Wednesday, September 6, 2017

Aneh Aja...

Penulisan hashtag utk topik tertentu udah populer sejak twitter msh booming sampe jaman instagram yg booming kayak sekarang ini nih.

Hm, Aneh aja ketika ada yang m'caci/ngatain orang lain kuper, tapi ternyata dia sendiri kurang gaul alias salah dalam hal penulisan hashtag. Dalam menulis hashtag, jika terdiri atas 2 kata atau lebih, penulisannya digabung, eh dia malah nulis hashtag yg terdiri atas 2 kata/lebih, truz antar kata dipisah pake titik. Dia pikir e-mail apa yah? Wkwkwk. Kalo emang dia gaul n gak kuper, harusnya tau dong aturan penulisan hashtag, wkwkwk 😆😆😆😆

Contoh penulisan hashtag yg benar: #kopimaniak #gagalfokus #gagalpaham #suksesmuda

Contoh penulisan hashtag yang salah:
#kopi.maniak #gagal.fokus #gagal.paham #sukses.muda

Hehehe..peace deh ah 😅😅😅😅

Friday, September 1, 2017

Suasana Silaturrahim...

Silaturrahim merupakan gabungan dua kata, yaitu "shilah" dan "ar rahim". "Shilah" artinya hubungan atau menghubungkan, sedangkan "ar rahim" artinya lembut dan kasih sayang. Dalam sebuah hadits dinyatakan: ...sambunglah tali persaudaraan kepada orang yang memutuskanmu...

Jika seseorang yang telah memutuskan hubungan saja kita diminta untuk menyambungnya maka dalam kondisi hubungan yang baik harus lebih diperhatikan. Oleh karena itu, hal ini sesuai dengan pengertian "silah" yang artinya (1) menyambung yang putus; (2) menjaga yang telah sambung; dan (3) memperkokoh dan mengembangkan yang telah baik.

Fungsi silaturrahim antara lain adalah menumbuhkan rasa kecintaan dan rasa saling peduli.

Membangun Sistem Keyakinan... (Believe System)

Sebaik-baik yang tertanam di dalam hati adalah keyakinan (HR. Al-Baihaqi)

Berdo'alah kepada Allah dengan penuh keyakinan akan dikabulkan do'amu, dan ketahuilah Allah tidak akan mengabulkan do'a dari hati yang lalai. (HR. At-Tirmidzi)

Keyakinan (sistem keyakinan) merupakan sesuatu yang terbaik yang tertanam dalam hati seseorang, oleh karena itu harus dibangun sistem keyakinan yang benar dan kokoh.

Membangun Budaya Kerja...

Komponen-komponen yang dijadikan acuan di dalam membangun budaya kerja adalah:

1. Komitmen
2. Kompeten
3. Kerja keras
4. Konsisten
5. Kesederhanaan
6. Kedekatan
7. Pelayanan maksimal

Thursday, August 31, 2017

Syarat Keteladanan...

Terdapat tiga syarat agar seseorang dapat diteladani atau menjadi teladan, yaitu:

1. Kesiapan untuk dinilai dan dievaluasi.
2. Memiliki kompetensi yang memadai.
3. Memiliki integritas

Rahasia Sukses...

Ray (2007:5) mengemukakan bahwa rahasia sukses adalah dengan memanfaatkan prinsip-prinsip universal, yaitu:

1. Kekuatan pemahaman
2. Kekuatan pola pikir
3. Kekuatan visi
4. Kekuatan kemitraan
5. Kekuatan memberi
6. Kekuatan bersyukur
7. Kekuatan akuntabilitas

Wednesday, August 30, 2017

Tersinggung itu Terkait Sensitivitas...

Mudah tersinggung itu erat kaitannya dengan tingkat sensitivitas seseorang. Setahu saya tersinggung itu gak ada kaitannya dengan rasa minder. Semakin hati2 seseorang berkomunikasi dg org lain, akan lebih mudah tersinggung orang tersebut. Biasanya seseorang tersinggung ketika dia merasa udah hati2 bicara, tapi orang lain yg malah gak hati2 bicara tentang dia, dan org yg sensitif sebetulnya ingin diperlakukan hati2 sebagaimana dia sangat hati2 dlm memperlakukan org lain. Jadi tidak ada hubungannya tersinggung dengan rasa minder. #sepertiitu 😅😅😅

Tuesday, August 29, 2017

Penyebab Utama Kegagalan...

Kebanyakan orang gagal meraih cita-citanya bukan karena tidak mampu, karena tidak berkomitmen ~ Zig Ziglar

Tuesday, August 22, 2017

Time...

Learn to enjoy every minute of your life, be happy now. Don't wait for something outside of yourself to make happy in the future. Think how really precious is the time you have to spend.

Monday, July 17, 2017

Cathar Quote Part 4

12 Juli 2017

Kejujuran adalah hal langka, ketika ada yang menyampaikan kejujuran padamu, itu pun hal yang langka. Sekadar menyampaikan kejujuran, patut dihargai. Namun jika ada yang menyampaikan kejujuran dan hal yang disampaikannya benar, tetapi dia sampaikan sebagai bahan olok-olokan atau untuk memperolok-olokmu, padahal sebelumnya kamu tidak pernah mengolok-oloknya, maka sang penyampai tak lagi layak dihargai. Tak perlu dibenci, cukup dijauhi.


Terkadang seseorang yang mungkin kita sayangi tengah menjauhi kita. Sedih memang. Sebagian dari hati ingin mencari alasan untuk tetap menunggunya kembali seperti dulu. Tapi di perjalanan kita mencari alasan, kita malah menemukan banyak sekali alasan untuk tidak menunggunya lagi. Kita malah menemukan demikian banyak alasan untuk berfikir ulang dan berkesimpulan bahwa selama ini kita telah salah karena menyayanginya.


Ketika anda mengharapkan Tuhan membalas perlakuan buruk seseorang, berkacalah, apakah anda sudah memenuhi syarat sebagai hamba yang dapat diberi keadilan? Sedangkan di zaman Rasulullah S'AW saja, orang yang menjalankan hukum qishash, tidak lantas kemudian dibalas Allah dengan kematian.



16 Juli 2017

Anjing menggonggong kafilah berlalu. Simak dan dengarkan gonggongannya. tapi tetaplah berlalu sehingga membuatnya makin keki, jengkel, kesal, dan bahkan jadi gondok.


Jika seseorang merasa dia memiliki kesalahan, lalu menyindir orang lain untuk memaafkan kesalahannya sembari mengingatkan agar tidak tertipu lagi di kemudian hari, secara tidak langsung sebenarnya ia telah mengakui bahwa dirinya penipu.


Orang yang sukses atau yang ingin selalu sukses/berhasil, tak boleh lengah dan salah langkah. Rehat sejenak boleh, tapi tidak boleh meremehkan hal-hal kecil yang dapat menjadi kerikil penunda kesuksesan.

Wednesday, July 5, 2017

Cathar Quote (Part 3)

3 Juli 2017

Kecantikan hati hanya dapat dilihat oleh seorang yang juga baik hati. Jika seseorang tak baik, yang ia lihat hanyalah kecantikan semu. Dan terkadang ia salah menilai dan salah memilih.


Jika seseorang dari masa lalu berkata: "Kamu pasti menyesal, karena kamu takkan pernah menemukan orang sepertiku lagi." Maka jawablah dengan: "Justru Itulah poin intinya, aku memang tak ingin mencari orang sepertimu lagi. Bahkan aku berencana untuk selalu menjauhi setiap orang yang karakternya mirip kamu."



4 Juli 2017

Menuduh orang lain, gunakan bukti. Tuduhan berdasar bukanlah fitnah. Dituduh orang lain, gunakan bukti kebalikannya untuk melawan.



Ketidak pedulian pada hal-hal tidak penting sangat penting untuk menjaga anda agar tetap fokus pada hal-hal penting.




5 Juli 2017


Tiadanya Penyesalan itu ada 2 kategori: Yang pertama adalah tiadanya penyesalan karena telah memilih yang terbaik. Yang kedua adalah adalah tiadanya penyesalan untuk mengucap selamat tinggal pada yang tak baik.




Jauhi orang yang sering mengecilkan masalah. Misal dengan berkata: "gitu aja ribut." Atau: "masalah kecil jadi besar, gimana masalah besar?". Nah, jauhilah orang seperti itu, karena itu adalah karakter orang yang suka meremehkan masalah, suka menggampangkan masalah. Jika tidak dijauhi, bisa-bisa hidupmu penuh dengan masalah-masalah kecil yang tak kunjung selesai, akhirnya jadi masalah besar juga kan?

Sunday, July 2, 2017

Cathar Quote (Part 2)

Saat anda merasa masalah anda terlalu banyak, uraikan masalah anda berdasarkan tingkat kesulitannya dalam suatu daftar, lalu selesaikan yang mudah terlebih dahulu. Lambat laun masalah anda akan selesai seluruhnya. Optimis dan berdo'alah. Tuhan akan membantu anda.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------No problemo jika ada orang yang menilaiku terlalu serius, sejatinya mereka hanya tak dapat menyentuh selera humorku. No problemo jika ada yang menilaiku alay, toh aku hanya hobi berpuisi. No problemo jika ada yang menilaiku lebay, aku hanya mencoba mengungkapkan apa yang kurasa. No problemo jika selalu ada yang membalas ocehanku yang kuposting di blog-ku ini, aku senang karena blog-ku punya follower setia.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Kedewasaan dan kematangan pikiran itu butuh proses. Dalam perjalanannya, butuh sedikit perilaku kekanakan agar jiwa anda tidak ikut menua bersama pikiran anda yang mendewasa.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Suatu waktu dalam hidup anda, mungkin ada yang salah paham terhadap anda dengan menganggap anda iri pada kehidupan mereka. Tenanglah, persepsikanlah bahwa mereka berada pada posisi tidak kenal watak anda, jalani hidup dan niatkanlah bahwa semua yang anda lakukan bukan karena susah melihat orang senang, tetapi terkadang anda hanya sedang berusaha menyadarkan mereka pada kesalahan yang mana jika mereka masih tidak menyadari, itu bukan lagi urusan anda.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Ada kalanya Orang lain bilang anda ngebacot tanpa sadar bahwa dia pun ngebacot.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Dua orang yang memiliki banyak kesamaan, cenderung memiliki ego yang sama saat meributkan suatu hal. Mereka sebenarnya juga memiliki dua pilihan. Pilihan pertama: Akan tetap menjadi musuh selamanya jika terus menerus saling menyakiti dan saling membalas. Pilihan kedua: Akan dapat hidup bersama dengan kompak jika mereka saling melupakan kesalahan satu sama lain. Jika mereka tak memilih kedua pilihan tersebut sama artinya dengan 'Let it Flow'.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Terkadang bukan karena benci kita membalas perlakuan tak baik dari seseorang, melainkan karena kita sudah tidak tahan selalu direndahkan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Orang yang menilai hanya dari fisik semata, tak layak dijadikan teman sejati, apalagi sahabat sejati, apalagi cinta sejati.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Ketika mereka tidak peduli saat membuat anda sakit hati, maka anda juga tidak perlu repot-repot peduli dengan ketenangan hidup mereka.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saturday, July 1, 2017

Cathar Quote (part 1)

*cathar = Catatan Harian

Quotes berikut ini adalah kata-kata yang terlintas dalam fikiran saya di hari-hari tertentu yang kemudian saya catat di diary lalu dipublikasikan via blog pribadi. Tanpa bermaksud ingin menjadi motivator, hanya sekedar menuangkan pikiran dan berbagi.


23 Juni 2017

Setiap tindakanku selalu kuupayakan untuk tidak berlebihan. Tidak berlebihan dalam berbuat baik, tidak berlebihan dalam membalas ketidak adilan, tidak berlebihan dalam membenci, tidak berlebihan dalam bekerja, tidak berlebihan dalam bermalasan, tidak berlebihan dalam kepedulian, tidak berlebihan dalam gaya hidup, tidak berlebihan dalam mentolerir kesalahan, dan lain sebagainya. Karena aku tahu, Allah swt tidak suka segala sesuatu yang berlebihan ~ Bunga Mardhotillah


24 Juni 2017

Jika anda adalah seorang lelaki yang ingin mengenali seorang wanita dengan lebih baik dan lebih dekat, maka jadilah suaminya. Karena jika anda adalah selain itu, maka anda hanya akan menilai bagian-bagian kecil dari diri dan kepribadiannya ~ Bunga Mardhotillah


26 Juni 2017

Satu hal yang patut disyukuri ketika anda ditakdirkan untuk tidak memiliki anak adalah: Anda dapat menikmati masa muda dengan lebih ringan dibanding mereka yang memiliki anak. Dan satu hal yang perlu anda persiapkan ketika anda benar-benar (pada akhirnya) tidak memiliki anak adalah: Di masa tua mungkin anda akan sedikit lebih kesepian dibanding mereka yang memiliki anak ~ Bunga Mardhotillah


28 Juni 2017

Cinta dengan motif balas budi itu ada, maka baikkanlah budi pekerti anda. karena bisa saja di saat-saat tertentu dalam hidup anda, anda dicintai dengan motif balas budi ~ Bunga Mardhotillah



29 Juni 2017

Hari ini telah kuupayakan untuk menghabiskan semua rasa yang pernah ada. Ketidak adilan terkadang memang harus dibalas. Jika pada saat anda membalas suatu ketidak adilan anda dibalas balik, balaslah kembali dengan tujuan menyadarkan si penzhalim. Sehingga tiada lagi peluang untuk mengulang apa pun di kemudian hari. Dan jangan pernah lagi beri celah untuk seorang penzhalim berkedok apa pun mengacak-acak hidup anda kembali ~ Bunga Mardhotillah



1 Juli 2017

Kekalahan yang aku sukai adalah kekalahan ekstrim bernilai (-) alias negatif. Karena jika kekalahanku beda tipis dengan sang pemenang + runner up meskipun bernilai positif, aku akan terus menyesali diriku atas kekurangan dan kesalahanku. Namun jika kekalahanku bernilai negatif, setidaknya aku menjadi pemenang pada sisi yang berlawanan. Terkadang kenyataan dalam hidup sangat mudah dibolak-balikkan Tuhan. Ketika keadaan berbalik, maka akulah pemenangnya. Sehingga dua hal yang menyenangkan adalah kemenangan mutlak atau kekalahan ekstrim ~ Bunga Mardhotillah ^_^

Friday, June 23, 2017

Cinta yang Agung...

Cinta yang agung adalah ketika kamu menitikkan air`mata. Dan masih peduli terhadapnya. Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia.

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih tersenyum sembari berkata, "Aku turut bahagia untukmu".

Apabila cinta tidak berhasil, bebaskan dirimu, biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas lagi...

Ingatlah...bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya...
Tapi ketika cinta itu mati, kamu tidak perlu mati bersamanya.

Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang.
Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh...


~ Kahlil Gibran

Hakikat Jiwa...

Hakikat yang benar dari jiwa seorang wanita adalah campuran cinta dan duka, kasih sayang dan pengorbanan ~ Hala Dahir

Waktu...

Betapa anehnya waktu, dan betapa ganjilnya kita!

Waktu telah benar-benar berubah, dan lihatlah, ia mengubah kita juga.

Ia berjalan satu langkah ke muka, menyingkapkan wajahnya, memperingatkan kita dan kemudian membesarkan hati kita.

Kemarin kita mengeluhkan waktu dan gemetaran pada terornya.

Namun hari ini kita telah belajar mencintainya dan memuja-mujanya, karena kita sekarang memahami maksudnya, watak alaminya, rahasianya, juga misterinya.

~ Kahlil Gibran

Cinta...

Cinta tak mengenali kedalamannya sendiri, sampai tiba saatnya perpisahan...

Cinta adalah sepatah kata dari cahaya, dituliskan oleh tangan cahaya, pada lembar cahaya...

Cinta, sebagaimana kematian, mengubah segalanya...

Ketika cinta menjadi meluas, maka cinta tak terungkapkan kata-kata...


~ Kahlil Gibran

Maka Maafkanlah...

Laki-laki yang tidak memaafkan para perempuan atas kesalahan kecil mereka, tak akan pernah menikmati kebaikan luar biasa mereka ~ Sand and Foam ~ Kahlil Gibran

Kenyataan yang Tak Dinyatakan...

Kenyataan orang lain terletak bukan pada yang dia ungkapkan padamu, melainkan pada apa yang tak ia nyatakan padamu. Oleh karenanya, apabila kau hendak memahaminya, dengarkan bukan pada yang dia katakan, namun lebih banyak pada yang tak ia ucapkan ~ Sand and Foam ~ Kahlil Gibran

Kita Berjalan Bersama...

sahabatku, kau bukanlah sahabatku, tetapi bagaimana aku bisa membuatmu mengerti? Jalanku bukanlah jalanmu, tetapi kita berjalan bersama-sama, bergandengan tangan ~ The Madman ~ Kahlil Gibran

Jiwa adalah Sahabat...

Jiwaku adalah sahabatku yang menenangkan diriku setiap kali hari demi hari terasa berat kujalani. Yang menghiburku kapan saja kemalangan hidup terasa berlipat kali.

Siapa pun yang tak bisa bersahabat dengan jiwanya sendiri bagaikan musuh bagi orang lain. Dan dia yang seolah-olah tak berada di dalam dirinya, maka satu sahabat akan mati merana. Karena kehidupan bersemi dari dalam diri manusia, bukan dari luar.

Aku datang untuk mengucapkan sepatah kata dan aku akan menyampaikannya. Begitu maut menjemputku, segera kuserahkan suaraku, sehingga keesokan harinya akan terucap. Karena esok hari tak meninggalkan satu pun rahasia tersembunyi dalam Kitab Tiada Batas.

Aku datang untuk hidup di dalam kemuliaan cinta dan cahaya keindahan.

Lihatlah aku saat itu dalam kehidupan.
Tak ada manusia yang bisa memisahkan aku dari hidupku.
Apabila mereka cungkil kedua mataku, akan kudengarkan kidung cinta dan melodi keindahan dan kebahagiaan.

Apabila mereka tutup pendengaranku, akan kutemukan kesenangan dalam belaian lembut angin sepoi-sepoi paduan wangi kecantikan dan harum para pecinta.

Dan apabila aku pun tak bisa merasakan udara itu, maka kulanjutkan hidup bersama jiwaku.
Karena jiwa adalah anak perempuan cinta dan keindahan.

Aku datang untuk semua dan dalam semua.
Yang sendirian kulakukan hari ini, akan dinyatakan di hadapan banyak orang pada masa depan.

Dan yang sekarang kuucapkan dengan satu hati, esok akan dikatakan oleh banyak hati.


Taken From: A Tear and a Smile ~ Kahlil Gibran

Perempuan vs Lelaki...

Apabila engkau berharap memahami seorang perempuan, perhatikan mulutnya saat dia tersenyum. Namun untuk mempelajari lelaki, amati bagian putih matanya ketika dia marah. ~ Spiritual Sayings by Kahlil Gibran

Saturday, June 17, 2017

Puasa...

Allah telah menetapkan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan yang disitimewakan oleh Allah dengan banyak kebaikan sebagai penghormatan atas turunnya Al-Quran pada bulan tersebut. Bahkan Allah telah menjadikan malam turunnya Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasa bukan hanya sekadar mencegah diri dari pemuasan syahwat perut dan kemaluan beberapa saat dalam sehari, tetapi puasa adalah kehidupan yang total bersama Allah dengan hati dan semua anggota badan. Menyadari pengawasan Allah dan perjuangan melawan nafsu serta komitmen untuk berpegang teguh dengan adab dan akhlak Islam, dan penjagaan diri secara total dari semua ucapan dan tindakan yang dilarang oleh Islam. Begitulah kita melihat bahwa bulan puasa sebagai karantina bagi seorang muslim yang memasukinya selama sebulan penuh untuk diterapi dan disembuhkan dari berbagai penyakit dan kelemahan sehingga bisa keluar dari karantina itu pada hari Raya Idul Fitri dalam keadaan sehat dan bebas dari segala penyakit sehingga bisa bergembira dengan puasa dan kesembuhannya.

Puasa menundukkan semua anggota badan untuk meraih ridha Allah, sehingga mata, telinga, lisan, tangan, kaki, mulut, dan kemaluan ikut berpuasa dengan menjauhkan diri dari semua yang diharamkan oleh Allah. Puasa akan memberi sifat hilm (mudah memaafkan) terhadap sikap orang-orang yang jahil, mampu menahan amarah dan menolak perbuatan jahil orang lain dengan ucapan, "Aku sedang berpuasa". Alangkah butuhnya seseorang pejuang kepada sikap berlapang dada, kelemah lembutan dan ketiadaan amarah untuk diri sendiri.

Puasa menumbuhkan sifat belas kasih dalam hati orang yang melakukannya. Orang yang berpuasa akan merasakan kasih sayang kepada orang faqir dan membutuhkan, sehingga di tengah kaum muslimin akan muncul sikap saling mengasihi dan memberikan pertolongan.

Puasa juga membiasakan seorang agar selalu teliti dalam semua waktunya, di mana ketika berpuasa ia harus memperhatikan waktu imsak (menahan diri dari makan) dan waktu berbuka agar puasanya tidak batal. Sebagaimana puasa juga memiliki manfaat medis yang signifikan.

Sumber: Buku Fiqh Dakwah

Friday, June 16, 2017

Ambisi VS Motivasi

Di salah satu update-an status fb teman, ybs menulis kurang lebih seperti ini: "Terkadang kemurahan hati merupakan bentuk ambisi terselubung". Saya jadi teringat beberapa bulan lalu, eh, mungkin hampir setahun yang lalu, saya pernah ngobrol dengan seorang teman tentang efek bersedekah. Saya mengutip kata-kata ust.Yusuf Mansur bahwa sedekah dapat melipat gandakan harta, bahwa sedekah itu ajaib. Saya kembali ceritakan bahwa saya mulai menerapkan prinsip sedekah ini sejak masa-masa kuliah S1, sedekah pada siapa pun, orang susah atau orang berduit, saya gak pilih-pilih kalo insting memberi itu lagi kuat, saya sedekahkan sebagian rejeki saya tanpa banyak pertimbangan. Dan alhamdulillah hingga saat ini, saya belum pernah merasakan kekurangan rezeki secara signifikan. Mengalami masa-masa sulit pasti pernah, tapi paling hanya sehari-dua hari, selanjutnya rezeki kembali mengalir lancar. Meskipun pas-pasan, tapi entah karena efek sedekah atau apa, saya selalu merasa pas butuh pas ada.

Nah, kembali ke status fb teman tadi, dia menyebut 'kemurahan hati', identik dengan sedekah. Entah ada kaitannya dengan ceramah UYM atau tidak, Mungkin maksudnya si teman ini 'sedikit menyindir' orang yang murah hati/dermawan/suka bersedekah, bahwa orang-orang yang murah hati cenderung memiliki ambisi terselubung yakni ingin dilipat gandakan hartanya. Hm, saya sih gak nyalahin statusnya itu, cuma pengen ngelurusin aja, harusnya kata-katanya 'kemurahan hati memiliki motivasi tersendiri' itu baru benar. 'Ambisi terselubung' koq rada berlebihan ya menurut saya.

Dalam bersedekah, sebenarnya kita sedang bertransaksi dengan Allah, terkoneksi dengan Allah. Mungkin ada orang yang sedang membutuhkan, lalu dia meminta kepada Allah, kebetulan kita yang dipilih Allah untuk titipan rejekinya. Jadi kalo kita tahan rejeki itu, bayangkan betapa kecewanya Allah dengan sikap kita. Di masa depan Allah akan mencari orang lain untuk dititipi rejeki dan bukan kita. Beda kalo kita murah hati, Allah akan semakin percaya untuk menitipkan banyak rejeki lewat tangan kita. Allah yakin, ketika kita yang diberi kelancaran rejeki, akan membantu distribusi rejeki pada orang-orang di sekitar kita. Jadi semakin berlipat-lipatlah rejeki kita.

Jadi sah sah saja kita bersedekah dengan motivasi agar Allah melipat gandakan rejeki. Itu bukan ambisi kalo menurut saya. Sangat boleh kita mengharapkan rejeki kepada Allah. Daripada kita berambisi melipat gandakan rejeki lewat meja judi online misalnya, atau mengharap pelipat gandaan rejeki lewat riba, mana yang lebih baik? Sebagaimana janji Allah, bahwa Allah mengharamkan riba dan menyuburkan shodaqoh. riba semakin ditanam semakin merugikan praktisinya, rejeki itu akan keluar misalkan melalui sakit yang penyembuhannya butuh biaya mahal, ketidak tenangan hati karena makan uang hasil riba, dan lain sebagainya. Sedangkan shodaqoh, Allah janjikan akan tumbuh subur, semakin di tanam, akan semakin rimbun. Dan sedekah juga dapat menghapus dosa dan memanjangkan umur, itu diketahui dengan membaca riwayat para sahabat rasulullah di masa lalu yang gemar bersedekah, sedekahnya gak tanggung-tanggung pula, kadang sedekah kebun kurma, kadang sedekah onta, dan lain sebagainya. Subhanallah.


Wallahu a'lam bish showwab....

Hidup Ini Unik...

Hidup ini begitu unik. Apa yang awalnya aku anggap kesedihan, ternyata ujungnya adalah kebaikan. Ketika telah tiba pada suatu kondisi, seringkali aku baru menyadari makna-makna terselubung dari kondisi-kondisi sebelumnya karena aku tidak banyak mengerti tentang hidup ini. Aku tidak mau memberikan cap tertentu kepada hidup ini karena aku tidak banyak mengerti. Sama seperti ketika aku tidak mengerti seseorang, aku tidak boleh men-cap orang itu baik atau buruk, karena itu bukan hakku. Bahkan ketika aku sudah tahu persis orang itu seperti apa, hidup ini seperti apa, aku pun tidak boleh memberikan cap karena aku hanyalah insan yang di dunia ini hanya sebagai pengunjung.

Terkadang kebahagiaan malah muncul ketika aku rela menjalani apa yang ada. Memang benar bila terlalu ingin dibahagiakan oleh orang lain, ini justru membuat tidak bahagia pada akhirnya. Terkadang Allah swt ingin menguji kesabaran kita, sanggupkah kita terus menjalani hidup ketika kita tidak mengerti mengapa itu terjadi dan kita tidak menyalahkan siapa-siapa. Sanggupkah kita seperti itu? Keindahan inilah, kemuliaan inilah, yang Allah swt inginkan dari kita untuk kita persembahkan kepada-Nya. Orang ikhlas itu sangat disegani, orang ikhlas itu mulia, orang ikhlas itu harum, dan orang ikhlas itu indah...

Perspektif Kehampaan...

Selama ini kita menganggap kehampaan hati yang kita alami pada saat tertentu sebagai hal yang tidak wajar atau tidak normal. Batin kita berteriak, "Mengapa ini harus terjadi?" ini justru tambah menyakiti, karena kita sudah punya standar bahwa apa pun yang kosong harus diisi. Apa pun yang hampa harusnya terisi segera agar bahagia itu datang. Bagimana kalau kita balik perspektifnya? Andaikata yang kosong itu tetap tak terisi, yang hampa itu tidak diisi, tetap hampa dan kosong seperti itu, namun mengajari kita arti ketegaran hidup? Kalau kehampaan itu mengajari kita makna ketegaran hidup, sebenarnya ini adalah kebermaknaan. Ini hidup yang bermakna bila sanggup memaknai sedemikian rupa.

Saya berharap anda yang sedang membaca ini, bila anda sedang merasa kehilangan, hampa dan kosong serta ketiadaan harapan, tetaplah percaya bahwa bahkan dalam kekosongan sekalipun, Allah swt mendatangkan makna yang berharga bagi hidup, yaitu ketegaran. Tegar itu sebenarnya lebih mulia, lebih mahal dari sekadar bahagia. Orang yang tegar itu lebih mahal, lebih mulia daripada orang yang bahagia.

Orang yang bahagia belum tentu tegar, siapa tahu kebahagiaannya bersyarat. Berbeda dengan orang yang tegar, kondisi yang tidak bahagia pun dia sanggup tegar, bisa berdiri tegap, berdiri teguh dan kokoh.

Ada kondisi ketika memang jelas-jelas hidup ini tidak indah, baik secara indrawi maupun secara persepsi. Namun, kalau dalam ketidak indahan itu kita sanggup menemukan kesempatan emas, Allah swt ternyata mendidik kita untuk sederhana dalam pengharapan, bisa kokoh dalam berdiri. Ketika itu sudah terjadi, nikmatnya luar biasa. Kenikmatan itu luar biasa karena kita sanggup merasakan tuntunan Allah pada kondisi yang buruk. Orang yang tidak mengalami, tidak akan merasakan seperti ini.

Tidak selalu jiwa itu bekerja seperti matematika, 2+3 harus 5, 1x0 harus 0. Jiwa itu sangat kualitatif, tidak dapat diperlakukan dan dianggap kuantitatif. Parahnya, banyak orang yang menempatkan kebahagiaannya sebagai sesuatu yang kuantitatif, "Kalau aku punya uang 10 juta aku bahagia", "Kalau aku dapat proyek, aku bahagia". Itu kan kuantitatif, artinya, kita menentukan kebahagiaan berupa angka, bahagia juga sih akhirnya, tapi kita jadi terbiasa ke arah situ.

Mengapa dihubungkan dengan matematika? Sebenarnya saya ingin mengaitkan bahwa otak kita ini terbiasa memenuhi sebuah aturan, aturan yang umum dan mendunia. Dengan begitu barulah kita merasa nyaman dan bahagia. Kalau kita melihat jiwa kita kosong dan hampa, tanpa disadari kita menetapkan target-target (umum dan standar ketetapan manusia) yang diinginkan. Kita ingin yang hampa menjadi hilang dan digantikan dengan kebahagiaan. Dengan keinginan seperti ini, diri kita malah bertambah galau. Karena itu, sebagai solusi, lihatlah kehampaan dari perspektif berbeda, terimalah rasa hampa sebagai hal yang wajar dan lumrah, juga sebagai masa-masa emas untuk belajar ketegaran dari Allah swt. Yakinlah bahwa rasanya akan sangat luar biasa dan galau jadi hilang selamanya.... ^_^


Sumber inspiratif: Sebuah Buku Keren

Thursday, June 15, 2017

Iman dan Pergaulan....

"Injak kepalaku ini, hai Bilal! Demi Allah, kumohon injaklah!" Abu Dzar Al-Ghifari meletakkan kepalanya di tanah berdebu. Dilumurkannya pasir ke wajahnya dan dia menunggu penuh harap terompah Bilal Ibn Rabah segera mendarat di pelipisnya.

"Kumohon Bilal Saudaraku," rintihnya, "injaklah wajahku. Demi Allah aku berharap dengannya Allah akan mengampuniku dan menghapus sifat jahiliyah dari jiwaku." Abu Dzar ingin sekali menangis. Isi hatinya bergumul campur aduk. Dia menyesal. Dia sedih. Dia takut. Dia marah pada dirinya sendirinya sendiri.

Sayangnya Bilal terus menggeleng dengan mata berkaca-kaca. Peristiwa itu memang berawal dari kekesalan Abu Dzar pada Bilal hingga lisannya melontarkan kata-kata kasar, "Hai anak budak hitam!"

Rasulullah yang mendengar hardikan Abu Dzar pada Bilal itu memerah wajahnya. Dengan bergegas bagai petir menyambar, beliau menghampiri dan menegurnya. "Engkau!" sabda beliau dengan telunjuk mengarah ke wajah Abu Dzar, "sungguh dalam dirimu masih terdapat jahiliyah!"

Maka Abu Dzar yang dikejutkan hakikat dan disergap rasa bersalah itu serta-merta bersujud dan memohon Bilal menginjak kepalanya. Berulang-ulang dia memohon, tapi Bilal tegak mematung. Dia marah, sekaligus haru. "Aku memaafkan Abu Dzar Ya Rasulullah," Kata Bilal. "Dan biarlah urusan ini tersimpan di sisi Allah, menjadi kebaikan bagiku kelak."

Hati Abu Dzar perih mendengar itu. Alangkah lebih ringan andai semua bisa ditebusnya di dunia. Alangkah tak nyaman menelusuri sisa umur dengan rasa bersalah yang tak terlupakan. Demikianlah Abu Dzar, sahabat Rasulullah yang mulia. Adapun kita, dengan segala kelemahan dan kealpaan dalam menjaga hubungan dengan sesama, mungkin tak hanya satu jari yang harus ditelunjukkan ke wajah kita???

Kemampuan berhubungan baik dengan sesama manusia rupanya bukan akibat serta-merta dari iman yang kokoh menjulang. Baik iman maupun kemampuan adalah dua hal yang memang seharusnya bersesuaian. Agama ini menuntut kita beriman, tapi juga berakhlak mulia. Dan puncaknya, kemanfaatan serta mendahulukan hajat sesama meski diri sendiri lebih memerlukan, menjadikan kita mulia. Dia yang berjuang agar menjadi peyakin sejati yang sempurna imannya, seharusnya juga berjuang untuk menjadi pribadi yang baik akhlaknya." Begitulah, Iman maupun daya kita untuk menjalin hubungan baik adalah hal yang sama-sama harus diikhtiarkan sengan segenap kemampuan.


Sumber: Tulisan Salim A. Fillah dalam Rubrik Tazkiyatun Nafs Majalah Ummi No.04/XXIX Tahun 2017

Friday, May 26, 2017

Statistik Sektoral Daerah di Kabupaten Batang Hari (Part 2)




Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menetapkan klasifikasi urusan pemerintahan. Klasifikasi urusan pemerintahan terdiri dari 3 (tiga) urusan yakni Urusan Pemerintahan Absolut, Urusan Pemerintahan Konkuren, dan Urusan Pemerintahan Umum. Urusan Pemerintahan Absolut adalah urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Urusan Pemerintahan Konkuren adalah urusan pemerintahan yang dibagi antara Pemerintah Pusat dan Daerah Provinsi serta Daerah Kabupaten/Kota. Sedangkan Urusan Pemerintahan Umum adalah Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Presiden sebagai Kepala Pemerintahan. Pembagian urusan pemerintahan konkuren antara Pemerintah Pusat dan Daerah Provinsi serta Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana disebutkan sebelumnya, didasarkan pada prinsip akuntabilitas, efisiensi, dan eksternalitas, serta kepentingan strategis nasional.

Dengan adanya klasifikasi urusan pemerintahan tersebut, diuraikan Sektor-sektor Pembangunan terdiri atas 6 (enam) Urusan Pemerintahan Daerah Absolut, 6 (enam) Urusan Wajib Pelayanan Dasar, 17 (tujuh belas) Urusan Wajib Non Pelayanan Dasar, dan 8 (delapan) Urusan Pilihan.
Sektor-sektor Pembangunan Daerah berdasarkan pembagian urusan pemerintahan dapat dirinci sebagai berikut:

Urusan Pemerintahan Daerah Absolut:
1) Pertahanan
2) Keamanan
3) Agama
4) Yustisi
5) Politik Luar Negeri
6) Moneter dan Fiskal

Urusan Wajib Pelayanan Dasar:
1) Pendidikan
2) Kesehatan
3) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
4) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
5) Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat
6) Sosial

Urusan Wajib Non Pelayanan Dasar:
1) Tenaga Kerja
2) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
3) Pangan
4) Pertanahan
5) Lingkungan Hidup
6) Administrasi, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil
7) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
8) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
9) Perhubungan
10) Komunikasi dan Informatika
11) Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah.
12) Penanaman Modal
13) Kepemudaan dan Olahraga
14) Statistik
15) Persandian
16) Kebudayaan
17) Perpustakaan

Urusan Pilihan:
1) Kelautan dan Perikanan
2) Pariwisata
3) Pertanian
4) Kehutanan
5) Energi dan Sumber Daya Mineral
6) Perdagangan
7) Perindustrian
8) Transmigrasi


Statistik merupakan salah satu Urusan Wajib Non Pelayanan Dasar. Di Kabupaten Batang Hari, berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 47 Tahun 2016, Urusan Statistik bergabung dengan Urusan Persandian, Komunikasi dan Informatika berada pada bidang kerja yang berbeda pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Hari, yang merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru dan aktif melaksanakan berbagai kegiatan dan urusan pemerintahannya di tahun 2017 ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya hingga tahun 2016, urusan statistik sektoral daerah menjadi tanggung jawab Bappeda Kabupaten Batang Hari yang bekerjasama dengan BPS Kabupaten Batang Hari. Selama kurun waktu tersebut, media publikasi yang dihasilkan setiap tahunnya antara lain berupa Buku Batang Hari dalam Angka (BHDA), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Indikator Kesejahteraan Rakyat, dan Indikator Ekonomi.

Terkait dengan hal tersebut di atas, kondisi saat ini di Kabupaten Batang Hari antara lain: terdapat beberapa OPD yang telah lengkap pengumpulan datanya, namun masih belum tersusun dalam suatu laporan. Di sisi lain, ada OPD yang telah lengkap pengumpulan dan penyusunan datanya, namun belum terpublikasi dengan baik, dalam artian aksesibilitasnya terbatas internal OPD yang bersangkutan saja. Padahal data yang ada terkadang merupakan data yang bersifat positif dan cerminan capaian pembangunan daerah yang seharusnya diketahui masyarakat.

Dengan mengevaluasi publikasi statistik yang telah ada di Kabupaten Batang Hari, maka Sektor-Sektor Pembangunan Daerah yang belum optimal pengumpulan, penyusunan, dan atau publikasi data Statistiknya antara lain:
1. Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
2. Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
3. Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat
4. Sosial
5. Tenaga Kerja
6. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
7. Pertanahan
8. Lingkungan Hidup
9. Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
10. Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
11. Penanaman Modal
12. Kepemudaan dan Olaharga
13. Persandian
14. Kebudayaan
15. Perindustrian
16. Transmigrasi

Sementara itu, beberapa sektor yang telah diakomodir pengumpulan datanya melalui kegiatan penyusunan data dan informasi sektoral daerah pada Dinas Komunikasi dan Informatika tahun 2017 ini antara lain Sektor Pertanian yang berada di bawah naungan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Sektor Perkebunan dan Peternakan, serta sektor perikanan yang menjadi tugas pokok Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan.

Hingga bulan Mei 2017, Dinas Komunikasi dan Informatika telah berupaya mengumpulkan Data dan Informasi Statistik Sektoral Daerah, baik melalui surat permintaan data yang berisi lampiran form isian data, mengumpulkan data sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan, serta mendistribusikan kuesioner dengan berbagai tema.

Salah satu fokus utama dalam pengumpulan data pada 4 (empat sektor) di atas, antara lain Data potensi, produk dan komoditas dominan pada tiap desa per kecamatan. Beberapa data terkait potensi, produk dan komoditas dominan untuk sektor tersebut telah disampaikan oleh Tim Pengumpul Data kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Hari.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Hari menyadari bahwa komitmen untuk memperbaiki kualitas publikasi data sangat penting dan membutuhkan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak. Tahun 2017 ini menjadi tahun yang penuh tantangan bagi Dinas Kominfo sebagai salah satu OPD baru dan mengemban berbagai tugas dalam penyediaan informasi publik. Kami berupaya untuk menghasilkan data sektoral daerah yang berkualitas serta dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat.

Untuk itu ke depannya, Dinas Kominfo Kabupaten Batang Hari berencana untuk menyajikan publikasi statistik sektoral daerah selain dalam bentuk Buku, juga dalam bentuk majalah, pamflet, leaflet, brosur, serta mengintegrasikannya ke dalam website pemerintah Kabupaten Batang Hari.

Statistik sektoral daerah, pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan (sesuai tugas pokok dan fungsi setiap OPD). Statistik sektoral daerah memerlukan kolaborasi data antar instansi pemerintah untuk kemudian dilakukan penyusunan data dalam rangka menunjang kebijakan pembangunan. Untuk itu kami sangat mengharapkan kerjasama yang baik seluruh OPD /kooperatif terkait data statistik sektoral daerah dan bersedia dimintai datanya untuk dipublikasikan oleh Dinas KOMINFO Kabupaten Batang Hari.

Pada kesempatan ini, kami juga menghimbau seluruh OPD yang ada di Kabupaten Batang Hari untuk berupaya berkoordinasi dengan Dinas KOMINFO dalam meng-update halaman web instansinya, dan semoga di masa yang akan datang web OPD dapat memuat data-data statistik sektoral daerah, terutama data yang mencerminkan prestasi dan capaian pembangunan daerah agar Open Data dengan aksesibilitas tinggi dapat tersedia.





Statistik Sektoral Daerah di Kab. Batang Hari (Part 1)



Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, di dalam Lampiran Undang-Undang tersebut dirinci bahwa pada Bidang Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal ini Dinas KOMINFO Kabupaten Batang Hari, memiliki tugas pokok terkait pengelolaan informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kabupaten Batang Hari. Salah satunya adalah urusan statistik.

Urusan statistik merupakan urusan wajib non pelayanan dasar. Urusan statistik kemudian dibagi menjadi Statistik Dasar, Statistik Sektoral, dan Statistik Khusus. Statistik dasar pemanfaatannya ditujukan untuk keperluan yang bersifat luas, baik pemerintah maupun masyarakat, yang memiliki ciri-ciri lintas sektoral contoh output statistik dasar adalah Buku Batang Hari dalam Angka dan Buku PDRB. Statistik khusus pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan intern dari suatu instansi/perusahaan swasta dalam rangka penyelenggaraan riset atau penelitian. Statistik Dasar dan Statistik Khusus menjadi kewenangan BPS. Statistik sektoral daerah pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan (sesuai tugas pokok dan fungsi setiap OPD). Statistik sektoral daerah memerlukan kolaborasi data antar instansi pemerintah untuk kemudian dilakukan penyusunan data dalam rangka menunjang kebijakan pembangunan. Statistik Sektoral Daerah merupakan kewenangan Provinsi/Kabupaten/Kota. Dan sebagaimana kita ketahui, kewenangan statistik sektoral daerah berada di bawah koordinasi Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Batang Hari.

Pelaksanaan urusan konkuren terkait statistik sektoral daerah ini meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral lingkup Kabupaten. Dinas KOMINFO selanjutnya diharapkan dapat mengoptimalkan urusan statistik di Kabupaten Batang Hari ini, untuk selanjutnya menjadi Tanggung jawab Dinas KOMINFO pula dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi statistik sektoral daerah ini melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), terutama dalam mengintegrasikan data yang telah terkumpul ke dalam website pemerintah Kabupaten Batang Hari.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Hari selanjutnya dapat meningkatkan kinerja statistik sektoral daerah melalui berbagai kegiatan berupa pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral lingkup Kabupaten, penyelenggaraan survey, penyelenggaraan kompilasi produk administrasi, penyediaan peralatan infrastruktur statistik sektoral daerah, dan pengembangan sumber daya manusia bidang statistik, dan lain sebagainya.

Kemudian merujuk kepada Permendagri Nomor 32 Tahun 2017 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018, maka pelaksanaan urusan statistik di daerah pada tahun 2018 nanti diharapkan dapat menyelenggarakan survei untuk penyediaan data statistik sektoral, menyelenggarakan kompilasi produk administrasi statistik sektoral daerah dengan memanfaatkan berbagai dokumen produk administrasi dari instansi pemerintah atau masyarakat, melakukan pengolahan hasil statistik sektoral, melakukan analisis data statistik sektoral, melakukan penyajian data statistik sektoral, koordinasi dengan BPS dalam pembakuan konsep, definisi, klasifikasi, serta ukuran-ukuran. Dan poin penting lainnya adalah melaksanakan pembinaan terhadap penyelenggaraan statsitik sektoral, pengguna statistik, responden, dan apresiasi masyarakat terhadap survei statistik sektoral.

Untuk mewujudkan transparansi data khususnya statistik sektoral daerah, Diharapkan kerjasama yang baik seluruh OPD /kooperatif terkait data statistik sektoral daerah dan bersedia dimintai datanya untuk dipublikasikan oleh Dinas KOMINFO. Dengan demikian terwujud kolaborasi dan kemitraan yang mumpuni dalam pengumpulan dan penyajian data statistik sektoral daerah yang dapat diakses oleh masyarakat terutama dalam meningkatkan citra positif Pemerintah Kabupaten Batang Hari.


Wednesday, May 3, 2017

Indikator Suksesnya Kepemimpinan Rasulullah S'AW

Banyak orang mengira Rasulullah S'AW hanya memimpin sebuah negara bernama Madinah. Padahal, jauh lebih besar dari itu.

Sesungguhnya Rasulullah S'AW adalah seorang pemimpin agama dan negara dengan wilayah yang terbentang sepanjang jazirah Arab dan Syam atau Timur Tengah. Yaman, yang kita kenal sebagai sebuah negara, di zaman Rasulullah hanyalah sebuah provinsi. Hal itu terbukti dengan pengangkatan Sahabat Muaz bin Jabal R'A sebagai Gubernur di sana. Begitu juga dengan Syam yang meliputi beberapa negara di zaman kita sekarang, sesungguhnya wilayah itu di zaman Rasulullah hanyalah sebuah Provinsi dengan seorang Gubernur yang bernama Abu Musa Al-Asy'ari.

Dengan kekuasaan yang demikian luas, logiskah jika semua warga yang hidup di wilayah tersebut hanyalah warga muslim? Warga yang berdomisili di seluruh wilayah kekuasaan Rasulullah S'AW menganut agama yang berbeda-beda. Sebagian mereka bergama Yahudi dan sebagian lagi Nasrani, bahkan ada sebagian kecil yang menganut agama Majusi. Rakyat beliau S'AW juga multietnis, mulai dari yang berdarah Arab, Persia, Afrika, hingga Romawi/Eropa. Namun Rasulullah S'AW sukses memimpin seluruh keberagaman itu dalam harmoni.

Suksesnya kepemimpinan Rasulullah S'AW dapat diukur dengan beberapa indikator, di antaranya:

1. Terciptanya Keamanan secara Luas

Kota Yatsrib (Nama lama dari Kota Madinah), sebelum hijrahnya Rasulullah S'AW ke sana, selalu dilanda kekisruhan politik, ekonomi, dan sosial. Namun lihatlah kondisinya setelah Rasulullah S'AW berhijrah. Madinah menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi semua penduduknya. Perekonomian masyarakat meroket dan terciptalah kesejahteraan yang luas. Dengan demikian, kehidupan sosial mereka terasa sangat harmonis dan penuh cinta kasih antara satu dengan lainnya.


2. Meningkatnya taraf hidup dan ekonomi masyarakat

Sahabat dari kalangan Muhajirin yang dulu berhijrah bersama Nabi S'AW tanpa membawa bekal materi yang cukup, tidak menjadi beban bagi penduduk asli Madinah. Tidak sedikit dari golongan Muhajirin yang di kemudian hari justru menjadi konglomerat dan memiliki kekayaan yang berlimpah. Begitu juga dengan penduduk asli Madinah, Kaum Anshar, mereka memiliki kekayaan yang berlipat ganda setelah Rasulullah S'AW menjadi pemimpin di negeri mereka. Padahal, saat Yahudi mendominasi kehidupan penduduk Madinah, mereka terlilit riba dan kehidupan ekonomi mereka sangatlah buruk.


3. Menyatunya Masyarakat

Awalnya, tawuran antar warga dan antar suku merupakan pemandangan sehari-hari di Kota Yastrib. Namun kondisi tidak nyaman itu segera lenyap dan berganti dengan keharmonisan dan kasih sayang setelah Rasulullah S'AW memimpin mereka. Rasulullah S'AW adalah pemimpin yang sukses secara fakta dan data. Kepemimpinan beliau sangat berkesan positif hingga kini, sehingga sangat layak dan pantas untuk menjadi inspirasi dan petunjuk bagi semua orang yang ingin memilih seseorang untuk menjadi pemimpin atau ingin menjadi pemimpin.



Sumber: Majalah Ummi April 2017

Tuesday, May 2, 2017

Berterima Kasihlah...

Seringkali kita menganggap orang lain mengganggu kenyamanan diri kita, mengganggu istirahat kita, dan tidak mempedulikan apa yang kita rasakan. Padahal sesungguhnya hal itu belum tentu benar. Begitu banyak orang yang mengorbankan perasaannya tanpa orang yang dituju itu tahu bahwa dia berkorban untuknya dengan sepenuh jiwa raganya. Berterimakasihlah. Terkadang kita kerap lupa berterima kasih dan hanya mengingat kebaikan kita pada orang lain, tanpa berpikir apa yang telah dikorbankan orang lain itu untuk membuat kita bahagia...

Cinta Sejati...

Cinta sejati tak melulu terjadi antara lelaki paling tampan dengan wanita yang paling cantik. Cinta sejati bukan selalu antar dua orang yang sempurna. Cinta sejati bukanlah karena pertemanan yang kompak atau pun persahabatan yang lama. Namun Cinta sejati adalah cinta karena dua hati yang saling tarik menarik satu sama lainnya ibarat magnet. Semakin berusaha melawan daya tarik menarik tersebut, semakin menyakitkan dan membutuhkan energi yang sangat besar.

Karena itu, sadarilah bahwa tidak ada makhluk yang sempurna, baik laki-laki maupun perempuan. Apabila selalu mencari sosok yang sempurna, bersiaplah untuk tidak mendapatkan satu pun di antaranya. Jangankan untuk mendapat cinta yang sejati, cinta yang biasa saja juga belum tentu akan didapat.

Mengemukakan Pendapat...

Seringkali kita harus menahan diri jika memang belum waktunya berbicara atau mengemukakan pendapat. Namun ada kalanya kita juga harus segera mengemukakan pendapat apabila hal itu mendesak dan perlu segera diungkapkan agar tidak merugikan banyak pihak.

(pengalaman pas Diklatpim IV kurang lebih seperti itulah, hehehehe :D)

HARUS DIPERJUANGKAN

Hidup memang harus diperjuangkan. Saat kita sedang berada di atas jangan lupa bahwa Allah akan senantiasa menguji kita dengan ujian lainnya. Ujian membuat kita menjadi manusia tangguh, kuat, dan naik level menjadi lebih tegar dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. Itulah hidup yang sesungguhnya. Sakit dan bahagia itulah warna dalam hidup kita.

Teman dan Sahabat

Bisakah anda bayangkan hidup tanpa sahabat? tanpa teman? Maka segera periksa kembali hubungan persahabatan anda dengan teman-teman anda sekarang. Sapalah mereka dan berikan kabar terbaik anda agar satu saat jika anda juga memerlukan telinga mereka untuk dapat mendengarkan kisah sedih anda, mereka juga sudah tau kapan saat anda bahagia.

sumber: buku 'Bukan untuk Dibaca 2'

Blind Spot

Biarkan orang lain menjadi 'mata' di area blind spot kita sehingga kita bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat dengan pandangan diri kita sendiri. Temukanlah orang yang bisa melihat blind spot kita. Mereka bisa saja kakak, adik, suami, istri, sahabat, orang tua, atau bahkan guru kita sendiri. Bisa juga dengan bergabung melalui komunitas yang kita minati. Di mana di dalam komunitas itu semua kemampuan kita akan tercurah lebih baik karena dikelilingi oleh orang dengan passion yang sama dengan kita. Bukalah pikiran dengan semua kritik, saran dan masukan. Perbaiki diri dan belajar melihat potensi yang dimiliki agar kesuksesan menghampiri.

Sumber: Buku 'Bukan untuk Dibaca 2'

Apa yang Kau Cari???

Sudah di gunung, pantai kau rindukan
Tiba di pantai, gunung yang kau inginkan
Saat kemarau, kau tanya kapan hujan
Diberi hujan, kemarau kau tanyakan
Sudah tenang di rumah, ingin pergi
Begitu pergi, kau ingin ke rumah kembali
sudah dapat ketenangan, keramaian kau cari
Keramaian kau temukan, ketenangan kau rindui
Apa yang sebenarnya kau cari?
Ternyata sesuatu tampak indah karena belum kita miliki
Kapankah kebahagiaan akan didapatkan
kalau yang belum ada selalu kita pikirkan
sedang yang sudah diberi Allah kita abaikan?
Bukankah telah banyak yang kaudapatkan?
Jadilah pribadi yang selalu BERSYUKUR
Mungkinkah selembar daun bisa menutupi bumi
sedang kau tak bisa menutup telapak tangan sendiri
tetapi saat selembar daun kecil menempel di mata
maka bumi yang luas seperti tertutup semua
begitu juga bila hatimu ditutupi keburukan
seolah-olah yang tak cocok denganmu selalu kejelekan
seluruh bumi seolah tak ada kebaikan
syukurilah semua apa yang ada padamu
dari situ engkau memuliakan dirimu
belajarlah...

sumber: https://groups.yahoo.com/neo/groups/gapalma/conversations/.../4292)

Sunday, February 19, 2017

Send My Love (To Your New Lover) ~ Adele

This was all you, none of it me
You put your hands on, on my body and told me
Mmm
You told me you were ready
For the big one, for the big jump
I'd be your last love everlasting you and me
Mmm
That was what you told me

I'm giving you up
I've forgiven it all
You set me free

Send my love to your new lover
Treat her better
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more
Send my love to your new lover
Treat her better
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more

I was too strong, you were trembling
You couldn't handle the hot heat rising (rising)
Mmm
Baby I'm still rising
I was running, you were walking
You couldn't keep up, you were falling down (down)
Mmm
Mmm there's only one way down

I'm giving you up
I've forgiven it all
You set me free, oh

Send my love to your new lover
Treat her better
We gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more
Send my love to your new lover
Treat her better
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more

If you're ready, if you're ready
If you're ready, I'm ready
If you're ready, if you're ready
We both know we ain't kids no more
No, we ain't kids no more

I'm giving you up
I've forgiven it all
You set me free

Send my love to your new lover
Treat her better
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more
Send my love to your new lover
Treat her better
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more

If you're ready, if you're ready (send my love to your new lover)
If you're ready, I'm ready (treat her better)
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more
If you're ready, if you're ready (send my love to your new lover)
If you're ready, I am ready (treat her better)
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more

Sunday, January 15, 2017

Tips Wisata Kuliner

1. Temukan tempat wisata yang sesuai minat, selera, dan kantong anda.

2. Telusuri bagaimana cara mencapai objek tersebut.

3. Pilih objek wisata terdekat, kecuali jika anda memiliki budget lebih.

4. Jika ingin mencoba makanan lesehan di suatu daerah, tanya dulu harganya, agar harga tak dinaikkan di belakang (setelah anda makan).

5. Jika anda menghadiri suatu festival makanan, datanglah lebih awal untuk menghindari sesak pengunjung.

6. Kenakan pakaian sesuai trend fashion tempat yang dituju, tanpa kehilangan kepribadian/style berpakaian anda.

7. Berhati-hatilah ketika mencicipi masakan yang ekstrim.


Taken From: Traveler's Wisdom

Wajib Tahu Hal ini dalam Memilih Biro Wisata

Apa saja yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan ikut Biro Wisata?

1. Siapa saja yang ikut? Anda perlu menanyakan komposisi peserta yang ikut. Ini akan sangat mempengaruhi mood anda selama berwisata. Ingat, anda akan memutuskan untuk mengeluarkan budget ekstra untuk ini, kan?

2. Fasilitas apa saja yang anda dapatkan? Dalam hal ini, anda perlu menanyakannya. Ini untuk mengetahui bahwa apa yang anda bayarkan tak terbuang sia-sia.

3. Perhatikan Itinerary. Terkadang tampak sangat bagus, namun pastikan apakah anda benar-benar tidak keberatan untuk 'terpaksa' ikut dan selalu bersama-sama, padahal mungkin saja anda berpikir akan ada objek yang lain yang lebih menarik untuk dikunjungi.

4. Check Latar Belakang Operator Tour. Anda perlu memastikan operator tour ini memiliki izin, dan memiliki reputasi yang bagus. Anda bisa bertanya di forum-forum/sosmed/community/teman-teman anda yang juga sering berwisata.


Taken From: Traveler's Wisdom

Tips Wisata Outdoor

Apa yang perlu dipertimbangkan ketika hendak wisata outdoor?


1. Level of Difficulty, kita perlu mengukur tingkat kesulitan medan tersebut. Pilihlah destinasi yang sesuai dengan tenaga dan kemampuan.

2. Comfort Zone, Mungkin perlu dipikir lagi, apakah cukup nyaman untuk tidur di alam terbuka, di bawah tenda. Terkadang ini menjadi problem yang serius.

3. The Schedule, dalam wisata outdoor, kadang orang dituntut untuk bisa bangun pagi. Sementara beberapa orang merasa bahwa liburan adalah menikmati waktu seluas-luasnya, kadang dengan bermalas-malasan.

4.Fleksibilitas, coba check apakah grup wisata outdoor yang diikuti cukup fleksibel. Ada beberapa acara yang sulit menolerir seseorang yang terlalu kelelahan.

5.Filosofi Pengelola, wisata outdoor juga perlu menelusuri filosofi si pengelola. Ini untuk menjamin tingkat keamanan.

6. Waktu yang Tepat, mengamati waktu yang tepat untuk wisata outdoor juga sangatlah penting. Apalagi jika destinasi yang kita tuju merupakan tempat yang kita tidak ingin melewatkan momen alam di sekitarnya.

7. Sanitasi, saat di alam terbuka, pastikan kita cukup nyaman dengan sanitasi dan pembuangan air di situ. Kita juga harus memastikan bahwa air tersedia dengan melimpah.

8. Makanan, Jika perut anda rewel dan tidak bisa menerima sembarang makanan, cobalah untuk berpikir dua kali. Makanan dalam wisata seperti ini biasanya terkesan darurat.

Taken from: Traveler's Wisdom

Saturday, January 14, 2017

GAYA KEPEMIMPINAN YANG FLEKSIBEL

1. Mendengarkan saran/kritik/masukan baik internal maupun eksternal.

2. Melatih karyawan/staf/bawahan berdasarkan gaya hidup dan bidang kerja mereka saat ini. Memperhatikan perasaan dan kebutuhan orang lain, serta menunjukkan rasa peduli.

3. Sesekali dengan senang hati mendengarkan nasihat orang lain dan memperhatikan serta mau mengakui keahlian orang lain, dibarengi sikap kolaboratif.

4. Merayakan momen kesuksesan, tertawa bersama, tahu bahwa sesekali memiliki waktu untuk bersenang-senang bersama itu diperlukan untuk membangun aset emosional.

KESADARAN DIRI...

Ketika 100 CEO diwawancarai perihal keahlian yang mereka perlukan untuk bisa menjalankan perusahaan dengan sukses, daftar berisi 14 kemampuan muncul, mulai dari berpikir secara global, menciptakan visi bersama yang inspiratif, hingga merangkul perubahan dan melek teknologi. Tak ada seorang pun yang bisa memiliki semuanya sekaligus. Namun ada satu kemampuan meta yang muncul, yakni 'kesadaran diri'. CEO memerlukan kemampuan itu untuk bisa menilai kelemahan dan kelebihan mereka sendiri sehingga bisa mengelilingi diri dengan tim yang kekuatannya terletak dalam kemampuan-kemampuan inti yang dapat melengkapi kemampuan mereka sendiri. Namun 'kesadaran diri jarang dimunculkan dalam daftar berbagai kompetensi yang disusun oleh organisasi dengan menganalisis kelebihan dari karyawan yang berprestasi. Kesadaran diri (sadar akan kekurangan dan kelebihan diri) mencerminkan kontrol kognitif tinggi, yang dibangun atas pondasi yang mencakup persistensi, resistensi, serta dorongan untuk mencapai tujuan. ~ Focus by Daniel Goleman

Yang Tak Dapat Dibeli dengan Uang

1. Rasa Hormat dari orang lain.
2. Keseimbangan antar karier dan kehidupan pribadi.
3. Kecantikan alami.
4. Kesopanan
5. Kepekaan
6. Suara Hati
7. Tujuan Hidup
8. Integritas
9. Anak-anak yang terpelajar.
10. Teman-teman yang baik.
11. Umur Panjang yang bermakna.
12. Kedekatan keluarga.
13. Pikiran yang terbuka akan perubahan.
14. Melewati hari-hari tanpa kekhawatiran.
15. Kepercayaan (rasa percaya dari orang lain).
16. Awal yang baru.
17. Jantung yang sehat.
18. Ide-ide cemerlang.
19. Politisi yang jujur.
20. Ketenangan pikiran.
21. Rambut Indah berkilau.
22. Kesabaran.
23. Keberuntungan
24. Nama baik setelah wafat.
25. Kenangan Manis
26. Waktu untuk bersantai.
27. Etos kerja.
28. Perilaku positif.
29. Rumah yang bahagia.
30. Segala hal yang diinginkan (secara batin).
31. Takdir baik.
32. Apresisasi untuk hal-hal sederhana.
33. Cinta sejati.
34. Kesempatan kedua.
35. Kedamaian dunia.
36. Ulang tahun emas pernikahan.
37. Bakat (talenta).
38. Pengalaman baru/terobosan baru dari hal2 yang sempat dilewatkan.
39. Waktu berkualitas bersama anak-anak anda.
40. Kebebasan.
41. Kerendahan hati.
42. Kebahagiaan
43. Nama baik (reputasi)
44. 25 jam dalam sehari.
45. Kedekatan hati dengan anak-anak.
46. Masa muda
47. Hidup yang berkelas.
48. Keadilan
49. Perspektif yang tepat.
50. Kepedulian.

Friday, January 13, 2017

Materi UAS Matkul Statistika 2

Buat mahasiswaku, berikut ini pokok bahasan dan Distribusi soal Ujian Akhir Semester untuk mata kuliah statistika 2 yang insyaAllah dijadwalkan di bulan Februari nanti:

Open Book (boleh buka buku + menggunakan kalkulator).
Tipe Soal: Pilihan Ganda + Essay
Durasi: 90 menit
Distribusi dan komposisi Soal Menurut Pokok Bahasan:

I. Pilihan Ganda (5 soal) yang terdiri dari: 2 soal terkait paired sample t-test, 2 soal terkait statistika nonparametrik, 1 soal Analisis Regresi.

II. Essay (3 soal) yang terdiri dari 1 soal Independent sample t-test, 1 soal Analisis Korelasi, dan 1 soal One Way Anova.

Total Soal: 8

Selamat Ujian, perkuliahan terakhir untuk mata kuliah statistika 2 ini insyaAllah tanggal 27 Januari 2017.

Good Luck ;)


ttd
Dosen Pengampu,

Bunga Mardhotillah,S.Si.,M.Stat

Thursday, January 12, 2017

Do'a Cinta...

Terimakasih yaa Allah, untuk semua rasa cinta yang aku rasakan terhadap-Mu. Merenungkan kebesaran-Mu membuatku selalu tegar. Ada hal-hal yang tidak pantas menyentuh kebahagiaanku. Aku sadar sepenuhnya ada kesedihan yang sia-sia, ada kemarahan yang sia-sia. Itu semua tidak boleh mengganggu hidupku. Merenungkan kebesaran-Mu, kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu, ketiadabatasan-Mu, Engkau mengisi hatiku hingga penuh. Engkau bersemayam dalam batinku, memberiku luapan kebahagiaan, luapan syukur. Di sinilah perhatianku dialihkan. Yang tadinya sedih untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, sekarang aku menjadi bahagia untuk hal yang benar-benar penting. Aku fokus pada pikiran bahwa Tuhan adalah kekuatan hidupku, damai sekali.

Dengan semua keridhoan yang telah Engkau berikan kepadaku, masihkah aku lari dari-Mu? Masihkah aku dengan sengaja menjadi pribadi yang tidak mulia dengan semua cinta yang telah Engkau berikan kepadaku? Aku merasa malu karena Engkau terlalu baik terhadapku, sementara hidupku mungkin tidak terlalu baik di hadapan-Mu, tetapi Engkau tetap memberikan kebaikan kepadaku, yaa Allah.

Ampuni aku, yaa Allah, aku juga malu bila masih sedih untuk hal-hal yang tidak penting. Aku percaya rasa sakit yang terjadi, kehilangan, kekecewaan, semua itu ada nikmat tersembunyi di dalamnya. Engkau sedang menghindarkan aku dari marabahaya yang lebih besar. Engkau sedang membentukku menjadi dewasa. Itu adalah kenikmatan, yaa Allah. Ampuni aku atas semua salah sangkaku selama ini.... aamiin....

Boeat Seorang Teman...

Teruntuk seorang teman yang pernah begitu dekat denganku. Aku do'akan kamu selalu bahagia meski hubungan pertemanan kita kian hari kian memburuk. Nikmatilah jalan hidup yang telah kau pilih dengan sebaik-baiknya. Fokuslah pada apa yang kamu miliki saat ini. Buktikanlah bahwa kebahagiaan yang berulang-ulang kali kamu bangga-banggakan di sosmedmu itu benar-benar bisa bertahan lama. Mulai saat ini, jangan libatkan aku dalam hal apa pun di hidupmu, apalagi dalam ocehan/bacotanmu. Sukses selalu untukmu, bahagia selalu untukmu. Jangan temui aku lagi karena aku sudah punya lebih banyak teman sekarang ini. Aku tak kekurangan teman & insyaAllah aku masih kuat menjalani hidupku. Terimakasih atas pengertian darimu.

Do'a Menerima Segalanya...

Ya Allah, hidupku ini, jiwaku ini, adalah milik-Mu. Aku serahkan sepenuhnya kepada-Mu. Apa pun yang akan terjadi, terjadilah, karena aku sudah berdo'a dan berusaha. Jauh dalam batinku, aku melihat diriku yang sejati, diri yang bersyukur, diri yang tenang, diri yang ikhlas. Itulah diriku yang sesungguhnya. Betapa senangnya bisa menjadi diri seperti itu. Setiap rasa sakit, setiap masalah, setiap penderitaan adalah kesempatan paling indah untuk bertemu denganMu, sang penciptaku. Aku bisa menemukan pembelajaran, makna keikhlasan, dan penyerahan. Aku bersyukur aku benar-benar menyadari hal ini. Aku bersyukur bisa mengerti hal ini ketika mungkin pada saat yang sama jutaan orang lain justru mengeluh, justru menolak kenyataan. Aku bersyukur bahwa aku ternyata Engkau karuniai pengertian akan makna hidup yang sesungguhnya, yaitu penerimaan.

Aku menerima diriku. Aku menerima semua penderitaan yang memang harus terjadi. Aku menerima rasa kecewa yang memang harus terjadi. Aku menerima rasa lemah yang memang diizinkan. Saat bersyukur pada kondisi tidak enak, menderita, tertekan, atau banyak masalah, maka di dalam diriku timbul kesadaran, pemakluman, ketenangan, dan keberserahan diri kepada Yang Maha Kuasa. Rasa syukur pada kondisi ini nikmatnya lebih mendalam, tiada bandingnya...

Lamunan...

Fungsi-fungsi positif dari lamunan antara lain mencakup menghasilkan berbagai skenario untuk masa depan, melakukan refleksi diri, mengarungi dunia sosial yang kompleks, mematangkan ide-ide kreatif, menghasilkan fokus yang fleksibel, merenungkan apa yang sedang kita pelajari, menata ingatan kita, sekadar merenungkan kehidupan, dan memberikan waktu istirahat yang menyegarkan kepada sirkuit otak kita yang bertanggung jawab terhadap konsentrasi yang lebih intensif ~ Focus

Do'a Kala Hampa...

Di kala hati kosong dan hampa, bacalah do'a ini, jangan biarkan kekosongan dan kehampaan merusak hari2 indah kita:

"Ya Allah...mampukan aku untuk belajar dari kehampaan, dari kekosongan hati ini. Semoga aku selalu diberikan kekuatan untuk melalui kekosongan hati ini, kehampaan ini. Yang penting aku bersama-Mu, itu lebih dari cukup. Hal yang di depan, aku tidak mau terlalu peduli lagi. Jangan sampai kecemasanku akan masa depan mencuri ketenangan hidupku hari ini. Biarlah hatiku hampa saat ini, tidak apa-apa, tetapi aku bersyukur bahwa dalam kehampaan ini, Engkau mengizinkan suatu pembelajaran dalam hidupku. Tidak ada hal yang benar-benar buruk. Engkau hanya sedang mengerjakan sesuatu yang belum aku mengerti sekarang dan aku merasakan getaran ketegaran di dalam hatiku. Semoga aku selalu ingat akan hal ini."

"Kosong dan hampa bukanlah akhir segalanya. Malah itu adalah awal. Itu adalah penguat segalanya. Terima kasih ya Allah, justru dalam kehampaan ini aku bisa merasakan Engkau begitu dekat di hatiku. Engkau ada di hatiku, memberikan aku kedamaian. Aku merasakan Engkau selalu ada di kala aku terpuruk. Aku merasakan Engkau di dalam kehampaanku. Aku bersyukur bahagiaku sekarang beralih. Bila dahulu aku baru bisa merasa bahagia saat mendapatkan apa yang diinginkan hatiku, sekarang aku merasakan kebahagiaan saat aku merasakan dengan sungguh-sungguh penyertaanMu dalam hidupku dan merasakan hadirnya Engkau di hatiku."

Serunya BBM Stickers...

Sejak september 2016 lalu, saiah rajin menginstall bbm stickers di bbm for android saiah. Komunikasi bareng temen2 via bbm jd lbh seru & lbh rame, hehehe :D









Wednesday, January 11, 2017

Sahabat Terbaik: Gak Bikin Emosi...




Sahabat atau teman dekat itu semestinya gak suka bikin bete, gak suka bikin emosi. Kalo sehari-hari kerjaannya cuma mancing2 emosi kita, buang ke laut aja deh temen kayak gitu. Masih banyak temen2 kita yg laen yang bisa bikin adem hati & adem pikiran.

Apalagi temen deket yg suka ngoceh/ngebacot gak jelas d sosmed, nyindir2 kita dg nyinyir. Muji muji org lain. Boro boro kita rileks baca ocehannya, yg ada kita malah jd marah2. Pas kita balik ngoceh, dia malah bilang jgn sok nasehatin org lo. Truz dia nge-galau, seolah2 sedih gitu gara2 bacotan kita, pake acara pura2 nangis segala. Padahal selama ini apa sih yg udah dia lakuin buat bikin kita happy? Nol besar.

Pake sok sok baca artikel yg kesannya dia bijak. Padahal itu cuma selewat doang, gak ada bekasnya di keseharian dia. Truz dia ge er, kita baca ocehan dia. Padahal kita OL tu bukan buat baca ocehannya dia, melainkan ada tujuan laen yg ga ada sangkut pautnya sama dia. Pas kita bener2 baca ocehan dia, truz kita bales tuh semua ocehannya yg baru kita baca. Ocehannya 3 bln yg lalu pun baru kita baca. Kita marah2, eh dia malah bilang 'emang gue pikirin'. Ya elah, harusnya kita yg ngomong gitu, koq malah dia? Dasar gak jelas. Semoga Allah memberimu petunjuk deh. Salah besar temenan sama kamu. Bikin hari2 jd makin ruwet n kusut, padahal hidup ini udah runyam, malah jd makin ribet. Hadeh...

Sunday, January 8, 2017

Ternyata Tak Ada...




Aku baru sadar hal ini:
Ternyata cinta sejati, cinta heroik, cinta penuh perjuangan, cinta sehidup-semati itu hanya ada di pilem-pilem. Di dunia nyata gak ada yg seperti itu. Di dunia nyata yang ada hanya cinta sesaat, cinta karena pelarian, cinta karena perjodohan (baik yg motifnya karena Allah atau karena motif tertentu), cinta karena nafsu, cinta yang bersifat fisik & cinta palsu...

Thursday, January 5, 2017

Apa Itu???



Ah..rindu. Apa itu rindu? Sudah lama aku tak lagi merasakannya. Lagipula kepada siapa? Ah...rindu itu memang tak menyehatkan. Untunglah aku sedang tak merindu siapa pun...

Rasa...



Menghabiskan rasa sehabis-habisnya. Menikmati waktu
yang tersisa. Memanfaatkan momen sebaik-baiknya. Tiap hari itulah yang kuupayakan...