Monday, June 6, 2016

Serunya Join Communities di Aplikasi Sing! Karaoke SMULE...



Aplikasi Smule menyediakan fasilitas untuk pengguna membentuk grup-grup tertentu, baik berdasarkan minat, atau pun berdasarkan genre musik yang disukai. Hampir satu bulan saya menggunakan aplikasi karaoke ini, dan saya udah gabung dengan 2 grup yakni, Grup Team Karaoke Lovers a.k.a. TKL dan SmuleDRenaline a.k.a. SDR. Manfaat langsung yang kita terima dari ikutan grup-grup ini adalah ketika kita duet a.k.a collab, maka admin grup ini bakal nge-tag recording kita ke members lainnya, lalu nge-like recording kita. Kalo kebanyakan yg nge-like, bakal masuk daftar listen sedunia di Smule wkwkwk. Sedangkan manfaat tidak langsungnya, kadang suka ada tips2 vokal atau tips biar bisa nyanyi lebih oke, tips buat sukses kolaborasi, dsb. Kedua grup ini berkantor di aplikasi Line, sehingga tiap org yg mau join ke grup grup ini harus punya ID Line (ehm ehm, ada hikmahnya juga saya sign up Line dulu diajakin temen). Hm, baiklah akan saya ceritakan sekelumit tentang 2 grup yang saya ikuti ini:


1. SDR (SmuleDRenaline)






Grup ini dibentuk oleh paramuda Indonesia, dengan Bayu sebagai founder dan Kidunk sebagai co-foundernya. Hingga saat ini tercatat 24 members grup ini, yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Struktur grup ini antara lain:

Leader: @SIV_KhayRSJ
Leader HRD: @S1BPatricia_RSJ
CoLead HRD: @BVI_Kania_SDR & @SIV_RickePoettia
Recruitment: @Mondres_

Member:
1. @Dyon_AndromedaBR
2. @Opel_aLatas
3. @isf_g1h_eva
4. @siska_scsf
5. @meiriyantoian
6. @SFSI_satorijr
7. @isf_yoanwidyanti
8. @SIV_faridgilbran
9. @SIV_Pitho7
10. @DSS_Jack_SDR
11. @BuNGaFLo_TKL8SDR
12. @Delly7Mendrofa
13. de el el

Grup ini mewajibkan absen (lapor kehadiran) setiap harinya, sanksi bagi yang gak lapor adalah kirim foto selfie terjelek ke grup.



2. TKL (Team Karaoke Lovers)



Grup ini dibentuk oleh cewe'-cewe' Filipina, dengan Maliey sebagai founder dan Izzie Krizzie sebagai co-foundernya. Hingga saat ini tercatat sebanyak 50 members pada grup ini, yang berasal dari berbagai negara. TKL Leader adalah Mark. Dengan admins: Shad, Rhose, Maliey, dan Krizzie.

Grup ini heboh banget. Sampe2 kadang kita keganggu dengan notifnya yg hampir tiap detik. Ga pernah sepi, dari pagi mpe tengah malem, eh ngga' ding dari pagi mpe pagi lagi, grup ini asik ngobroooool aja. Kalo yg aktif para members bule, nginggris dah ngobrolnya. Parahnya kalo yang lg ngobrol d chatroom itu para ce' n co' dari Filipina, merekanya pake bahasa tagalog, saya roaming deh. Tapi setidaknya ada 3 members asal Indonesia di Grup ini, yakni saya a.k.a @BuNGaFLo_TKL8SDR dan bayu a.k.a @SIV_TKL_BheyRSJ serta @TKL_septy, jadi saya gak roaming sendirian deh.

Tapi beberapa hari saya join di grup ini, saya jadi punya ide buat belajar bahasa tagalog & kepikiran juga buat belajar nyanyi lagu Filipina yg pastinya berbahasa tagalog.



Setelah ngulik-ngulik di google, ini ada kamus basic tagalog:

Selamat pagi : Magandang umaga; Selamat siang : Magandang araw; Selamat sore : Magandang hapon; Selamat malam : Magandang gabi;

Selamat ulang tahun: Maligayang kaarawan; Sampai jumpa : Kita tau mamaya ha;
Siapakah namamu? : Anong pangalan mo?; Namaku adalah… : Ang pangalan ko ay…
Senang bertemu kamu : ikinagagalak kitang makilala
Apa kabar? : Kumusta ka na?
Saya sehat : Mabuti naman ako
Sangat baik : Napakagaling
Sungguh? : Talaga?
Selamat tinggal : Paalam
Terima kasih : Salamat
Terima kasih banyak : Maraming maraming salamat
Terima kasih kembali : Walang anuman
Maaf : Pasensya na
Tidak apa-apa : Hindi naman masama
Permisi : Paumanhin
Silakan : Pakiusap
Ya : Oo
Tidak : Hindi
Ini adalah… : Siya ang…
Di mana…? : Saan…?
Di mana taksi? : Saan ang taxi?
Di mana bis? : Saan ang bus?
Di mana kamu? : Saan ang ikaw?
Di mana pintu keluar? : Saan ang labasan?
Di mana kamar mandi? : Saan ang paliguan?
Di mana tempat istirahat? : Saan ang palikuran?
Apakah itu jauh? : Malayo ba?
Apakah itu dekat? : Malapit ba?
Lurus saja! : Deretso
Belok kanan! : Lumiko sa kanan!
Belok kiri! : Lumiko sa kaliwa!
Tolong berhenti di sini! : Pakitigil dito!
Tolong antarkan saya ke alamat ini! : Pakidala ako sa address na ito!

Saya orang Filipina : Ako ay Filipina
Dia orang Italia : Siya ay Italyano
Kamu orang Indonesia : Ikaw ay Indonesyano
Dari manakah dia? : Saan siya nakatira?
Dari mana asalmu? : Saan ka nakatira?

Hariku menakjubkan : Ako ay nasiyahan
Aku tinggal di Manila : Ako ay nakatira sa Manila
Lim dari Singapura : Si Lim ay galing sa Singapore
Apakah kamu bicara Bahasa Inggris? : Nagsasalita ka ng English?
Saya tidak mengerti : Hindi kita maintindihan
Apa yang kamu mau? : Ano ang gusto mo?
Saya mau ini : Ito ang gusto ko
Saya mau minum : Gusto ko ng maiinom

Tolong segelas air! : Pakisuyo ng isang baso ng tubig
Tolong secangkir teh! : Pakisuyo ng isang baso ng tsaa
Minta menunya dong! : Pakisuyo ng menu
Silakan periksa! : Pakisuyo ng check!
Berapa banyak? : Magkano ito?
Sarapan : Agahan
Sayur : Gulay
Daging ayam : Manok
Daging sapi : Baka
Roti : Tinapa
Apel : Mansanas
Kopi susu : Kape na mayroong gatas
Wah, enak! : Ito ay masarap
Saya mau bayar pakai dollar : Gusto kong magbayad ng dolyar
Bisakah kamu membantuku? : Pwede mo akong tulungan?
Bisakah saya membantumu? :
Pwede ba kitang tulungan?
Suamiku/istriku : Aking asawa
Anakku : Aking anak
Cewekku : Nobya
Cowokku : Nobyo
Teman : Kaibigan
Dia istriku : Siya ay aking asawa
Dia anakku : Siya ay aking anak
Dia cewekku : Siya ay nobya
Dia cowokku : Siya ay nobyo
Membaca : Nagbabasa
Lelaki itu sedang membaca : Ang lalake ay nagbabasa
Tidur : Tulog
Dia sedang tidur : Siya ay tulog
Mengemudi : Maneho
Saya sedang mengemudi : Ako ay maneho
Berjalan : Lakad
Anakku sedang berjalan : Aking anak ay lakad
Bekerja : Trabaho
Suamiku sedang bekerja : Aking asawa ay trabaho
Bicara : Usap
Saya sedang bicara : Ako ay usap
Tongue twister :
Buwaya, bayawak, buwaya, bayawak,… (buaya, biawak, buaya, biawak,…)
Minimikaniko ni Monico ang makina ng Minica ni Monica.
(Monico si mekanik sedang memperbaiki mesin motor Minika-nya Monica).
Minikaniko ni Monico ang makina ni Monica.
(Monico si mekanik sedang memperbaiki mesin jahitnya Monica).

Hitungan:
1:isa
2:dalawa
3:tatlo
4:apat
5:lima
6:anim
7:pito
8:walo
9:siyam
10:sampu

Begitulah kisah saya dengan Grup-grup yang ada di Smule.

Tuesday, May 17, 2016

Smule: Aplikasi keren, Sing! Karaoke, Nyanyi lebih simpel di rumah pake android + Headphone ^^



*Best with Headphones


Di dunia ini sangat banyak orang yang suka menyanyi. Jika anda adalah salah satu di antaranya, anda wajib menginstall aplikasi sing! karaoke by smule wkwkwkwk, baik di android (smartphone) anda, atau pun di netbook, notebook, ultrabook, PC, atau Mac. Dengan aplikasi ini Anda memiliki kesempatan untuk bernyanyi bersama dengan bintang untuk beberapa lagu favorit Anda. Kelebihan aplikasi sing! karaoke by smule, anda dapat merekam sendiri nanyian Anda dan posting ke komunitas global.

Di Indonesia, Aplikasi karaoke ini telah populer sejak 2015, tapi sayangnya saya baru install beberapa hari yang lalu (baca: tanggal 12 Mei 2016) dengan nickname bunga_fLo. Di profil, saya tulis 'myFave: Pop, Ballads,Slow Rock, Country, and others (yg penting lagu2 yg enak didenger, saya demen aja dah)'. Hm, Walopun baru beberapa hari nongkrongin sing! Karaoke by Smule ini, mpe tanggal 16 Mei, saya telah merekam 100 lagu yang saya nyanyikan, 18 lagu dinyanyikan sendiri a.k.a solo, dan 81 lagu dinyanyikan berdua (duet), dan 1 lagu dinyanyikan bareng2 (berkelompok), wkwkwkwk, kadang mpe jam 3 malem saya msh nyanyi2 d rumah, saking semangatnya & biar rekamannya bening ning, hehehe. My Solo Recordings di antaranya: Kiss me & Don't Dream It's Over-nya Sixpence None The Richer; I wish I could Fly, Listen to Your Heart, It Must Have Been Love-nya Roxette; Thinking Out Loud-nya Ed Sheeran; House For Sale; Lumpuhkanlah Ingatanku-nya Geisha; Semua Tak Sama-nya Padi; Setengah Mati Merindu-nya Judika; More Than Words; Payphone, Daylight, Animals, & One More Night-nya Maroon 5; I'm With You-nya Avril Lavigne; My Immortal-nya Evanescence; Touch The Sky-nya Julie Fowlis (OST Brave); dan What Makes You Beautiful-nya One Direction.

Sedangkan My Collaboration Recordings a.k.a rekaman duet saya di antaranya: Fading Like a Flower, Queen of Rain, Spending My Time, & Almost Unreal-nya Roxette, Touch The Sky (3 recordings, duet dengan orang2 yg berbeda); There she goes-nya Sixpence None The Richer; Love Fool-nya The Cardigans, Friends-nya Ed Sheeran, Falling in Love at Coffee Shop-nya Landon Pigg; I'm With you & Complicated-nya Avril; Promises & Animal Instict-nya The Cranberries, Lucky-nya Jason mraz feat Colbie Calliat; Don't Speak-nya Gwen Stefanny/No Doubt; Love of My Life-nya Queen; You Must Love Me-nya Madonna; Thank You-nya Dido; Animals-nya Maroon 5 (3 recordings); That's The Way It Is, It's All Coming Back to Me Now, I'm alive, Because You Loved Me, & To Love You More-nya Celine Dion; Do That To Me One More Time; I've Been Away Too Long; My Brokers Souvernirs; My All-nya Mariah Carey; No One-nya Alicia Keys; The Way iam-nya Inggrid Michaelson, de el el...

Dipelajari dari lapak resminya di Google Play Store, Sing! Karaoke by Smule memang betul aplikasi yang menyuguhkan fitur-fitur bagi yang gemar karaokean. Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur perekam suara, efek-efek audio, duet dengan artis idola Anda dan berbagi ke platform globalnya supaya orang lain bisa mendengarkan suara emas Anda.

Sing! Karaoke by Smule adalah aplikasi yang tak lain diciptakan oleh pengembang bernama Smule dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2012 di App Store. Bagi Smule aplikasi ini merupakan proyek paling sukses yang menghantarkan Smule ke posisi yang sekarang. Walaupun jauh sebelum Sing! sudah ada beberapa aplikasi yang lahir lebih dulu. Seperti Sonic Boom yang diluncurkan di tahun 2008, kemudian Magic Fiddle di 2010, termasuk Glee Karaoke yang juga menggarap kategori yang sama.

Untuk platform Android sendiri Sing! Karaoke by Smule sudah mencatatkan angka unduhan sebanyak 50 juta. Beban file sebesar 41MB harus dibawa jika Anda berniat memasangnya di ponsel Android Anda. Minimal sistem operasi yang bisa menjalankannya adalah 4.0.3 atau yang lebih baru.

Di dalamnya terdapat berbagai kategori musik seperti pop, metal, rock, klasik dan lain-lain atau pilihan kategori berdasarkan artis dan negara. Sing! mempunyai sistem rekomendasi yang didasarkan pada preferensi masing-masing pengguna.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Sing! juga menawarkan platform unik di mana pengguna dapat terhubung ke jaringan komunitas Smule. Di sana pengguna dapat saling berinteraksi lewat suara dan menyanyikan lagu bersama anggota komunitas yang menyukai lagu tertentu.



*sebagian dari postingan ini (about sing! smule) diperoleh dari www.dailysocial.com ^^

Tuesday, May 10, 2016

Soal Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Labor Statistika 2016



Dosen Pengasuh: Bunga mardhotillah, S.Si, M.Stat
Type Ujian: Take Home Test
Petunjuk Pengerjaan: Print Hasil/Output Data Analysis beserta interpretasinya!


1. Gunakan NIM anda untuk menyusun data yang terdiri atas 14 sampel!
Contoh: mahasiswa dengan NIM 15101035302748, 7 sampel pertama diperoleh dari memecah NIM menjadi bilangan yang terdiri dari 2 angka dari kiri, sehingga diperoleh 15, 10, 10, 35, 30, 27, dan 48. Dan 7 sampel berikutnya diperoleh dengan cara kebalikan, yakni dari memecah NIM menjadi bilangan yang terdiri dari 2 angka dari kanan, sehingga diperoleh: 84, 72, 3, 53, 1, 1, dan 51. Lalu digabung menjadi 1 set data yang berbeda untuk tiap mahasiswa, karena menggunakan NIM masing-masing, untuk NIM contoh diperoleh sbb:
15, 10, 10, 35, 30, 27, 48, 84, 72, 3, 53, 1, 1, 51

Dengan Data NIM anda yang telah dipecah, entry data tersebut ke Ms.Office Excel, lalu gunakan Menu Data Analysis dengan memilih ‘Descriptive Statistics’ pada dialog box-nya. Print dan Beri interpretasi!

2. Buatlah Histogram (masih dengan memanfaatkan menu Data Analysis), dengan data 14 sampel yang berasal dari NIM anda tersebut!

3. Pecah kembali data NIM anda menjadi dua bagian pada Excel, bagian pertama menjadi X dan bagian kedua menjadi Y, Contoh (dengan NIM contoh di atas):
X: 15, 10, 10, 35, 30, 27, 48;
Y: 84, 72, 3, 53, 1, 1, 51;
tentukan Koefisien Korelasinya dengan menggunakan menu Data Analysis dengan memilih ‘correlation’ pada dialog box-nya! Interpretasikan nilai koefisien korelasi tersebut!


=Selamat Bekerja=

HASIL EXPOSE DEWAN RISET DAERAH TAHUN 2016



Beberapa hari yang lalu dapat kiriman email dari mbak Sartik (Balitbangda Provinsi Jambi) terkait Rumusan Hasil kesepakatan forum dalam Expose DRD Tahun 2016 yang diselenggarakan pada tanggal 28 April lalu di Aula Balitbangda Provinsi Jambi. Expose DRD tersebut dihadiri oleh anggota DRD dari beberapa Provinsi, antara lain: DRD Banten dan Jawa Barat, SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Kantor Litbang dan Bappeda di Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi. Melalui Forum diskusi tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi DRD, maka disepakati beberapa poin rumusan sebagai berikut:

1. Mendorong Kemenristekdikti melalui Dewan Riset Nasional (DRN) untuk menyusun Peraturan Pemerintah tentang DRN dan DRD sebagai dasar bagi Pemerintah Daerah dalam Pembentukan DRD. Pembentukan DRD diputuskan melalui Peraturan Daerah.

2. Mengusulkan kepada DRN untuk menyusun Juklak dan acuan tentang pembentukan dan tupoksi DRD guna meningkatkan Peran DRD dalam Pembangunan Daerah.

3. Mengusulkan kepada Kemenristekdikti melalui DRN untuk melakukan koordinasi dengan Kemendagri guna Optimalisasi Peran Balitbangda dalam Pengembangan IPTEK.

4. Mengukuhkan Forum DRD se-Sumatera, dan memutuskan DRD Provinsi Jambi sebagai Sekretariat sementara, Ketua DRD Provinsi Jambi sebagai Ketua ex-officio. Untuk Pertemuan pertama, Provinsi Lampung disepakati sebagai tempat penyelenggaraan Forum DRD se-Sumatera Pertama.

5. Mendorong Pemerintah Daerah untuk merealisasikan anggaran riset di daerah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, yakni sebesar 1% dari APBD.


Rumusan di atas ditanda tangani oleh Dr. Ir. Bambang Setiadi, M.SI. IPU selaku Ketua Dewan Riset Nasional, Dr. Ir. H. Sa'ad Murdy, MS selaku Ketua DRD Provinsi Jambi, dan Ir. H. Husni Jamal, M.Agr, St selaku Ketua Sidang.

Saturday, May 7, 2016

Indikator dalam SEM



Di dalam Structural Equation Modelling (SEM), indikator dikategorikan menjadi Indikator Reflektif (Indikator Manifes) dan Indikator Formatif (Indikator Kausal)



A. Indikator Reflektif

--> Dalam hal ini indikator dilihat sebagai efek dari konstruk yang dapat diamati.

--> Contoh: Kegigihan yang direfleksikan/dimanifestasikan oleh/dijabarkan menjadi 3 indikator yaitu komitmen, tantangan, dan kontrol.

--> Secara statistik, model pengukuran reflektif menjelaskan bahwa indikator terkait dengan variabel laten yang sama harus memiliki varians bersama (kovarians).



B. Indikator Formatif

--> Indikator bukan merupakan refleksi konstrak yang diukur.

--> Merupakan anteseden atau penyebab (Causal Indicators)

--> Berbeda dengan indikator reflektif, pada indikator formatif, menghilangkan satu indikator tidak akan mengganggu indikator lainnya karena masing-masing relatif independen.

--> Secara statistik, indikator ini dibuktikan dengan koefisien peranan yang dapat dilihat melalui kombinasi linier dalam persamaan regresi.

--> Semua indikator tidak harus memiliki varians bersama (kovarians) sehingga mengeliminasi satu indikator tidak seberapa mengubah peranan indikator lainnya.

--> diharapkan indikator ini memiliki keterkaitan yang rendah, untuk menghindari overlap. Salah satu sifat dari indikator ini adalah akumulasi, karena menggunakan analisis regresi.




Inilah beberapa poin yang saya pelajari dan pahami dalam SEM, Postingan ini bertujuan untuk melengkapi postingan2 sebelumnya terkait SEM, Semoga Bermanfaat... hehehehehe ^_^

Friday, May 6, 2016

Friends ~ by Ed Sheeran



We're not, no we're not friends, nor have we ever been
We just try to keep those secrets in our lives
And if they find out, will it all go wrong?
And heaven know, no one wants it too

So I could take the back road
But your eyes'll lead me straight back home
And if you know me like I know you
You should love me, you should know

Friends just sleep in another bed
And friends don't treat me like you do
Well I know that there's a limit to everything
But my friends won't love me like you
No, my friends won't love me like you

We're not friends, we could be anything
If we tried to keep those secrets safe
No one will find out if it all went wrong
They'll never know what we've been through

So I could take the back road
But your eyes'll lead me straight back home
And if you know me like I know you
You should love me, you should know

Friends just sleep in another bed
And friends don't treat me like you do
Well I know that there's a limit to everything
But my friends won't love me like you
No, my friends won't love me like you

But then again, if we're not friends
Someone else might love you too
And then again, if we're not friends
There'd be nothing I could do, and that's why

Friends should sleep in other beds
And friends should kiss me like you do
And I know that there's a limit to everything
But my friends won't love me like you
No, my friends won't love me like you do
Oh, my friends will never love me like you

Songwriters
Sheeran, Ed

Published by
Lyrics © Sony/ATV Music Publishing LLC



Read more: Ed Sheeran - Friends Lyrics | MetroLyrics

Liburan @ Jambi City ajjaaahhh....





Liburan tgl 5-6 Mei plus Weekend 7-8 Mei kami (baca: saya & misua) lewatin di Jambi aja. Biasalah, keliling2 nyobain kuliner2 yg gress. Kali ini kami coba ke fat bubble. Sebetulnya saya udah pernah ke fat bubble ini, diajakin bu Kasubbag survey tgl 18 April lalu, sehabis konsul ke Bappeda Prov perihal penyusunan Renstra, katanya bu Kasubbag berencana pengen ngajakin anak2nya ke Fat Bubble, jd katanya kudu survey tempat dulu. Ternyata pas, tempatnya colourful a.k.a warna-warni, dari mulai dinding, kursi, mpe toiletnya warna-warni ceria & mirip Taman Bermain, jd so pasti cocok banget buat anak2. Eits, tapi jangan salah, Fat Bubble justru banyak ditongkrongi anak2 muda or couples. Kalo saya, awalnya rada gak ngeh dg Tempat kuliner yg relatif baru ini. Padahal deket banget sama domisili. Bu Kasubbag sendiri taunya dari instagram coz ada yg posting foto. Menunya beragam, dari yg banyak bubble mpe yg ga ada bubble nya, yang asin2 jg ada. tapi tetep dinominasi oleh makanan manis2. Dari nama tempatnya aja udah ketauan kalo hampir semua menu yg disajikan berkadar lemak tinggi, jd sebetulnya tempat ini cucok buat yg lg program penggendutan badan. Kalo buat saya sebetulnya kurang cocok, tapi berhubung mau ngajakin misua k tempat kuliner yg rada2 beda dibanding yg biasa kami kunjungi, jd saya rela aja nambah2 berat badan sekitar sekilo dua kilo, hehehe :D



Foto di atas buku menunya, lucu kan? Berikut ini rincian menu2nya:















Lumayan seger n komplit kan? Hm, Kami pesen, Ice Cream Milk Tea (yg Large), Hazelnut Milk Tea (yg Large), French Fries, XXL Crispy Chicken, & Mung Bean + Coconut Milk. Alhasil, pulang2 kekenyangan deh, hehehe :D





Dan,,,berhubung karna suatu dan lain hal, sejak bulan Februari-Maret lalu, suami saya jadi mau diajakin ke Family Karaoke (biasanya mah ogah, tapi dia mah maunya cuma ke Happy Puppy, gak sreg ke Family Karaoke lainnya wkwkwk), jadi sehabis dari Fat Bubble, kami Karaoke-an seru-seruan. Kebetulan pas di Fat Bubble diputerin lagu 'Thinking Out Loud' nya Ed Sheeran, jadi kami search lagu itu di Happy Puppy & Duet, So Sweet & dpt score 90, ditambah beberapa lagu asik lainnya, tapi kali ini cuma sejam, kalo pas bulan Maret itu 3 jam, tapi lumayanlah, bisa bikin 'full tank' di perut sehabis dari Fat Bubble jd ilang pelan2, bakar kalori nih ceritanya, xixixixi :D










Okay, sekian dulu liputan liburannya, next: nyobain Hau's Tea atau mungkin jg ke Cafe Daun, hehehehe ;)

Sunday, May 1, 2016

Jambi...



Established on January 6th 1957

Capital City: Jambi City

Regency/Municipality: 9 Regencies/2 Cities

Population: 3,2 Million (2013)

Time Zone: +07.00 GMT

Climate/Temperature: Tropic/23'-33' Celcius

Currency: Indonesia Rupiah (IDR)

Territorial Width: 53.435 km2

Coastal Length: 182 km

Land Width: 50.150 km2

Ocean Width: 3274 km2

Regencies: Batanghari, West Tanjung Jabung, East Tanjung Jabung, Tebo, Kerinci, Sarolangun, Merangin, Muaro Jambi, Bungo

Municipality: Jambi City & Sungai Penuh City

Ethnic: Malay, Minangese, Javanese, Chinese, Bugis, Banjar, Arabian, Sundanese, etc.


TOURIST ATTRACTION:

1. Kota Seberang Jambi, Jambi City

2. Tanggo Rajo Park, Jambi City

3. Talang Mamak Tribe @ Harapan Rainforest

4. Kuala Tungkal Traditional Market

5. Anak Dalam Tribe @ Bukit Duabelas National Park

6. Batang Asai Village

7. Rantau Panjang Old House

8. Geopark Merangin (Geological Site)

9. Lake Kaco

10. Lempur Village

11. Pondok Tinggi Great Mosque

12. Jangkat Agrotourism Compound

13. Anak Dalam Tribe @ Bukit Tigapuluh National Park

14. Lake Hugo @ Batang Hari Regency


Taken From: Tourism Map Jambi Province