Friday, March 20, 2009

The True Sejarah

Versi buku2 sejarah anak sekolahan: Islam baru masuk ke Nusantara baru abad ke-13 Masehi yang dibawa para pedagang dari Gujarat, India. Ini dikenal dengan Teori Gujarat yang berasal dari Snouck Hurgronje, seorang orientalis yang ditugaskan VOC untuk meneliti Islam nusantara demi kepentingan penjajah.

The True sejarah: Islam dibawa ke nusantara pada abad ke-7 M, dibawa oleh pedagang Arab, langsung dari Mekkah. Teori ini dinamakan teori Mekah dan didukung banyak buku arkeologis dan literatur. Salah satunya temuan banyak arkeolog yang menyebutkan di tahun 674 M telah berdiri satu kampung Islam di pesisir Barat Sumatera Utara yang bernama Barus. Bahkan pada tahun 718, seorang Raja kerajaan Budha Sriwijaya bernama Sri Indrawarman masuk Islam, walau kemudian diganti oleh raja yang beragama Budha.



Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Kerajaan pertama di Nusantara adalah kerajaan Hindu Tarumanegara yang berdiri pada abad ke-4 Masehi di Jawa Barat.

The True sejarah: Kerajaan pertama di Nusantara adalah Kerajaan Salakanagara yang berdiri pada abad ke-1 Masehi di pesisir utara Jawa Barat. Salakanagara bukan kerajaan Hindu, melainkan menganut kepercayaan lokal yakni pemujaan terhadap ruh leluhur. Sisa-sisa kepercayaan ini masih terdapat hingga kini di masyarakat Kranggan, Pondok Gede, Bekasi, walau mereka secara resmi sudah beragama Islam.



Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara merupakan kerajaan-kerajaan kecil dan tidak punya pengaruh.

The True sejarah: Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara merupakan kerajaan-kerajaan besar, bahkan luas kekuasaan dan pengaruh politisnya melebihi imperium kerajaan hindu Majapahit. Salah satunya adalah kerajaan Aceh Darussalam yang menyatukan diri dengan Kekhalifahan Turki Utsmaniyah yang luas wilayah kekuasaannya terbilang benua. Bahkan Jazirah Al-Mulk juga masuk dalam wilayah kekhalifahan Turki Utsmaniyah.



Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Kerajaan Aceh Darussalam tidaklah besar dan pengaruhnya juga tidak sampai meluas melebihi wilayah Asia Tenggara.

The True sejarah: Pengaruh politis dan ekonomis Kerajaan Aceh Darussalam sangat besar bahkan mendunia. Wilfred Cantwell Smith dalam 'Islam in Modern History', menyatakan Aceh merupakan salah satu dari lima besar kekuatan Islam dunia pada masanya. Kelima besar itu adalah: Kekhalifahan Turki Utsmaniyah, Kerajaan Maroko di Afrika Utara, Kerajaan Isfahan di Timur Tengah, Kerajaan Islam Mughol di anak benua India, dan yang kelima adalah Kerajaan Aceh Darussalam di Asia Tenggara.


Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Walisongo merupakan sembilan tokoh penyebar Islam yang memiliki kesaktian tingkat tinggi sehingga mampu melakukan hal-hal yang di luar akal sehat manusia.

The True sejarah: Walisongo merupakan nama Dewan Syuro penyebar Islam di jawa yang awalnya berasal dari luar Nusantara. Dewan Syuro ini berganti-ganti personelnya sebanyak lima kali. Para anggotanya merupakan ulama terpilih yang memiliki pengetahuan agama yang dalam dan juga ilmu-ilmu dunia. Dalam menyebarkan Islam, Dewan Syuro walisongo tidak mencampurkannya dengan kesyirikan dan khurafat seperti yang banyak ditulis orang dalam cerita-cerita khayali.


Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Orang Betawi berasal dari budak yang diimport oleh VOC Belanda dari berbagai suku bangsa.

The True sejarah: Orang Betawi sudah mendiami wilayah yang sekarang disebut Jakarta jauh sebelum Portugis dan Belanda datang. Bahkan pada tahun sebelum Masehi, Kerajaan pertama Nusantara, Salakanagara (100 M), merupakan kerajaan dimana masyarakatnya merupakan nenek moyang kaum Betawi.


Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Fatahillah adalah orang pertama yang mengislamkan Jakarta.

The True sejarah: Orang pertama yang mendakwahkan Islam di Betawi adalah Syekh Quro yang membangun pesantren di Karawang, dibantu oleh ulama-ulama lain seperti Datuk Ibrahim, Datu Biru, dan lainnya.


Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Nama asli Patimura adalah Thomas Matulessy, lahir di Saparua dan beragama Kristen.

The True sejarah: Patimura adalah marga muslim Ambon. Nama asli Patimura adalah Ahmad Lussy, lahir di Bacan. Dia adalah bangsawan dari Kerajaan Islam Sahulau. Sosok Thomas Matulessy adalah tokoh khayali yang tidak ada pembuktiannya secara valid. Perlawanan terhadap Belanda di Maluku dikobarkan umat dan tokoh Islam.


Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Perang Jawa (1825-1830) yang dikobarkan Pangeran Diponegoro disebabkan kemarahan diponegoro atas ulah Belanda mematok tanah miliknya.

The True sejarah: Pematokan tanah milik Diponegoro hanyalah pemicu perlawanan. Sebelum itu Diponegoro yang sejak anak-anak dididik Islam dengan lurus, sehingga lebih suka berdekatan dengan rakyat jelata ketimbang hidup di keraton, telah memendam amarah terhadap Belanda yang semua tindakannya menyakiti dan menyengsarakan rakyat kecil.


Versi buku2 sejarah anak sekolahan:
Si Singamangaraja XII adalah Raja Batak yang beragama Palbegu, agama leluhur orang Batak.

The True sejarah: Si Singamangaraja XII adalah seorang Muslim yang taat. Cap kerajaan dan benderanya sarat dengan ornamen Islam. Bahkan peperangannya melawan Belanda dibantu oleh Kerajaan Islam Aceh Darussalam dan Kerajaan Islam Minangkabau.



sumber: Eramuslim Digest




2 comments:

  1. benar mbak

    saya juga akan posting tentang pergulatan sejarah antara sejarawan penguasa dan sastrawan karena kadang beda versi beda perlakuan dan informasi

    bagaimana menurut mbak?

    ReplyDelete
  2. okay ihsan...

    ditunggu postingannya....

    trimz udah mem-follow blog ini ya ^_^

    ReplyDelete