Wednesday, January 19, 2011

Seputar Bayi...


Semua bayi berbeda dan memiliki tingkat pertumbuhan yg berbeda pula, tetapi mereka semua perlu diberi makan, dijaga agar selalu hangat dan bersih, diajak berkomunikasi, dan dilindungi dari bahaya.

PROSES PERTUMBUHAN BAYI

Bayi yang baru lahir sudah dapat menyusu, baik dari ibunya maupun dari botol. Mula2 bayi hanya dapat melihat benda-benda yang terletak sekitar 20 cm di depannya. Bayi dapat bereaksi dengan keterkejutannya bila tiba2 mendengar suara yang keras dan ia menangis untuk menyatakan bahwa ia lapar atau merasa tidak nyaman.

Bayi dapat tumbuh dan belajar dg sangat cepat. Ketika mereka mencapai usia 1 tahun, berat mereka sudah mencapai 3 kali berat sewaktu lahir. Selama 2 tahun bayi semakin pandai dalam mengatur gerak-gerik mereka. Mereka belajar berjalan, memanjat, mengatur gerak tangannya, makan sendiri, dan memegang pensil untuk membuat coret-coretan.

Dengan melihat, mendengar, dan menyentuh benda-benda di sekelilingnya, bayi belajar untuk mengenal dunia. Mereka belajar mendengar dan mengerti serta untuk membuat rangkaian dua atau tiga kata untuk memperjelas maksud mereka. Mereka belajar mengenali orang yang disayanginya dan bergantung kepada orang itu.

Pada bayi yang baru lahir, terdapat suatu tempat yang lunak yang disebut ubun-ubun. Bagi bayi, ubun2 merupakan tempat tulang tengkorak bayi bertemu dan belum merapat. Ia tidur selama kurang lebih 14-18 jam sehari dan terbangun setiap 3-4 jam untuk diberi makan.

Pada usia 4 bulan, ia suka digendong shg dpt lebih jelas melihat keadaan sekelilingnya. Ia dapat menggenggam mainan yang diletakkan di atas telapak tangannya dan dapat pula menggapai untuk mengambil sesuatu. Ia sudah dapat tersenyum bila melihat seseorang yang ia kenal.

Pada usia 9 bulan, bayi dapat duduk dg aman. Tangan2nya sudah dapat mengambil ataupun memegang sesuatu dengan lancar. Ia dapat memindahkan mainan di genggamannya dari tangan kiri ke tangan kanan dan cenderung untuk memasukkan semua benda ke dalam mulutnya. Permainan yang paling disenanginya adalah menjatuhkan dan melempar barang2 kemudian tertawa keras2.

Ketika mencapai usia sekitar 1 tahun, bayi dapat berpindah-pindah tempat dengan merangkak atau menggeser posisi duduknya. Ia dapat menoleh jika mendengar seseorang memanggil namanya dan dapat melakukan perintah yang sederhana seperti melambai. Ia akan mengucapkan kata2 pertamanya pada saat2 ini.

Ia dapat bangun dan berdiri dengan berpegangan pada sesuatu dan dapat melangkah apabila dipancing dengan mainan kesukaannya.

Beberapa bulan kemudian ia mulai belajar berjalan, dengan posisi kaki yang terbuka dan tangan yang terjulur ke samping untuk menjaga keseimbangannya. Ia sudah bisa memanjat tangga, kursi, dan meja. Oleh karena itu, pada usia seperti ini bayi harus dijaga agar tidak melakukan hal2 yg membahayakan dirinya.

Pada usia 18 bulan, ia sudah dapat mengucapkan sekitar 20 kata utk benda2 tertentu yang sudah ia kenal betul dan dapat mengerti lebih banyak lagi. Ia dapat makan sendiri dengan menggunakan sendok dan minum dari gelas tanpa banyak menumpahkan isinya. Ia akan bermain dengan gembira walaupun sedang sendiri, tetapi ia lebih suka bila berdekatan dengan seseorang yang ia kenal.

Berat rata2 bayi ketika baru lahir adalah 3 kg. Panjang rata2 bayi ketika baru lahir adalah 50 cm. Seorang bayi perempuan mencapai setengah tingginya ketika ia berusia 18 bulan. Seorang bayi laki2 mencapai setengah tinggi maksimumnya pada usia 2 tahun.

Gigi bayi yang pertama keluar pada saat ia berusia 6 bulan. Kedua puluh gigi pertama (gigi susu) akan tumbuh pada usia 3 tahun.

senyum pertama seorang bayi biasanya terjadi bila ia sudah mencapai usia 6 minggu.

Setiap hari 320000 bayi lahir di dunia ini.



Sumber: Oxford Ensiklopedi Pelajar

No comments:

Post a Comment