masyarakat setempat, kakek mendapat ilmu bercocok tanam, yang pada saat beliau kembali ke kampung halaman, teknik bercocok tanam tersebut beliau transfer ke masyarakat di kampung kami. Bahkan masyarakat kampung kami yang awalnya MCK di sungai dan menampung air hujan, dimotivasi kakek untuk menggali sumur di rumah masing-masing, dan dicontohkan oleh kakek untuk membuat septic tank (sekitar tahun 80-an).

Meskipun orang Minang, dan nenek sebagai anak perempuan mendapat warisan tanah, tapi Kakek berkeras tidak mau membangun rumah di tanah warisan, ketika mama lahir, Kakek mengupayakan untuk membeli sebidang tanah di pinggir jalan dan dekat dari keramaian (pasar) dan membangun rumah untuk anak istrinya. Kakek berprinsip, tanah warisan itu lebih baik dimanfaatkan untuk berkebun, agar tidak bermasalah/sengketa kelak di kemudian hari.

Di masa pensiunnya, kakek beberapa kali terpilih sebagai Wali Nagari (Angku Kapalo Nagari/Kepala Desa) di Kenagarian Tanjung Barulak (di masa itu Tanjung Barulak belum dibagi menjadi 2 bagian seperti sekarang, baca: Tanjung Barulak Utara dan Tanjung Barulak Selatan). Semasa menjadi Wali Nagari, cukup banyak inovasi (terobosan) yang digagas oleh kakek. Di Tahun-tahun terakhir hidupnya pun, Kakek masih aktif di PEPABRI Kota Padang Panjang, bahkan beberapa kali pula menjadi Ketuanya. Kakek meninggal pada tahun 2001, di usianya yang ke-72 tahun. Kakek Lahir di bulan September, dan meninggal pun di bulan September. Di hari wafatnya, beliau dilepas dengan Upacara Militer. kakek memiliki 5 Penghargaan/Lencana dalam TNI, dengan pangkat terakhir Peltu.

Sebagai Kakek, bagiku kakek adalah seorang Kakek terbaik. Rasa sayang dan perlindungannya terhadap anak cucunya, sangat terasa. Di saat harus tegas, beliau tegas dan keras. Ketika itu untuk kebutuhan pendidikan anak cucu, Kakek rela berhutang sana-sini. Kakek tidak pernah pelit, dan tidak pernah membuang-buang waktunya, di belakang rumah pun beliau menanam beraneka buah-buahan. Bahkan ketika tak lagi menjadi Wali Nagari, beliau masih menyanggupi ketika ditunjuk Pak Camat (baca: Camat Batipuh) sebagai Kepala Pasar di desa kami. Ketika beliau telah tiada, para pedagang merasa kehilangan karena kehilangan seorang sosok yang bisa mengkoordinir segala sesuatunya dengan baik.

Kakek adalah pecatur handal, sulit sekali ngalahin kakek dalam permainan catur. Dan beliau sangat selektif dalam memilih lawan tanding. Kakek hobi membaca Koran dan menonton siaran berita di Televisi. Tapi sayangnya Kakek kurang suka musik, apalagi musik Barat, beliau alergi. jadi kalo kami (baca: anak cucunya) mau dengerin musik Barat, tunggu kalo kakek lagi keluar rumah atau ada urusan ke Padang Panjang.

hm...apalagi ya? bersambung dulu deh....hehehe :D

(to be continued)

Tuesday, August 2, 2016

Perkembangan My Sing! Smule Account...

Alhamdulillah, setelah 3 bulan aktif di aplikasi Sing! Smule (Medsos buat sing/nyanyi karaoke-an), Followers saya udah 460 orang :)




Dan ini score tertinggi waktu saya nyanyi solo:




Berikut ini perkembangan Jumlah followers & Jumlah Recordings saya selama 3 Bulan ini:































hehehee, segithu niat & semangatnya nyanyi, sering dicomplain sama misua n mama saya d rumah, coz berisik katanya, wkwkwk :D