Thursday, February 13, 2014

Eksistensi Salimah Batang Hari di Tengah Masyarakat


Selalu Mengedepankan semangat 'Peduli Perempuan, Keluarga, dan Anak Indonesia', Salimah Batang Hari terus berusaha membuktikan komitmen dan eksistensinya di tengah masyarakat, khususnya bagi kaum perempuan, keluarga, dan anak-anak di se-antero Kabupaten Batang Hari. Perkembangan zaman saat ini menuntut adanya perubahan dan mobilitas yang tinggi serta dinamika hidup masyarakat yang semakin berkembang. Hal ini mengakibatkan masyarakat akan lebih sibuk dan fokus dengan kegiatannya masing-masing. Menangkap sinyal-sinyal seperti ini, Salimah Batang Hari tak henti berupaya menjadi Organisasi Muslimah yang semakin dinamis, terutama dalam menangkap issue-issue aktual yang berkembang di tengah masyarakat, untuk kemudian di follow up dengan berbagai kreativitas yang bermanfaat bagi masyarakat, dan yang paling utama, untuk mencerdaskan masyarakat.

Salimah Batang Hari dari tahun ke tahun berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten Batang Hari, agar terjalin harmonisasi gerak dan langkah menuju masyarakat Batang Hari yang berkualitas. Berikut ini beberapa kegiatan Salimah Batang Hari yang Populer dan Signifikan di tengah masyarakat:

1. Salimah Batang Hari Berpartisipasi aktif dalam Gabungan Organisasi wanita (GOW) Kabupaten Batang Hari dan berkoordinasi aktif dengan PW Salimah Provinsi Jambi.

2. Berpartisipasi mensukseskan Gerakan One Day One Juz~ODOJ (Gerakan Baca Quran untuk remaja perempuan dan ibu-ibu) sejak Desember 2013 dan ODOA~One Day One Ayat Hapalan Al Quran).

3. Kajian Rutin Salimah dilaksanakan setiap bulannya dengan tema beragam.

4. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Gratis(Salimah bekerja sama dengan Orkemas lainnya).

5. Bekerja sama dengan FPRJ Kabupaten batang Hari sebagai Pengisi, Pemateri, dan Narasumber untuk kegiatan Pesantren Kilat SMAN 10 Batang Hari.

6. Bekerja sama dengan Orkemas lainnya (Baca: FPRJ dan KPMBP) dalam menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dan Workshop Penulisan Cerpen untuk Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Batang Hari.

7. Bekerja sama dengan TKIT Aulia Muara Bulian dalam Penyelenggaraan Rangkaian Lomba untuk anak-anak.

8. Pendistribusian Aneka Bibit pohon kepada masyarakat.

9. Workshop dan Seminar Parenting Skill dengan berbagai tema. salah satu di antaranya: Menjadi Ibu Ideal.

10. Salimah Batang Hari Peduli Tetangga (Pendistribusian sembako pada tetangga-tetangga yang membutuhkan di sekitar rumah/domisili Pengurus Salimah).

11. Taklim Pengurus untuk Soliditas Struktur, di antaranya Taklim bertajuk 'Indahnya Ukhuwah'.

12. Pemberian Santunan (Bakti Sosial, Baksos.red) pada anak yatim, yatim piatu, dan tidak mampu, serta anak berkebutuhan khusus (Baksos ke SDLB dan Panti Asuhan Aisyiyah Muara Bulian).

13. Tarhib Ramadhan ke Sungai Baung.

14. Pengiriman Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri ke organisasi wanita lainnya di Kabupaten Batang Hari.

15. Pendirian Kossuma (Koperasi Salimah, dalam memfasilitasi kegiatan simpan pinjam dengan sistem yang syar'i).

16. Pengolahan Sampah Rumah Tangga.

17. Pembuatan Buletin Salimah, salah satunya dalam rangka Peringatan Hari Ibu.

18. Latihan Kepemimpinan Muslimah.

19. Menyemarakkan PHBI (Mengadakan Kajian/Taklim dan atau kegiatan lain berupa Lomba, Pelatihan, Worshop, Seminar, Bazaar, dll untuk memperingati Hari-hari Besar Islam) baik di sekretariat Salimah Batang Hari, maupun di berbagai tempat strategis.

20. Serta berbagai bentuk kepedulian lainnya yang dipelopori oleh PD Salimah Batang Hari, seperti kepedulian/sumbangan untuk korban banjir, dan lain sebagainya yang tidak dapat dirinci satu per satu di blog ini.


So, Muslimah Batang Hari, come and join us... ^_^

No comments:

Post a Comment