Monday, January 5, 2015

Surah Al-Qashash...

Surah ini terdiri dari 88 ayat, diturunkan guna memberikan arahan kepada Nabi S'AW dan orang2 beriman sepeninggal beliau tentang tugas dakwah yang sangat penting.

Al-Qashash adalah satu-satunya surat yang secara fokus menjelaskan tentang kelahiran Musa, pertumbuhannya, dan pengembaraannya menuju Madyan. Surat ini tidak secara fokus membicarakan tentang Bani Israil dan pembangkangan mereka terhadap Musa 'alaihis salam. Lalu apa tujuan utama dari surat ini? dan apa korelasinya dengan hijrah Nabi Muhammad S'AW?

Surat ini mengatakan kepada Nabi Muhammad S'AW yang tengah keluar dari kota Mekah, "Wahai rasulullah, engkau akan kembali ke Mekah dengan membawa kemenangan, setelah engkau keluar darinya secara sembunyi-sembunyi."


Target utama surat Al-Qashash adalah tsiqah (percaya) pada janji Allah ta'ala, dan yakin bahwa janji tersebut pasti akan terwujud meskipun waktunya lambat atau situasinya sulit.


Terwujudnya janji Allah Ta'ala bergantung kepada pengorbanan dan kesungguhan para da'i itu sendiri. Oleh karena itu, surat Al Qashash mengisyaratkan perpindahan tempat untuk berdakwah.

Kemenangan dakwah diawali dengan para ibu yang mendidik anak-anaknya, serta menanamkan keteguhan memegang agama dan keyakinan pada janji Allah ta'ala. Surat Al Qashash memberikan isyarat jelas terhadap peranan wanita dalam memenangkan dienul Islam. Tokoh pertama adalah Ibunda Nabi Musa 'alaihis salam, lalu saudara perempuan Musa, tokoh ketiga adalah istri Fir'aun, dan tokoh ke-4 adalah anak perempuan Syu'aib yang dinikahi Musa).

Surat Al qashash memuat tujuh janji. Dan terealisasinya (terbuktinya) janji-janji tersebut.


Kenapa dinamakan Al Qashash? Al Qashash berarti mengikuti jejak sesuatu hingga selesai.


wallahu a'lam bish showwab...



Taken From: Buku 'Khowathir Qur'aniyah'

No comments:

Post a Comment