Monday, October 3, 2011

Beberapa Poin Penting dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

1. Beban Belajar

2. Kalender Pendidikan

3. Standar Kompetensi Lulusan

4. Pengembangan Komponen KTSP

5. Pengembangan Silabus Berbasis KTSP

6. Kinerja Guru dalam Pengembangan RPP

Contoh pernyataan pada kuesioner

1. Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai organisasi Guru d sekolah saya aktif mengadakan pertemuan setiap bulannya (setidaknya 2 kali pertemuan/bulan)

2. Saya memahami Self Determination Theory: "Jika seseorang memiliki kekuasaan dalam pengambilan suatu keputusan, maka akan memiliki tanggung jawab yang besar untuk melaksanakan keputusan tersebut.

3. Saya memahami secara menyeluruh hal-hal yang harus dilakukan dalam pembelajaran sehubungan dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dimiliki oleh sekolah saya.

4. Kalender pendidikan di sekolah saya telah disusun dengan baik berdasarkan alokasi waktu pada dokumen standar isi dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah.

5. Kualifikasi kemampuan lulusan di sekolah saya tergolong tinggi.


Contoh Pernyataan Kuesioner mengenai Karakter Guru:

1. Saya mengurangi metoda ceramah di kelas.

2. Saya memberikan tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik.

3. Saya mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya, serta disesuaikan dengan mata pelajaran.

4. Saya memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran.

5. Saya menghubungi psikolog, spesialis, atau orang-orang terdekat yang berpengalaman di bidang pendidikan, bila ada peserta didik yang mempunyai kelainan.

6. saya memahami bahwa peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama.

No comments:

Post a Comment