Monday, December 8, 2008

Mengklasifikasikan Mimpi...

Sesungguhnya jiwa manusia tertarik utk mengetahui apa perubahan dan kondisi yg akan dialaminya kelak. Namun masalah yg ghaib tdk ada yg mengetahui kecuali ALLOH, sebagaimana firmannya,
"Dan kepunyaan ALLOH-lah segala apa yg tersembunyi di langit dan di bumi." (An-Nahl:77).

Ada sebagian org yg berusaha mencari tahu tentang masalah yg ghaib melalui jasa tukang sihir/dukun. Ini perbuatan haram (na'udzubillahi min dzaalik). Rasulullah bersabda:
"Barangsiapa yg mendatangi dukun lalu mempercayai apa yg diucapkannya, maka ia telah kufur thd apa yg diturunkan kpd Muhammad." (HR. Abu Daud).

Adapun ahli iman, ALLOH telah Memberikan kepada mereka mimpi yg benar yang memberikan kpd mereka kabar gembira dan memperingatkan mereka dari keburukan. Nabi S'AW bersabda:
"Tidak ada yg masih tersisa dari kenabian kecuali berita-berita gembira." Para sahabat bertanya, "Apa itu berita-berita gembira?" Beliau menjawab, "Mimpi yg benar." (HR. al-Bukhari).


MIMPI MANUSIA TERBAGI MENJADI TIGA:
  1. Ar-Ru'ya: Ini berasal dari ALLOH SWT, tapi umumnya yg dilihat dlm mimpi ini berupa kebaikan dan hal-hal yg bagus.
  2. Al-Hulm: Ini adalah permainan setan terhadap manusia, terutama bila ia tidur dalam keadaan tidak suci atau tidur tanpa berdzikir kepada ALLOH SWT.
  3. Hadits Nafs (bisikan jiwa): Yaitu apa yg dilihat manusia (di dalam tidurnya) yg berupa gambaran dan kejadian yg berada di pikirannya ketika jaga, seperti; harapan yg tengah diangan-angankannya. Begitu juga yg berakibat dari banyaknya makanan yg dikonsumsi, serta akibat sempitnya nafas dan sebagainya.

WARNING:
Banyak org yg tdk dpt membedakan antara mimpi yg berasal dari permainan setan, dg mimpi yg benar, shg kadang mjd kesedihan dan kedukaan karena apa2 yg dilihat dlm mimpinya, padahal itu merupakan bisikan setan.

Wallahu a'lam...


dikutip dari sumber yg dpt dipercaya (insya4wl)



No comments:

Post a Comment