Thursday, October 30, 2008

Self-Esteem for Women

  • Wanita yang bercitra diri amat bersungguh-sungguh menjaga dan memperhatikan dirinya. (tahu bahwa dia layak memperoleh yang terbaik dalam hidupnya, sadar akan berbagai hasrat dirinya dan berusaha mewujudkan cita-citanya, menghormati dan sanggup menyatakan perasaannya sendiri, siap memikul tanggung jawab dalam menjalin hubungan yang memajukan dirinya serta mendukung citra dirinya yang tinggi.
  • Saya menyukai diri saya (pola pikiran positif)
  • Saya yakin bahwa saya manusia yang baik
  • Saya merasa amat menghormati diri, patut dihargai, berharga, citra diri tinggi.
  • Orang lain memperlakukan saya dengan baik dan menghormati saya karena citra diri saya.
  • Penghargaan diri yang tinggi = harapan tinggi → kinerja bagus

= Benar dugaan saya, saya memang mampu melakukannya

  • Pikiran positif dan suportif (tingkat energi tinggi) → perasaan berharga + Perilaku tegas, luwes, dan efektif → penambahan kekuatan pikiran positif (energi hidup bertambah)
  • Pemberdayaan sebagai piranti perubahan yang efektif:
    1. Saya mengenali sebuah masalah.
    2. Apa yang dapat saya lakukan untuk mengubah keadaan? Di manakah letak kekuasaan saya?
    3. Saya dapat mengasah dan memanfaatkan kekuasaan saya untuk mengambil keputusan dan bertindak efektif.
    4. Saya menghargai diri saya.
    5. Saya tinggi dalam citra diri.
  • Batas-batas kekuasaan pribadi:
    1. Citra diri tinggi
    2. Energi tinggi
    3. Terpusat
    4. Penuh imajinasi
    5. Bertujuan
    6. Waspada
    7. Kesadaran diri tinggi
    8. Terfokus pada masa kini
    9. Punya kejelasan
    10. Mencari penyelesaian dalam diri
    11. Merasa penuh daya
    12. Tanggung jawab diri
  • Menjadikan energi kita seimbang (energi feminin dan maskulin)
    1. Sisi Batin Feminin (emosional, intuitif, visioner, naluriah, memelihara, sensitif, menyerap, spiritual, reseptif, reflektif, ke-dalam-diri)
    2. Sisi Batin Maskulin (rasional, aktif, tegas, logis, berpikir, mengambil resiko, fisik, konseptual, mewujudkan, bebas, orientasi-hasil, merencanakan.

Energi batin feminin + energi batin maskulin = tindakan kreatif

  • Lima langkah menuju perubahan:
    1. Menilai dan menggambarkan situasi
    2. Memutuskan hal yang ingin anda ubah
    3. Secara spesifik, jabarkan hasil yang anda inginkan
    4. Mengenali pembentukan pola negatif yang terlibat
    5. Ubah pola-pola negatif dalam diri
  • Teknik perubahan: kalimat peneguh, teknik visualisasi kreatif, teknik memaafkan, teknik menyeimbangkan energi diri, teknik apresiasi diri.
  • Mewujudkan realitas baru dengan membayangkan kalimat2 afirmasi berikut insya4W1 menjadi kenyataan:
    1. Saya wanita yang kuat dan penuh daya.
    2. Saya cerdas dan banyak akal.
    3. Saya percaya intuisi saya.
    4. Saya bahagia jadi wanita.
    5. Saya bersikap tegas, jelas, dan luwes.
    6. Tubuh saya indah.
    7. Saya melakukan yang terbaik.
    8. Hubungan yang saya jalin mendukung saya.
    9. Saya sanggup mandiri.
    10. Saya menciptakan realitas sendiri.
    11. Saya bisa memperoleh hal yang saya inginkan.
    12. Saya bersikap tegas.
    13. Saya pandai mengungkapkan perasaan saya.
    14. Saya bisa mengandalkan kemampuan diri.

Tipe Energi

Tipe Pengalaman

Spiritual

Kontak dengan daya hidup (kesadaran batin)

Mental

Pemahaman

Emosi

Perasaan

Fisik

Tindakan

  • Cinta tak bersyarat artinya mempertahankan hati anda agar selalu terbuka. Untuk itu anda mungkin perlu berhenti berharap dari orang lain, berhenti berharap agar orang lain berubah. Ini berarti tidak lagi mengharapkan orang lain memberi anda sesuatu, bertindak berdasarkan keinginan anda, ataupun membalas cinta anda. (Sanaya Roman, Personal Power Through Awareness)
  • Ciri keluarga bermasalah:
    1. Kebutuhan tidak dikenali atau dipenuhi.
    2. Perasaan tidak diungkapkan.
    3. Perilaku meremehkan atau mencela.
    4. Citra diri rendah yang amat terasa.
  • Perilaku dan perasaan dalam keluarga terpelihara:
    1. Menikmati hidup
    2. Komunikasi baik dan terbuka
    3. Kesalahan diperbolehkan
    4. Disiplin yang wajar dan konsisten
    5. Sikap positif
    6. Citra diri tinggi
    7. Rasa percaya dan keterbukaan
    8. Kebebasan mengungkapkan perasaan
    9. Suasana yang sehat
    10. Rasa hormat diri
    11. Anak-anak diajari untuk saling menghormati
    12. Saling mendukung dan menerima
    13. Hubungan baik dan mendukung antara ayah dan ibu
    14. Fleksibilitas dan perubahan diperbolehkan
  • Anak-anak lebih menyukai sifat-sifat manusiawi (dari ibunya) daripada sifat malaikat atau kesempurnaan. (Virginia Satir, Peoplemaking)
  • Asertif: saya bercitra diri tinggi, saya tahu kehendak saya dan saya menghormati kehendak saya, insya4W1 saya dapat mewujudkan kehendak saya, saya sanggup berkata ’tidak’, saya punya keterampilan komunikasi yang baik, saya tidak takut mengambil peluang, saya bertanggung jawab atas tindakan saya, saya mengungkapkan perasaan saya yang sesungguhnya.
  • Ada orang yang:
    1. tidak tahu dan tidak tahu bahwa dia tidak tahu
    2. Tidak tahu dan tahu bahwa dia tidak tahu
    3. tahu bahwa dia tidak tahu dan berusaha mencari tahu
    4. mencari tahu dan berubah

penulis: Linda Field

2 comments:

  1. bunga subhanallah...
    semoga kita menjadi pribadi wanita yang sholehah dan bersemangat!!!
    semangat untuk perubahan ke arah yang lebih baik...
    ditunggu lagi yang lainnya..

    dee's
    ^.^

    ReplyDelete
  2. bwt saudariku dee :)

    jazakillah doanya...

    yupssss,,,kita hrs tetep semangat,,, meski badai kerap menerpa...

    muslimah fight!!! ^^

    ReplyDelete