Tuesday, September 6, 2011

Madu Lebah Hutan Liar

Madu Asli Hutan Liar

Untuk memperoleh madu lebah hutan liar, kini tak sulit lagi. Pasalnya pasangan suami-istri Budiarto dan Candra Lela telah membuka usaha Rumah Madu Hutan Jambi.

Budiarto mengatakan madu telah digelutinya selama enam tahun ini. Bermula dari melihat tingginya permintaan masyarakat akan madu asli yang berasal dari lebah yang berada di hutan2 liar bukan madu dari peternakan.

"Dilihat dari asal-usulnya, terdapat dua kategori madu, yakni madu hutan liar dan madu ternak. Madu hutan liar, adalah cairan madu yang diperoleh pemburu madu di hutan belantara secara langsung pada gerombolan lebah liar," ungkap Budi pada koran ini kemarin.

Menurut Budi, madu hutan liar itu terbebas dari pengaruh pupuk, pestisida, dan polusi, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Madu liar ini banyak mengandung multi-mineral dan multivitamin yang berfaedah untuk menjaga kesehatan maupun terapi paling mendasar untuk berbagai jenis penyakit.

Madu ternakan, merupakan cairan madu yang dihasilkan atau diperoleh melalui lebah yang dibudidayakan atau diternakkan oleh manusia. Pembudidayaan bisa berlangsung di areal pertanian maupun taman yang sedang berbunga," jelasnya. Walaupun sama2 berasal dari lebah, seorang pencinta madu akan segera mengenali jenis madu dari segi rasa, aroma, bentuk, dan warnanya.

Madu hutan juga mempunyai beberapa ciri yang berbeda serta lebih kental.

Dari segi aroma, madu hutan mempunyai aroma yang sangat menyengat atau lebih kuat dibandingkan madu ternak. Aroma yang menyengat itu menandakan asal bunga yang diisap oleh lebah.


sumber: Posmetro Jambi


No comments:

Post a Comment