Friday, August 6, 2010

Manajemen Rumah Tangga di Bulan Ramadhan: Tips Mengatasi Jebolnya Anggaran


Puasa koq pengeluaran justru membengkak??? Bisa jadi karena kesalahan mengelola keuangan. Cermati rencana keuangan di bulan Ramadhan!!! :))))

Tips Mengatasi Jebolnya Anggaran:

1. Kurangi jumlah menu. Sajikan menu yang lebih sedikit ketika berbuka puasa. Begitu juga saat meracik menu sahur,,usahakan jangan banyak yang mubazir. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Mungkin anda bisa menyajikan kolak pisang pada saat berbuka puasa hari ini,,,,bubur sumsum untuk besok,,,,dan es campur untuk lusa.


2. Pisahkan pengeluaran menjadi dua pos: pengeluaran rutin dan tidak rutin. Di penghujung bulan puasa atau menjelang lebaran, biasanya akan terjadi pengeluaran yang tidak rutin: pakaian baru,,,menghias rumah,,dsb. Jika tidak disiplin,,,biasanya anggaran akan lepas kontrol. Menyiasatinya,,,gunakan THR yang diperoleh untuk pengeluaran tidak rutin.


3. Usahakan untuk tetap mengedepankan empat sehat lima sempurna. Dengan demikian,,,,uang yg anda keluarkan untuk bahan pangan,,,,akan lebih bermanfaat karena mengandung semua unsur gizi yg diperlukan tubuh tiap anggota keluarga.


4. Cari tempat belanja yang harganya kompetitif. umumnya di grosir2.

5. Buatlah daftar menu berbuka puasa dan sahur selama satu bulan penuh,,begitu juga dg kebutuhan lebaran,,,agar hal2 tak berguna dapat dicoret dari daftar.


Taken From: Majalah Paras ;)

No comments:

Post a Comment