Saturday, January 11, 2014

Autobiografi Sederhana Bunga Mardhotillah (Part 4)

BEDA ORGANISASI BEDA INTUISI




Jika kita tilik definisi intuisi sebagai salah satu istilah psikologi, kita dapat menemukan dalam wikipedia, Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.

Demikian pula Bunga mempertimbangkan untuk mengikuti berbagai organisasi, rata-rata semuanya berdasarkan intuisi. Jika tidak melaui intuisi, maka mustahil Bunga akan mengikuti banyak organisasi. Pastinya hanya akan memilih secara rasional maksimal dua organisasi saja. Namun alhamdulillah Bunga tak pernah menyesali intuisi tersebut. Karena dalam setiap organisasi yang diikuti, berbeda pula pembelajaran yang diperoleh. Menuntun pencarian Bunga tentang makna keberartian hidup yang sesungguhnya.

Bahwa hidup itu harus berbagi, bahwa hidup itu harus solider: Teman-teman kita mengemban amanah untuk menjadi penyelenggara suatu event besar dalam organisasi, apakah kita tega hanya menonton mereka bekerja tanpa membantu? Kita bisa belajar dengan tenang, sementara mereka berjuang menghadapi waktu, demi pengalaman yang menunjang masa depan. Terus terang Bunga gak bisa seperti itu, karena itulah Bunga selalu berusaha mengambil peran dalam hampir setiap kegiatan yang bisa Bunga bantu. Sehingga inilah beberapa bagian dari pembelajaran hidup yang Bunga peroleh dari mengikuti banyak organisasi:


FUSI STATISTIKA UNPAD
FUSI Statistika Unpad berusaha peduli terhadap kondisi ruhiyah mahasiswa Statistika Unpad semua angkatan. Dengan melaksanakan kegiatan taklim rutin, outbond, rihlah (yang paling berkesan adalah 'naek gunung Geulis'), Training teerkait keorganisasian, dsb. Namun pernah ada konflik yang seru di tubuh FUSI Statistika, yaitu ketika Suksesi Pemilihan Ketua Baru dan Pembentukan Pengurus Baru 2004-2005, ada perbedaan pendapat antara Angkatan 2001 dan 2002 dalam memilih figur yang tepat sebagai ketua FUSI (waktu itu amanah Ketua dan pengurus inti harus diemban oleh Angkatan 2002). Angkatan 2003 malah jadi bingung karena perbedaan pendapat tersebut. Musyawarah tidak mencapai titik temu, sehingga diadakan voting. Alhasil, pilihan angkatan 2001 yang akhirnya menjadi ketua. Setelah disahkan sebagai Ketua FUSI masa itu, sangat disayangkan Angkatan 2002 cenderung menarik diri dari semua kegiatan, padahal seharusnya menerima hasil voting. Akhirnya Angkatan 2003 lah yang berjuang untuk menghidupkan FUSI bersama Ketua Baru.


KEPUTRIAN FUSI STATISTIKA UNPAD
Keputrian FUSI terkenal dengan Majalah Dinding (Madingnya) yang cantik, serta tausiyah Berjalan (dalam bentuk pembatas buku warna-warni) yang bermanfaat. Sekali sebulan diadakan taklim. Tiap Jumat ada ajang curhat, demo masak, nasyidan bareng, dll. Oiya, bunga sempat juga menjadi Kadiv Kreasi Seni di Keputrian FUSI.





DKM NURUL ILMI FMIPA UNPAD
The First Touch Organization bagi Bunga adalah DKM Nurul Ilmi, karena masih mahasiswa baru aja Bunga udah dilibatkan langsung sebagai salah satu anggota Tim Bazaar Buku tahun 2003, dan disuruh bantu-bantu/aktif sbg staf atawa rubriker di Divisi Jurnalistik DKM (2004-2005) yang rutin menerbitkan Buletin dan Booklet Cahaya Ilmu dwi bulanan. Waktu itu kordiv nya K' Ilsan Famena Akal (Stat'01), sekaligus memasarkan/mendistribusikannya ke se-antero fakultas. Lalu tahun berikutnya (2005-2006) diminta menjadi Kordiv Dana Usaha, dilanjutin di periode berikutnya, 2006-2007 (masih sebagai kordiv Dana Usaha). Boleh dibilang, untuk loyalitas tertinggi Bunga terhadap Organisasi, jika diukur dan dibandingkan semua organisasi yang Bunga ikuti, Tingkat Loyalitas terhadap DKM Nurul ilmi inilah yang paling tinggi. Sewaktu memutuskan untuk bersedia aktif di DKM Nurul Ilmi ini, intuisi Bunga mengatakan bahwa di DKM inilah nantinya Bunga menemukan ukhuwah dan motivasi untuk fastabiqul khoirot. Ternyata benar... :) Kegiatan paling berkesan adalah EUROPE ;) dan rihlah ke gunung Manglayang...

BEM KEMA FMIPA UNPAD
Di BEM Fakultas, Bunga pernah menjadi Staf Biro Rohani BEM Kema FMIPA Unpad (2005-2006) dan Staf Biro Entrepreneur BEM Kema FMIPA (2006-2007).




HIMASTA UNPAD
Di Himpunan Jurusan ini, Bunga aktif sebagai Staf Biro Rohani Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta). Dulu temen-temen Stat Unpad kalo ada taklim Himpunan, suka nge-request kang Ikus (Indra Kusumah Fapsi Angkatan 2001) sebagai narasumbernya.




REDAKSI KORAN MIPA UNPAD 'LOGIS'
Jadi reporter Logis itu mengasyikkan, dan Bunga sering mendapat tugas mengisi rubrik Resensi Buku. Ada yang unik dari Koran MIPA Logis ini, di halaman pembuka, ada rubrik Prologis. Kata Prologis ini multitafsir juga, Bisa bermakna kata-kata Prolog, bisa juga bermakna pro terhadap Koran Logisnya.


PERMABILITAS BANDUNG
Sejarah Permabilitas udah pernah Bunga buat sebelumnya. Sebetulnya Bunga berharap Permabilitas yang alhamdulillah hingga saat ini masih berjalan, dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar jalan-jalan ke berbagai tempat di Jawa Barat. Namun juga lebih mengacu pada pencerdasan dan pengikat silaturrahim antar mahasiswa Jambi yang ada di Jawa Barat. Semoga Permabilitas dapat melebarkan sayap/menembus Univ2 lain. Kalo tahun-tahun sebelumnya Permabiitas didominasi oleh mahasiswa ITB, Unpad, UPI, Unikom, UIN, ITENAS, STT dan IM Telkom dan STBA. Ke depannya semoga dapat merecruit lebih banyak mahasiswa Jambi yang kuliah di IPDN, Unisba, Unpar, Poltekpos, Polman, Polban, Unjani, de el el.






AJMY (ASSOCIATION OF JAMBI MOSLEM YOUTH)
AJMY berpusat di Jambi, dan menggerakkan mahasiswa-mahasiswa Jambi yang kuliah di luar Jambi untuk membentuk AJMY di daerah masing-masing. Ada AJMY Padang, AJMY Jogja, AJMY Palembang, dan AJMY Bandung. Tapi versi kami yang di Bandung dan sekitarnya, AJMY Bandung = Permabilitas Bandung. Namun ketika AJMY Center (Jambi) mengadakan pertemuan tahunan (biasanya Lebaran), Permabilitas bertransformasi menjadi AJMY Bandung, hehehe :D


PERMASISEL JAWA BARAT
Kalo tadi AJMY merupakan organisasi kedaerahan khusus Jambi, Permasisel merupakan organisasi kepemudaan dan kedaerahan khusus untuk muslim/muslimah wilayah sumbagsel. Karena itulah Permabilitas beberapa kali ikut berpartisipasi dalam event-event yang diadakan Permasisel, seperti pertandingan Futsal antar daerah, dll.







(To Be Continued)






No comments:

Post a Comment