Friday, April 3, 2009

Cegah Gigi Kusam

Untuk mencegah terjadinya perubahan warna gigi, sebaiknya kita melakukan perawatan gigi sejak dini. Menurut drg.Gunarso Gunadi, SpOrtho, Ph.D, perawatan gigi yang paling baik adalah saat muncul gigi susu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemantauan terhadap kondisi gigi. Dengan perawatan gigi usia dini, dokter akan mengetahui secara tepat penyebab utama perubahan warna gigi,” terang drg.Gunarso.

Berikut ini beberapa tips dari drg.Gunarso untuk memperoleh gigi putih berkilau:

1. Rajin menyikat gigi. Lakukan minimal dua kali sehari, sehabis makan siang, dan sebelum tidur malam. Sikatlah gigi dengan cara yang benar yaitu dengan cara berputar. Agar lebih maksimal dianjurkan untuk mengganti sikat gigi 3-4 bulan sekali. Pilihlah sikat gigi yang bulunya lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi. Jangan lupa sikat lidah, yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

2. Tidak menggunakan obat kumur yang terlalu banyak zat kimianya. Meskipun dapat menghilangkan vlek, namun penggunaan obat kumur ini tidak dianjurkan karena dapat mematikan kuman. Padahal kuman merupakan habitat alami pada mulut. Bersama dengan jamur, kuman berfungsi untuk membantu lancarnya pencernaan makanan. Sebagai gantinya, dianjurkan untuk menggunakan obat kumur alami seperti sirih dan lidah buaya.

3. Pilihlah pasta gigi yang sealami mungkin. Hindari penggunaan pasta gigi yang ada deterjen dan pemutihnya. Penggunaan pemutih terus-menerus itu juga tidak baik karena dapat mengikis lapisan email gigi. Pilihlah pasta gigi yang tidak terlalu banyak campuran zat kimianya. Seperti pasta gigi yang terbuat dari sirih, dan lidah buaya.

4. Lakukan pemeriksaan gigi rutin minimal enam bulan sekali. Sangat dianjurkan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi secara teratur setiap enam bulan sekali. Konsultasi ke dokter gigi diperlukan untuk mendapatkan tahap-tahap perawatan gigi, terutama pada gigi yang bermasalah.

5. Bersihkan karang gigi minimal enam bulan sekali. Membersihkan karang gigi secara rutin dapat mencegah timbulnya warna kusam pada gigi.

Taken from: Tabloid Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment