Thursday, February 13, 2014

Mengenal Lebih Dekat 'Salimah Batang Hari'



Profil Pimpinan Daerah (PD) Salimah Batang Hari:


Berangkat dari keprihatinan mendalam terdapat berbagai permasalahan yang menimpa bangsa ini pada berbagai sektor kehidupan. Terlihat dari buramnya potret perempuan, maraknya kasus yang mengguncang keluarga serta lemahnya perlindungan terhadap anak-anak di Indonesia. Kemiskinan dan kebodohan menjadi muara bagi masyarakat yang terjebak pada problematika turunnya seperti kasus perdagangan perempuan dan anak, kekerasan dalam rumah tangga, tingginya angka kematian ibu dan balita, maraknya pornografi, semakin bertambah jumlah korban penyalahgunaan narkoba serta penderita HIV/AIDS, dll. Salimah hadir berupaya membawa harapan menjadi salah satu komponen bangsa yang berkontribusi mencari mencari jalan keluar bagi berbagai problematika tersebut dengan mengokohkan dan meluaskan struktur di berbagai pelosok bumi pertiwi khususnya kabupaten Batanghari, meningkatkan profesionalitas kerja pengurus dan kualitas anggotanya. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki kepedulian serta menghadirkan berbagai program kegiatan yang bermanfaat di masyarakat.

Sebagai sebuah ormas yang terus beramal menapaki fase-fase pertumbuhannya Salimah terus berkiprah melakukan berbagai upaya positif yaitu soliditas struktur, memperluas jejaring dengan para pihak yang berkaitan, mendorong pendirian koperasi syariah (KOSSUMA). Setelah melewati dua periode kepengurusan dan tiga kali pergantian Ketua Umum dalam rentang waktu beberapa tahun (berdiri sejak tahun 2006 di Kabupaten Batang Hari dan telah terdaftar di Kantor Kesbangpol Kab. Batang Hari), Alhamdulillah eksistensi PD Salimah Kab. Batanghari semakin di rasakan keberadaannya. Semua ini tidak mungkin dapat dicapai melainkan dengan kerja ikhlas, cerdas, mawas dan keras dari seluruh pengurus PD Salimah Kab. Batanghari. Semoga Alloh memberkahi dan mengizinkan PD Salimah Kab. Batanghari terus berkiprah melalui aksi-aksi nyatanya dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak di Indonesia khususnya di Kab. Batanghari.


VISI DAN MISI

1. VISI: Menjadi organisasi massa muslimah yang dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak indonesia.

2. MISI:
a. Memperkokoh soliditas struktur dan memperluas wilayah
b. Meningkatkan kualitas pengurus dan anggota agar mampu merealisasikan visi dan misi salimah
c. Meningkatkan kualitas anggota sebagai basis masa salimah
d. Mengokokohkan peran dan posisi salimah dalam peta pergerakan perempuan Indonesia
e. Meningkatkan peran serta Salimah dalam upaya pemberdayaan perempuan, pengokohan keluarga dan perlindungan anak
f. Meluaskan dan mengokohkan kemitraan dengan pemerintah dan lembaga lain dalam merealisasikan program yang terkait isu perempuan, keluarga dan anak.


PD Salimah Batang Hari dalam melaksanakan berbagai kegiatan merupakan orkemas yang berasaskan Islam. Dan dengan ditunjang oleh Struktur Kepengurusan yang tak jauh berbeda dengan struktur kepengurusan Pimpinan Wilayah Salimah Provinsi Jambi dan Pimpinan Pusat Salimah, PD Salimah Batang Hari melaksanakan berbagai Program dan Kegiatan berdasarkan AD-ART dan GBHO yang telah ditetapkan. Struktur Kepengurusan tersebut terdiri dari: Ketua, Sekretaris, Bendahara, Departemen Dakwah dan Pendidikan, Departemen Ekonomi, Sosial, dan Kesehatan Lingkungan, Departemen Humas dan Jaringan Lembaga, serta Departemen Pengembangan dan SDM.

No comments:

Post a Comment