Thursday, February 27, 2014

Begini nih contoh kasus kalo su'uzhon sama orang lain.... ;)


Guys, berikut ini contoh kasus (Hanya contoh kasus lho, biar gak ada pihak-pihak yang tersungging mania, anggap saja kisah ini fiktif belaka) fiksimini dari temen saya yang terkena dampak su'uzhon (berburuk sangka) seorang cewek di socmed (baca: Twitter), dan parahnya, cewek itu nuduh tanpa klarifikasi pula. Ditambah lagi, cewek tsb ngajakin temen2nya men-judge orang lain tanpa 2 (dua) alat bukti (wkwkwk).

Jadi ceritanya ada sepasang cowok-cewek yg lagi LDR-an nih guys. LDR di sini bukan singkatan dari Loan to Deposit Ratio, tapi LDR merupakan singkatan dari Long Distance Relationship bisa juga berarti 'Lama Dijalani Resah_deh'. Suatu ketika di perjalanan LDR mereka, si cewek uring-uringan di akun twitter-nya, hanya karena keisengan cowok LDR-nya (padahal gak pernah ada hal-hal aneh, hal2 jauh2 seperti yg si cewek pikirkan, atowpun kejadian ajaib yg mengganggu LDR mereka terkait keisengan tersebut), si cewek su'uzhon, nuduh2 org yg gak bersalah. Resah banget dia seolah nyari kambing hitam karena dia ngerasa LDR-nya ditarik ulur sama si cowok. Parahnya, si cewek nuduh-nuduh sembarangan ke cewek lainnya yang dia aja gak kenal, selain itu, si cewek korban LDR tarik ulur tersebut sok tau pula #tepokJidat. Jangan ditiru yach guys, Nah, cewek laen yg dia tuduh,, langsung klarifikasi, biar gak jadi korban pitnah #eh fitnah yang membahayakan. coba deh, simak cuap-cuap percakapan dua orang temen lama berikut ini, anggaplah percakapan ini berlangsung sekitar 3 bulan lalu:


Cewek yang diprasangkai: "Kamu lagi iseng ya? aku gak sengaja lihat jumlah orang yg kamu ikuti (following) di twitter. Kalo gitu aku juga iseng deh, ganti jg jumlah orang yang aku ikuti, iseng-iseng doang ini.....; Ups, tapi kenapa cewek LDR-an kamu jadi sewot gitu tuh? btw, kenapa bisa-bisanya dia nuduh aku mantan kamu? Padahal kita kan cuma temen lama, kebetulan aja sama2 eksis di twitter, hm, aku jadi curiga, jangan2 kamu sengaja nih, bawa2 aku segala lagi, mungkin biar cewek LDR kamu cemburu, trus besok-besoknya dia makin sayang ama kamu ya? ckckckck ga modal banget donk kalo gitu huuu.... :p "


Cowok: "Gak tau juga, iya, aku cuma lagi iseng, gak ada maksud apa-apa..."

cewek yang diprasangkai: "tuh kan. Isengnya kamu berbuntut panjang, oiya, emangnya tweets (baca: kicauan di twitter) yang kamu bikin (ada beberapa yang gak jelas) itu ditujuin ke aku?

cowok: "Gak kok, bukan buat kamu...itu iseng juga..."

cewek yang diprasangkai: "oww ya udah, bagus deh, tapi aneh ya, koq cewek LDR-an kamu masih sewot? bikin hashtag aneh-aneh gitu lagi, lucu aja ngeliatnya, ngajakin temen2nya seabreg-abreg gitu buat ngomentarin, beraninya keroyokan yach ternyata, hehehe :D "

cowok: "udah, ga perlu dibahas, maaf kalo jd keganggu..."

cewek yang diprasangkai: *Gumam dalam hati, malas ngelanjutin percakapan juga, niy omelan dlm hati, gak diutarain: "ih, sebel banget, kenapa cewek LDR-an kamu nuduh aku curhat sama kamu? emang kamu cerita apa sama dia? Di status BBM kamu nulis apa? jangan mengada-ada tentang aku donk. aku gak pernah curhat sama kamu, yang ada cuma klarifikasi. Dan perasaan, maaph nih ye, lebih bermasalah kamu deh, dibanding aku. yang belum nikah-nikah jg mpe sekarang itu kan kamu. Dan seingatku, di percakapan terakhir, aku malah ngasi beberapa masukan buat kamu ke depannya, aku juga memotivasi kamu buat cepet nikah, biar gak galau dan biar gak ngajak orang lain ikutan galau. So, jangan juga nyeret-nyeret aku ke hal2 gak penting beginian donk. Aku sebel digituin ama dia (baca: cewek LDR-an kamu), hm, daripada terus-terusan bete, mending aku protect aja akun twitter aku a.k.a digembok, mmaaalllesss liat twit2 galaunya dia. Lagian, keliatannya dia salah orang bangettt deh, ada orang lain lagi kan? (baca: ada cewek single lainnya yg lebih kalem dibanding cewek LDR-an kamu, temen fb kamu, satu kota ama kamu yg lebih besar kemungkinannya sbg org yg menghambat progress LDR kamu sama si cewek sok tau) harusnya cewek LDR-an kamu itu check akun facebook kamu, biar clear di mana letak masalahnya. Okay enough, aku capeeeeekkkk...aku mau fokus ngerjain hal-hal penting dalam hidupku. lagipula, kalo aku lagi ada masalah, aku gak perlu sampe harus curhat2 segala sama kamu, ngapain jg :p cewek LDR-an kamu tuh udah berlebihan banget, salah banget dia nilai aku. Btw, suamiku adalah tempat curhat terbaikku dan lebih dari segalanya bagiku."


Nah, begitulah salah satu contoh kasus, sekilas kisah fiksi, atau apalah namanya, kisah yang berawal dari iseng2 belaka, ditanggepin serius oleh pihak tertentu, berbuntut panjang jd su'uzhon, perang twit, saling sindir, dan lain-lain. Makanya, jangan su'uzhon (baca: berburuk sangka/berprasangka buruk) jadi orang :p



Hikmah lain yg bisa diambil: Kalo kamu su'uzhon sama seseorang, apa pun yang seseorang itu lakuin, twit twit-nya, tulisan2nya, postingan2nya, bakalan tetep salah di mata kamu. Kamu yg suuzhon bakalan sakit sendiri, sementara org yg kamu prasangkain, malah makin kesel sama kamu. Kamu tahu kalo bikin orang lain jadi kesel? Dampaknya, ya dia bakal bikin kamu makin berprasangka yg nggak-nggak, dia malah sengaja makin mengarah ke hal yg kamu suuzhon-kan, coz dia jg kesel di-su'uzhonin terus sama kamu. Jadi dia sengaja bikin kamu makin keki. Padahal gak gitu juga kali kenyataannya, barangkali su'uzhon kamu terlalu jauh, kalo org yg di-su'uzhon-in ngeladenin, ya, jadinya seolah-olah prasangka buruk kamu itu benar adanya, yg kamu pikirkan itu seolah emang iya, padahal nggakkkkk. Ciyaaaan deh kamu :P

NB: gambar terkait prasangka diperoleh dari googling ^_^

No comments:

Post a Comment