Tuesday, October 8, 2013

Karakter Sempurna Orang Beriman...

Keimanan seorang muslim yang mencakup tiga unsur (Ucapan, Membenarkan dengan hati, dibuktikan dengan perbuatan), harus selalu dipelihara dan dijaga dengan sikap istiqamah. Istiqamah adalah konsisten, tetap, dan teguh. Tetap pada pendirian, tidak berubah, dan tahan uji. Istiqamah akan melahirkan tiga hal yang merupakan ciri orang dengan iman sempurna, yaitu:

1. Syaja'ah (keberanian) muncul karena yakin sebagai hamba Allah yang selalu dibela dan didukung Allah SWT. Tidak takut menghadapi tantangan hidup, siap berjuang demi tegaknya Haq (kebenaran). Keberanian bersumber pula pada keyakinan terhadap qadha dan qadr Allah SWT yang sudah pasti. Oleh karena itu, tidak ada rasa takut pada kematian, karena kematian di jalan Allah SWT merupakan anugerah yang selalu dirindukannya.

2. Ithmi'nan (ketenangan) muncul dari keyakinan pada perlindungan Allah SWT yang memelihara orang mukmin secara lahir dan batin. Dengan senantiasa ingat kepada Allah SWT dan berpanduan pada petunjuk-Nya (kitabullah dan Sunnah), ketenangan akan selalu hidup di dalam hatinya.

3. Tafa'ul (optimis) muncul karena yakin bahwa masa depan adalah milik orang beriman. Kemenangan umat Islam dan kehancuran kaum kuffar sudah pasti. Mukmin menyadari bahwa amal perbuatan yang dilakukannya tidak akan sia-sia, tetapi pasti dibalas Allah dengan balasan yang sempurna.

No comments:

Post a Comment