Tuesday, December 2, 2008

Motivasi untuk Kompetitif...

Bunga terlahir di keluarga yang kondisi ekonominya biasa-biasa saja. Tapi keluarga Bunga sangat memperhatikan keislaman, pendidikan, dan kecerdasan anak-anaknya. Kalo diliat-liat, sebenernya Bunga bukanlah anak yg jenius atawa pinter-pinter amat. Tapi dari kecil bunga udah dimotivasi untuk berprestasi & mengasah potensi.

Hmm...cerita lebih lengkapnya gini. Pas usia bunga 2 bulan,,, mama masih kuliah di Universitas Jambi,, jadinya bunga di bawa nenek dari Jambi ke Tanjung Barulak utk tinggal bareng kakek, nenek, dan keluarga lainnya di rumah nenek. Begitulah, bunga diasuh kakek & nenek mpe usia 4 stengah tahun. Tapi dalam masa2 balita bunga itu, bunga masih sering bolak-balik Jambi-Padang. Jadinya bunga fasih bahasa Jambi & bahasa Padang, plus bunga kenal maenan anak2 ala jambi sekaligus maen bareng temen2 tanjung barulak juga. Masa kecil di Jambi yg gak bisa dilupain itu,,,, adalah pas bunga ikut2an ngejar layangan bareng anak2 cowok,,, itu sih pas masih tinggal di legok dulu. Mama aja khawatir bunga bakalan jd cewek tomboy nantinya. Tapi alhamdulillah t’nyata nggak... hehe.... Truz,,abiz lulus TK di jambi,, coz bunga bandel bgt,, mama khawatir lagi adekku yg waktu itu masih bayi (kuntum namanya) bakalan jd korban kenakalan bunga, jadinya bunga ditransfer lagi buat ngelanjutin SD di Tanjung Barulak. Bagi bunga kecil, semua itu dijalanin dengan hepi-hepi aja, coz bunga jg dah ngerasa kalo kakek nenek itu seperti ortu sendiri,, bahkan bunga sayang banget sama keduanya (dulu mama sempat cemburu jg sama nenek,coz kadang bunga keliatan lebih deket sama nenek hihi).

Truz,,,pas di SD,,, bunga gak nyangka banget bisa jadi juara 1 di kelas 1 pas cawu 1. Sejak dpt juara 1 itu, bunga jadi pede sama kemampuan bunga,abiz itu bunga jd berusaha buat jadi juara teruz. Nah,,,koq bisa bunga semangat banget buat jd juara kelas padahal IQ bunga gak tinggi, nah ini nih rahasia lainnya, di keluarga bunga punya budaya kyk gini, kalo saatnya bagi raport dateng, semua keluarga,, kakek, nenek, mama, papa, etek-etek (bibi2), mamak-mamak (paman2), pasti beli angka 8 dan angka 9 yang ada di raport. Termasuk beli Juara kita juga. Angka sembilan pastinya lebih mahal dibanding angka 8. Jadi,, kalo pas bagi raport kita jadi juara I truz angka 8 & 9 banyak menghiasi raport,, so pasti jadi kaya mendadak. Nah definisi kaya bagi bunga kecil apa? Kaya berarti Bisa beli majalah bobo, ananda, beli buku sebanyak-banyaknya, truz kaya juga berarti bisa beli snack 20 bungkus sehari, beli ketupat gulai, beli sate, beli maenan, de el el. bunga kecil gak rajin nabung (pas udah gede jg ga rajin nabung). Nah itu yg bikin bunga termotivasi buat jadi juara terus. Hasilnya gak mengecewakan sih,,pas SD bunga selalu jadi juara 1 atawa juara 2. Pernah sekali juara 3, pas baru pindah ke SD Pertiwi I Jambi, tapi abiz itu bunga balik ke posisi 1 or 2. Budaya beli angka itu masih bertahan mpe bunga SMA.

Hehe....keluarga bunga juga peduli banget kalo anak-anak lg pd dpt tugas dari sekolah. Apalagi kalo nyangkut urusan keterampilan (kerajinan tangan). Wah,,,keluarga bunga jadi rame,, tugas itu jadi tugas team (dibantu dengan sukarela lho). Contohnya pas SMP bunga dpt tugas bikin ukiran kayu. Yang bikinin palu kayunya adik ipar nenek, yang nyariin kayunya (bwt diukir) adik mama yg paling bontot. Kalo ada tgs menjahit, nek elly (yg buka usaha menjahit dengan senang hati ngajarin bunga). Kalo ada tugas menyulam, nenek & Tek ka ikut ngebantu. Truz kalo ada tugas menggambar, semua pada ngebantuin juga, coz di keluarga, bunga udah terkenal gak bakat menggambar tapi bakat nyanyi. Kalo bunga mau ikut lomba di bidang apa pun tingkat kecamatan, kotamadya atawa tingkat provinsi pas SMP, semuanya jadi pada sibuk ngebantu nyiapin segala sesuatunya buat bunga (oh how I miss my family). Mereka ngasih motivasi yang sangat2 besar, ngedoain bunga juga, jadinya bunga sering menang lomba & dpt piala.

Pas SMA bunga pindah ke Jambi, budaya teamwork itu masih bertahan. Kalo tugas2 kuliah yg berkaitan dengan kimia, pasti mama ngebantuin biar tugas bunga jadi yg terbaik di kelas. Utk tugas fisika n matematika, mama minta temen2nya buat ngajarin bunga ke rumah. Kalo ada tugas bikin peta geografi, bunga satu team sama papa. Yach...bakat bunga dalam gambar-menggambar emang tumpul banget. Bedanya,, kalo SMA bunga jadi lebih mandiri,, bunga sering coba2 nyari uang sendiri, ikut lomba ini itu yg hadiahnya uang (coz ekonomi keluarga bunga waktu itu masih pas-pasan banget sementara bunga butuh uang buat beli buku sekolah), tapi lomba2 yg bunga ikuti itu tanpa mengharap teamwork dari mama n papa, contohnya Ikut lomba karya tulis dan pidato yang naskahnya karya sendiri, dll. Coz berjuang utk itu semua, bunga jadi rajin ke perpuswil.

Pas kuliah,, bunga ngerasa kehilangan budaya bahu-membahu keluarga bunga itu, coz harus nge-kost di Jatinangor. Apa-apa ya dikerjain sendiri. Agak berat sih buat adaptasi, tapi alhamdulillah akhirnya bunga bisa ngelewatinnya juga. Plus bunga sempat kehilangan motivasi karna budaya keluargaku beli nilai2ku udah gak ada. Mereka bilang, bunga kan udah gede sekarang. Jadinya, kadang (jujur nih ya) bunga bikin analisis statistik buat client lebih bagus dibanding kalo dapat tugas dari dosen. Coz kalo analisis staitistik buat Client,,, bunga kan bisa m’hasilkan uang hehe (otak bisnisnya mulai keluar). Tapi tanpa bunga sadari, ternyata budaya motivasi untuk berprestasi dan bertanggung jawab thd semua tugas yg ditanamkan keluarga sejak kecil itu, sangat bermanfaat bagi kehidupan bunga saat ini. Selanjutnya, bunga akan berusaha untuk terus semangat, agar bunga bisa sukses dan ikut menyumbangkan kegembiraan dan kebahagiaan di tengah-tengah keluarga besar Bunga nantinya, di Jambi dan Tanjung Barulak (juga semua keluarga yang lagi ngerantau dimana-mana di Republik tercinta ini hoho semangat banget ya???!!).

2 comments: