Saturday, August 7, 2010

Puasa untuk Kesehatan...

Di awal puasa, barangkali kita akan merasa sangat berat menjalaninya. Tubuh akan menjadi lemas, mengantuk, dan malas melakukan aktivitas. Padahal, puasa juga mempunyai pengaruh besar pada metabolisme tubuh kita. Pada saat puasa, organ pencernaan dan organ lainnya berada dalam posisi rileks sehingga kesempatan untuk memperbaharui sel-sel yang rusak juga menjadi lebih baik. Selain itu, fungsinya juga lebih meningkat.

Puasa juga membuat tubuh kita melakukan detoksifikasi (proses pengeluaran zat2 beracun dari dalam tubuh) yang bersifat total. Detoksifikasi bukan hanya sebatas menyangkut kepentingan fisik, tetapi juga mencakup pembersihan dan peningkatan energi dalam jiwa dan fikiran. Beberapa penelitian bahkan mengungkap bahwa puasa dapat membantu mengendalikan stress dan juga terapi terhadap penyakit-penyakit hipertensi, kardiovaskuler, ginjal, dan juga kanker. Tak heran, jika banyak metode kedokteran menggunakan terapi puasa untuk metode penyembuhannya. Di bawah ini beberapa manfaat puasa yang sangat berguna bagi kesehatan.



RESEP MENAMBAH KONSENTRASI OTAK

Jika anda melakukan studi berat, menyiapkan pidato atau melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi, anda lebih baik berpuasa. Puasa mempertajam pikiran serta membuat anda siaga dan responsif. Anda akan lebih konsentrasi jika perut anda kosong, karena tubuh tidak perlu menarik darah dari otak untuk mencerna makanan.

Beberapa orator mengetahui dengan baik bahwa makan sebelum berbicara mengurangi ketajaman otak dan menurunkan kemampuan berbicara. Mereka berpuasa sebelum menyampaikan suatu pidato yang penting dan baru makan sesudahnya. Mereka mengetahui bahwa otak memperoleh manfaat melalui berpuasa.



MENGATASI KESULITAN PENCERNAAN

Organ-organ lain yang terbantu melalui puasa adalah organ-organ pencernaan. Perut, lever, kelenjar pankreas, dan usus sering bekerja secara berlebihan. Ketika sistem pencernaan diliburkan, maka makan di saat berbuka terasa menjadi lebih nikmat. Tak heran jika puasa sangat bagus bagi penderita sakit maag.



SARANA MEREMAJAKAN DAN MENYEGARKAN KULIT

Puasa dianggap sebagai sarana meremajakan kulit yang efektif dan sarana memperpanjang usia. Hal ini dibuktikan dari kenyataan bahwa orang-orang yang berpuasa memperoleh kulit yang lebih bagus, rona merah mawar pada pipinya dan corak kulit yang lebih muda dibandingkan dengan sebelum mereka berpuasa.

Banyak penderita penyakit kulit tertentu seperti jerawat, infeksi kulit yang berulang, oleh dokter sering disarankan untuk menyingkirkan makanan dan minuman yang mengandung gula. Betapa jauh lebih baik meminimalisasi semua makanan untuk jangka waktu secara periodik dan membiarkan pori-pori kulit memiliki kesempatan untuk membersihkan diri sendiri serta membebaskannya dari efek-efek terlalu banyak gula dan lemak.




HIKMAH BAGI PEROKOK

Bagi siapa pun yang berusaha untuk berhenti merokok atau minum minuman keras, berpuasa menjadi berkah baginya. Pasalnya, tubuh bagian dalam yang bersangkutan menjadi 'tercuci bersih'. Seorang perokok dan peminum alkohol merasa diingatkan akan gairah dan waspada atas efek-efek mematikan hingga ia tidak berkeinginan untuk kembali kepada kebiasaan-kebiasaan buruknya. Dengan demikian, selera makan yang mendekati normal dengan mengikuti irama puasa dan makanan-makanan sederhana pun dinikmati dengan kebahagiaan yang lebih besar.



MENGISTIRAHATKAN JANTUNG

Jika anda penderita penyakit jantung, maka anda akan menemukan bahwa puasa mengurangi beban jantung dan memperbaiki sirkulasi darah anda. Jika memiliki nafas pendek, puasa dapat memperbaiki pernapasan melalui eliminasi garam dan air dari tubuh. Puasa juga dapat mengurangi pembengkakan jaringan tubuh. Kondisi ini dapat memungkinkan anda untuk lebih mudah tidur dengan bantal yang tipis.



Sumber: Majalah Paras

No comments:

Post a Comment