Friday, January 7, 2011

Bangsa Etruska (Etrusci)



Bangsa Etruska hidup di Italia Tengah sebelum zaman Romawi. Kita belum tahu pasti dari mana sebenarnya asal bangsa Etruska. Ada yg mengatakan bahwa mereka bermigrasi dari Asia Kecil (sekarang Turki), ada yg berpendapat, bahwa cara hidup bangsa Etruska secara bertahap berkembang di Italia sendiri. Walaupun kita memiliki banyak arkeologi dari bangsa Etruska, bahasa mereka tetap belum dapat dipahami secara penuh. Pada abad VII SM, bangsa Etruska membentuk 12 negara bagian. Tiap negara bagian memiliki sebuah ibukota dan pemerintahan sendiri. Mereka secara bertahap menaklukkan seluruh Italia.

Bangsa Etruska adalah petani yang baik dan juga ahli dalam membuat alat2 & pedagang yg terampil. Mereka memiliki arsitek dan menata kota dengan cermat, membangun jalan yg baik, saluran air, dan selokan. Sebagian dari kota2 bangsa Etruska, seperti Tarquinia & Veii, masih dapat dilihat sekarang ini. Mereka mendirikan kota Roma dan memerintah rakyat selama bertahun-tahun.

Pada akhirnya rakyat Romawi menggulingkan raja2 Etruska. Walaupun bangsa Romawi sangat memusuhi bangsa Etruska, banyak benda2 Romawi sebenarnya tiruan dari benda2 bangsa Etruska.

Bangsa Etruska disebut Etrusci oleh bangsa Italia. Tetapi mereka menyebut diri mereka dengan nama Rasenna atau Rasna menurut prasasti2 yg ditemukan.

Para arkeolog telah menemukan sekitar 10.000 contoh tulisan Etruska. Tulisan terpanjang terdiri atas 1300 kata yg ditulis pada kain yg dibelitkan pada sebuah mumi. Peninggalan ini disimpan di museum di Zagreb, Kroasia.

Sumber: Oxford Ensiklopedi Pelajar...

No comments:

Post a Comment