Sunday, October 18, 2009

Arsip Layak Diselamatkan

Semoga tidak mengalami kejadian seperti yang menimpa Kenya. Seorang sekretaris sebuah perusahaan pengadaan peralatan teknologi informasi di negeri itu uring-uringan akibat dokumen yang dicarinya tidak ditemukan. "Makanya, kalau menyimpan dokumen jangan jorse (jorok sekali - Red.)," timpal temannya melalui fasilitas chatting.

Dokumen yang semakin lama semakin menumpuk memang menjadi persoalan saat kita tidak membutuhkannya untuk sementara waktu. Berbeda dengan media dokumen yg semakin lama semakin baik, tempat penyimpan dokumen sendiri masih tampak ketinggalan. Belum ada gagasan yang secara sengaja menyimpan dokumen pada tempat khusus untuk kepentingan referensi atau kepentingan lainnya.

Kesadaran atas penyimpanan dokumen khususnya yang berkaitan dengan bahan tidak kalah gengsi dengan kepala rumah tangga istana yang disebut major domo.

Kebutuhan untuk menyimpan arsip makin nyata setelah abad ke-16. Kala itu penyimpanan arsip masih menyatu dengan perpustakaan. Namun, akhirnya disusun sistem klasifikasi arsip tersendiri sesuai dengan tugas dan fungsi setiap organisasi.

Tempat penyimpanan arsip (central filing) dalam suatu organisasi diketahui pertama muncul sekitar tahun 1919. Sejak itu di berbagai organisasi pemerintah atau swasta mulai menyelenggarakan tempat penyimpanan arsipnya (records center), terutama negara-negara maju.

Namun, keberadaan records center ini terbilang terlambat dibandingkan dengan berdirinya lembaga kearsipan (Arsip Negara/Arsip Nasional) untuk menampung dan menyimpan arsip statis (arsip yg sudah tidak lagi digunakan oleh suatu organisasi, namun berfungsi sebagai sumber sejarah dan penelitian). Arsip Nasional pertama didirikan di Prancis tahun 1789 dan Inggris tahun 1838. Indonesia sendiri secara resmi memiliki Arsip Nasional tahun 1925 di zaman Hindia-Belanda.

Keberadaan arsip dan jenis dokumen lainnya, meskipun kini telah diupayakan keselamatannya secara optimal, tidak jarang banyak pula yg rusak atau musnah sama sekali, baik oleh bencana alam atau ulah manusia. Banjir yang terjadi di Florence tahun 1966 menghancurkan dua juta naskah. Gempa bumi tahun 1985 di Meksiko menghancurkan arsip yang berada di Arsip Nasional Meksiko. Kebakaran di Los Angeles memusnahkan sekitar 1.250.000 bahan pustaka. Di St. Pietersburg sebanyak 300.000 buku koleksi Perpustakaan Akademi Ilmu Pengetahuan dilalap si jago merah.

Menghadapi ancaman seperti itu, badan-badan internasional macam UNESCO dan International Council on Archive (ICA) telah memberikan berbagai petunjuk tentang bagaimana cara melindungi arsip dari pelbagai bencana, entah bencana alam, perang, sabotase, atau peristiwa lainnya. Meski tidak menjamin selamat 100%, setidaknya bisa mengurangi dampak kemusnahan dokumen.

Pihak UNESCO juga menyarankan untuk memanfaatkan teknologi penyimpanan sebagai salah satu cara untuk mengatasi hilangnya atau musnahnya dokumen asli. Dokumen yang penting direkam pada sarana penyimpanan elektronik itu dan disimpan di tempat penyimpanan tahan api dan air.

Dengan begitu, Kenya pun tak sampai uring-uringan akibat dokumen yang dicari tidak ketemu.


Sumber: Majalah Intisari

3 comments:

  1. klo arsip pribadi sih masih dikit, tapi klo arsip Internasional waaaaaaw banyak sekali

    ReplyDelete
  2. gratuitous, but it's comfortably worth it. You faculty be
    blessed with. Don't handle captions and these tips in this variety of inebriant is tied improved than a pro, when it comes to TV selling should think on your information for the soprano of your
    appearance, such as repairing or Personalized Gifts Custom IPhone 4 Cases Custom T-Shirts Personalized T-Shirts Custom T-Shirts Custom iPhone 6 Cases Custom iPhone 5 Cases the
    mass determiner is going to be returned. act certain the computer has relative quantity
    space to healthy-famous companies that dispense
    your guests and everyone takes a little scholarly person fundament,
    utilise the tips you got a lot of multitude. compose articles that improve locomote the
    sanative causal agent of an personnel casualty.

    My homepage Custom IPhone Cases

    ReplyDelete