Sunday, December 5, 2010

Pentingnya Gunung

Peran gunung sangat penting di alam ini karena ikut menentukan iklim dan aliran air di sekitarnya. Gunung juga sangat penting bagi berbagai jenis tumbuhan dan binatang tertentu, selain itu juga sebagai sumber mineral. Pegunungan mempengaruhi aktivitas manusia, menentukan pola transportasi, komunikasi, dan pemukiman.


MINERAL
Kebanyakan sumber mineral berasal dari daerah pegunungan. Gunung terbentuk dari proses geologi seperti letusan gunung dan gempa bumi. Proses ini bisa membawa mineral yang berharga ke atas mendekati permukaan tanah sehingga dapat dilakukan penambangan.


IKLIM
Pegunungan sangat mempengaruhi aliran udara dan curah hujan. Suhu udara menjadi turun dengan semakin bertambahnya ketinggian. Ketika udara hangat bertiup ke atas menjadi dingin dan menguap menjadi embun, dan titik air turun mengikuti arah angin menjadi hujan.


ALIRAN AIR
Gunung sangat berpengaruh bagi terpenuhinya kebutuhan air untuk daerah yang sangat luas. Hal ini dikarenakan banyaknya curah hujan yang turun di lereng-lereng gunung. Kebanyakan hulu sungai berasal dari gunung. Aliran sungai dari gunung yang curam dan deras dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air.



AKTIVITAS MANUSIA
Di berbagai belahan bumi gunung dapat menjadi penghambat bagi terjalinnya hubungan transportasi, pemukiman, dan komunikasi. Dengan terisolasinya masyarakat oleh gunung menciptakan beraneka ragam kebudayaan. Masyarakat pegunungan tengger hingga kini tetap mewarisi berbagai tradisi sejak jaman Majapahit. Gunung juga dapat menjadi tempat tujuan wisata yang penuh tantangan. Berbagai kegiatan seperti berkemah, mendaki gunung, panjat tebing, pengamatan satwa dan penelitian.



TANAMAN DAN BINATANG
Gunung memiliki keaneka ragaman untuk berbagai ketinggian berbeda, yang menjadi tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan binatang tertentu. Beberapa jenis makhluk hidup hanya dapat bertahan di udara yang dingin di puncak gunung.

GUNUNG KERINCI 3805 m dpl
Terletak di antara 2 provinsi (Jambi dan Sumatera Barat). Berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Ada 5 tipe vegetasi: vegetasi dataran rendah, hutan pegunungan, montana, belukar gleichenia/paku-pakuan, dan vegetasi subalpine. Kekhasan gunung Kerinci: Hutan pinus, kambing hutan, bunga bangkai raksasa. Terdapat 36 jenis mamalia (24 jenis dilindungi), 140 jenis burung (26 jenis dilindungi dan 26 lainnya langka). Objek wisata di sekitar gunung Kerinci: Danau Gunung Tujuh dengan pemandangan alamnya yang indah.


Sumber: Buku 'Panduan Mendaki Gunung dalam Infografis'

No comments:

Post a Comment