Tuesday, November 18, 2008

Kualitas Kemanusiaan

ALLAH SWT adalah Dzat Yang Kualitas Keagungan dan Kesucian-Nya tiada terhingga. Kita diajari utk terus membangun kepahaman menuju kepahaman tiada berhingga itu. Bukan berpuas diri pada kepahaman sementara yg berkualitas rendah.

Di sinilah memang kuncinya. ALLAH SWT Menggiring kita menjadi manusia berkualitas tinggi lewat pemahaman itu. Manusia adalah makhluk tertinggi yg diciptakan ALLAH SWT. Karena itu kita harus menuju kualitas tertinggi itu.

Bagaimana caranya? Dengan 'memompa' setinggi-tingginya kualitas kemanusiaan kita. Meningkatkan substansinya lewat fungsi akal dan jiwa, berdasarkan pencerahan ilmu pengetahuan.

Karena itu, ALLAH SWT sangat Menghargai org2 yang berilmu pengetahuan lebih dari yang lain. Ilmu pengetahuan memberikan pencerahan pada jiwa. Dan pada gilirannya memberikan kemampuan mengenal Dzat ALLAH SWT dengan lebih baik.

Kepahaman yang sesungguhnya akan terjadi ketika kita bertemu dengan-Nya di akhirat kelak, di hari akhir.

Ketinggian derajat manusia ditumpukan pada 'kebebasan kehendaknya'. Dan karena kebebasannya itu ia harus bertanggung jawab atas segala perbuatannya.

Ia dipersilakan memilih sifat2 malakiyah ataukah sifat2 setaniyah, dengan segala konsekuensinya.

Memilih sifat2 setaniyah berarti menuju pada api yang menyala-nyala, yg sangat panas, menjanjikan penderitaan. Sedangkan memilih sifat2 malakiyah berarti menuju pada cahaya terang benderang yang menjanjikan kedamaian, ketentraman, dan kebahagiaan.

(Dikutip dari sebuah buku keren)

No comments:

Post a Comment