Monday, September 12, 2011

5 Cara Cerdas Menulis Resume

Sejumlah pewawancara menyatakan ada kesalahan yg tertera dalam penulisan surat keterangan riwayat hidup atau resume. Itu sebabnya mereka memberikan langkah yang cerdas agar resume bisa membantu kita saat interview.

1. Tinggalkan yang tak perlu. Dalam penulisan surat riwayat hidup, yang perlu kita tulis adalah: nama lengkap, TTL, kontak lengkap yaitu alamat plus kodepos, telepon, hp, email, pendidikan, serta pengalaman kerja.

2. Gaji yang Diharapkan. Bagi pelamar, akan kurang nyaman menuliskan gaji yang diminta. Kuatir terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kecuali kalau diminta, kita harus pandai2 mencari info tentang hal itu dan menuliskan dengan tambahan kata 'sekitar'. Namun hal ini sebaiknya ditulis di surat lamaran, bukan di resume.

3. Hindari berdusta. Meskipun kebohongan itu untuk menutupi kesalahan, ini akan fatal akibatnya.

4. Hindari info rahasia. Di kantor yang dulu, kita mendapat tugas yang sangat rahasia. Jangan cantumkan meski dengan harapan untuk menaikkan pamor kita. Hal itu malah bisa menurunkan citra kita, dianggap karyawan yang tidak bisa menyimpan rahasia.

5. Jangan terlalu banyak pernyataan yang menjual. Terlalu berlebihan promosi diri, misalnya dengan menuliskan sederet tanggung jawab pekerjaan di kantor yang dulu, akan menyulitkan kita sendiri.


Taken From: Majalah Kartika

No comments:

Post a Comment