Tuesday, November 26, 2013

Pilih Bahan Korden yang Tidak Menimbulkan Alergi...

Penutup jendela atau korden dibagi dalam dua jenis, yaitu curtain dan blind. Curtain adalah tirai yang terbuat dari bahan kain, termasuk kain korden tipis atau transparan. Sedangkan blind adalah tirai yang terbuat dari bahan-bahan alumunium, PVC, bambu, kayu solid, atau fiber, dan sejenisnya.

Jika anda memilih curtain, pilih yang terbuat dari bahan katun agar dapat menyerap panas dengan baik dan tak menimbulkan alergi pada bayi. Ganti dan cuci curtain seminggu hingga dua minggu sekali. Siapkan air di dalam ember atau baskom kemudian larutkan 2 hingga 4 genggam garam ke dalamnya. Lalu rendam curtain ke dalam larutan air dan garam dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu bilas dengan air bersih, kemudian cuci kembali menggunakan deterjen yang aman untuk bayi.

Jika anda memilih untuk menggunakan blind, maka berhati-hatilah dengan tali yang berfungsi menggeser blind ke atas dan ke bawah atau pun ke kiri dan kanan. Jauhkan tali dari jangkauan bayi. Maksimal seminggu sekali bersihkan blind dengan lap basah atau tissue basah. Paling tidak sebulan sekali anda dapat membersihkan blind dengan cara merendamnya ke dalam bak atau ember besar yang berisi air hangat selama 10 hingga 15 menit. Dan dengan menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam air sabun, mulailah bersihkan satu per satu bilah blind lalu bilas hingga bersih dan keringkan menggunakan kain.

Taken From: Majalah Ayahbunda...

No comments:

Post a Comment