Friday, August 6, 2010

Kamus Sunscreen

Kamus singkat tentang istilah2 yang biasa kita temui pada kemasan tabir surya:

UVB = Sinar Ultra violet B, memiliki sinyal pendek tapi berkekuatan penuh yang dapat membakar kulit kita.


UVA = Sinar Ultra violet A, memiliki sinyal lebih panjang, namun memiliki kekuatan lebih rendah. Mungkin sinar ini tidak membakar kulit, tapi sinar ini dapat menyusup masuk ke dalam bagian kulit paling dalam dan menyebabkan kerut.


SPF = Sun Protective Factor, akan mengukur berapa lama ketahanan dari sebuah produk jika berada di bawah terpaan sinar matahari di waktu yang membahayakan. Singkatnya, semakin tinggi angka SPF, otomatis akan semakin lama durasi proteksi yang diberikan terhadap kulit kita. Simak caranya: Mengukur lamanya kulit kita terbakar tanpa menggunakan tabir surya, misalnya: 10 menit. Kalikan angka ini dengan SPF, misalnya SPF 30. Hasilnya adalah jangka waktu dalam menit di mana tabir surya dapat melindungi kulit anda (10 menit x SPF 30 = 300 menit atau 5 jam), jangan lupa untuk mengoleskan ulang 2 jam setelah pemakaian apabila kita berenang atau berkeringat.


Board Spectrum = Mendeteksi Sinar UVA dan UVB dengan formulasi board spectrum yang berarti kita terlindungi dari UVA dan UVB.



Chemical Sunscreen = produk non fisikal, sunscreen ini dapat menyerap sinar UV sehingga dapat melndungi kulit dari sengatan matahari.


Physical Sunscreen = produk berbasis mineral, yang merefleksikan sinar UV untuk menghalangi sinar berbahaya.

No comments:

Post a Comment