Wednesday, October 30, 2013

Cara Mencegah Rambut Rontok bagi Jilbaber/Hijaber...


Berjilbab/Berkerudung tidak menyebabkan rambut rontok. Hasil Riset Universitas Indonesia pada tahun 2001 menemukan, secara ilmiah tidak terbukti jilbab menyebabkan rambut rontok. Ternyata, 99,99 persen kerontokan rambut disebabkan oleh faktor genetik/keturunan. Berikut ini

cara mencegah rambut rontok:

1. Rambut yang masih basah, jangan disisir. Biarkan dulu rambut kering secara alami.

2. Sisir rambut dua sampai tiga kali sehari, gunakan sisir bergigi jarang untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

3. Gunakan hair dryer dengan temperatur rendah. Jarak hair dryer dengan rambut 10-15 cm.

4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang atau menutup rambut terlalu ketat.

5. Pastikan rambut sudah kering ketika mengenakan kerudung. Rambut basah yang ditutup kerudung bisa menyebabkan kepala pusing.

6. Pilih model rambut yang praktis dan membuat anda nyaman berkerudung.

7. Sebaiknya rambut sering diurai ketika berada di dalam rumah, tentunya di lingkungan mahram.

8. Hindari menggunakan bahan kerudung yang tidak menyerap keringat, seperti sutra dan tisu. Sebaiknya memakai bahan kerudung yang menyerap keringat untuk pemakaian sehari-hari, seperti kaos, katun, dan linen. Lapisan kerudung sebaiknya kurang dari empat lapis bahan. Pilih warna kerudung yang lembut, putih, atau yang tidak menyerap panas. Gantilah kerudung setiap hari.

9. Pilih shampo yang tepat.

10. Lakukan creambath seminggu sekali untuk memberikan nutrisi pada rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Pilihlah krim creambath yang sesuai dengan jenis rambut.

11. Rawatlah rambut dengan masker rambut seminggu sekali. Gunanya untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut.

12. Makanlah buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C untuk meregenerasi sel-sel rambut dan kulit kepala. Misalnya, jeruk, kiwi, stroberi, tomat, dan paprika.


Sumber: Majalah Aulia... :)

No comments:

Post a Comment