Monday, September 12, 2011

Beberapa Tindakan yang Signifikan untuk Membangun Karier

MENJADIKAN ATASAN ADALAH KLIEN.

Agar kita berhasil, tentunya harus mengerti apa yang diharapkan oleh atasan untuk kita lakukan, kemudian mengerjakannya dengan kesungguhan hati dan berusaha memberikan lebih dari yang diharapkan 'give more'. Sehingga di mata atasan, kita mampu menghasilkan kinerja yang sangat baik dan berkualitas istimewa, dan ia tahu kita memiliki potensi yang tinggi. Bila atasan telah mempercayai kita maka akan lebih mudah untuk memberikan tanggung jawab yang lebih besar.


MEMBANGUN JARINGAN

Dalam membangun karier jangka panjang, kita harus membangun karier jangka panjang, kita harus membangun jejaring hubungan dengan orang-orang yang berada di divisi dan bidang fungsional lain, berpartisipasi dalam kelompok kerja dimana anggotanya berasal dari semua unit bisnis. Aktif mengikuti pelatihan eksekutif dimana bisa bertemu dengan pihak lain yang belum kita kenal. Selain juga harus memperkenalkan diri dengan cara ambil bagian dalam kegiatan organisasi perusahaan, berbagi keahlian seperti memberi pelatihan, dan lainnya.


BERANI TAMPIL

Ada sebuah kata bijak mengatakan "Dig Your hole well before you're thirsty", ini menyiratkan bahwa keberhasilan bukanlah sesuatu yang instan atau terjadi seketika, melainkan diperlukan keberanian untuk menjual, mengkomunikasikan dan menyampaikan ide, pemikiran, inovasi, pengalaman, pengetahuan,keterampilan, kompetensi, minat, sasaran, maupun visi. Aspek-aspek ini akan semakin tinggi nilai jualnya bila telah diimplementasikan dan dipraktekkan secara intensif dalam tugas dan pekerjaan sehari-hari. Keberanian menjadi agen perubahan untuk kemajuan perusahaan.


MEMBANGUN PENGALAMAN KERJA YANG BERAGAM

Seseorang yang memiliki keluasan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman, akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menempati posisi yang lebih tinggi, karena akan mampu memadukan segala potensi yang dipunyai untuk mencapai keberhasilan.


MEMAHAMI PEKERJAAN

Dalam usaha mengembangkan karier, penting untuk memahami tahap-tahap utama pada hirarki manajerial dalam bisnis secara keseluruhan dan pekerjaan yang ada pada masing-masing tahap di tiap strata dan unit fungsional/struktural. Frekuensi perpindahan. Memang belum ada batasan kurun waktu yang ideal untuk beralih ke posisi tertentu, namun kisaran waktu 3-5 tahun merupakan waktu yang ideal untuk mulai berpindah. Karena pada kurun waktu ini akan banyak pengalaman yang diperoleh dan juga banyak nilai tambah yang signifikan bisa kita berikan pada posisi saat ini, sehingga bisa menjadi modal menghadapi tantangan yang lebih besar.


KESEIMBANGAN ANTARA PEKERJAAN DAN KEHIDUPAN

Butir terakhir ini berkaitan dengan fakta bahwa pengembangan karier adalah seperti pertandingan lari marathon, bukan lari cepat. Sebagai manusia, kita harus menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga, lebih luas lagi hubungan sosial kemasyarakatan. Keseimbangan berprestasi istimewa di dunia kerja dan peran aktif di masyarakat inilah yang akan menjadi tujuan akhir, berguna bagi perusahaan/instansi, bagi keluarga, dan masyarakat.



Sumber: Majalah GEMAKAEF

No comments:

Post a Comment