Friday, August 6, 2010

AKTIF SAAT PUASA...


InsyaALLAH tak lama lagi Ramadhan tiba. Di bulan Ramadhan,,berubahnya jadwal makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali, berdampak juga pada tubuh. Nah,,,agar aktivitas kita tidak terganggu saat puasa,,,yukz ikuti tips di bawah ini ^_^

1. Luruskan Niat
Segala sesuatu itu tergantung niat. Niatkan puasa sebagai penghambaan kita pada ALLAH. Jika kita sudah tancapan hal itu pada kalbu, segala sesuatu yang mulanya tampak berat dan susah akan menjadi ringan. Bukankah segala sesuatu itu kembali pada niat dan pikiran kita? Bagaimana kita berpikir tentang diri kita, maka itulah yang akan terjadi pada diri kita. Kalau kita mensugesti diri lemas saat puasa,,,ya kita akan jadi lemas. Namun jika kita memotivasi diri,,,bahwa kita bisa,,,,maka kita akan bisa. Jadi jangan pernah menjadikan puasa sebagai penghalang beraktivitas. Malah, kalau bisa,,segala aktivitas kita harus lebih bernilai spiritual.


2. Isi Waktu Luang dengan Ibadah
Lebih baik lebih banyak di masjid dengan mengaji, membaca buku, mendengar ceramah,,,atau dengan aktivitas lainnya yang meningkatkan kualitas ibadah & tabungan pahala.


3. Jangan Terlalu Menjalankan Aktivitas Berat
Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa tubuh manusia sebenarnya masih dapat bertahan tanpa makan selama dua minggu asalkan tetap minum atau masih bisa hidup selama seminggu tanpa minum, tapi puasa membuat tubuh memakai energi cadangan sebagai ganti pasokan makanan yang biasa dikonsumsi. Cadangan energi ini berbentuk glikogen (cadangan energi yang berasal dari karbohidrat). Apabila cadangan ini habis, maka akan digunakan cadangan lain dari lemak dan protein. Memang cadangan energi selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang berlangsung kurang lebih 12 jam masih mencukupi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi, kegiatan selama puasa hendaklah tidak berlebihan. Hal yang sangat dikhawatirkan jika melakukan kegiatan tersebut adalah menurunnya pasokan cairan tubuh alias dehidrasi. Alhasil,,,,dianjurkan agar menjalankan aktivitas yang tidak terlalu banyak menggunakan tenaga. Walaupun begitu, kita harus tetap bergiat selama puasa, asal tidak berlebihan. Kegiatan dalam masa puasa ini dapat meransang keluarnya hormon anti insulin yang berfungsi melepaskan gula darah dari 'gudangnya'. Kalau kita bermalas-malasan selagi puasa, atau terlalu banyak tidur, maka tubuh kita akan kekurangan energi. Itu semua karena kadar gula dibiarkan menurun secara drastis.


4. Atur Menu Saat Berbuka dan Sahur
Usahakan makan sahur selambat mungkit,,,,kira-kira setengah jam sebelum imsak. Energi yang dihasilkan oleh makanan yang ditelan saat sahur masih memberikan dampaknya sampai tengah hari. Sedangkan untuk menyiasati nafsu makan yang cenderung minus akibat mata masih mengantuk,,,adalah dengan menghidangkan menu makanan yang agak semarak. Setidaknya,,,,lebih menarik dibandingkan makanan yang disajikan saat berbuka. Ingat,,jangan makan berlebihan saat sahur karena akan menyebabkan melonjaknya kadar gula dalam darah serta meransang keluarnya hormon insulin secara berlebihan. Apabila kita makan berlebihan, maka glikogen & lemak yang dihasilkan juga makin banyak. Gawatnya, lemak yang berlebihan sukar diuraikan menjadi gula darah kembali. Akibatnya,,,orang bukannya bertambah segar,,,,justru malah lesu. Idealnya,,,makan sahur itu mengandung sepertiga kalori saja. Demikian juga saat buka puasa,,,,usahakan cepat berbuka begitu terdengar adzan maghrib. Karena 14 jam adalah waktu maksimum tubuh menahan lapar dan haus,,,lebih dari itu sangat berisiko. Awalilah dengan makanan yang mudah diubah menjadi energi seperti kurma, kolak, cendol,,,atau buah-buahan segar. Selain, minumlah air putih yang banyak saat diperbolehkan makan dan minum. Tak ada salahnya mengkonsumsi minuman bermineral jika merasa kurang cairan.


JIka kita cukup gizi saat berpuasa,,,,rasanya ibadah yang dijalankan pun bisa lebih lancar dan beraktivitas pun tetap semangat,,tidak lesu. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa!!! ^_^


Sumber: Majalah Paras

No comments:

Post a Comment