Sunday, December 5, 2010

Karakter adalah Kualitas kita

Character is our qualities. Karakter merupakan kualitas yang membedakan seseorang dengan orang lain. Banyak tokoh menjadi mengagumkan karena memiliki karakter yang kuat. Dalam buku 'Character Strength and Virtue'. Peterson dan Seligman membagi karakter kuat menjadi 24 dalam 6 kategori. Berikut 11 karakter yang mudah-mudahan bisa bikin kita sukses.


SPIRITUALITY (religiousness, faith, purpose)
Spiritualitas seseorang nggak selalu ditentukan oleh sikap keagamaannya. Spiritualitas di sini adalah having coherent beliefs about the higher purpose, the meaning of life, and the meaning of universe. Spirituality menjadikan pribadi yang 'deep' dalam memandang hidup. Tahu bahwa kita harus berbagi rezeki, nggak menilai orang dari fisiknya saja, yakin bahwa kebaikan harus diutamakan, dan merasakan adanya kekuatan Maha Besar (Tuhan).


GRATITUDE
seringnya kita nggak nyadar sama hal-hal kecil yang sebenernya hrs disyukuri. Focusing on the good thing mengundang energi positif dalam diri & membuat kita lebih happi and lively. ^_^


VITALITY (Zest, enthusiasm, vigor, energy)
Ayo, hadapi setiap pagi hari dengan penuh semangat. Make yourself feel alive and activated everyday! Hidup teratur dan sehat juga salah satu kuncinya. Kurangi tidur larut malam atau berlama-lama di depan komputer. Kalau kondisi fit, kita bakalan lebih fresh dan semnagat ngejalanin aktivitas.



CREATIVITY (Originality, ingenuity)
Orang yang kreatif berpikir secara konseptual. Selalu pengen nyiptain sesuatu yang baru and it's really exciting! Berpikir kreatif itu susah? nggak juga. You just have to set a side batasan-batasan dari hal yang pernah kamu lihat, yang terbentuk di otak. Jangan ragu sama ide yang absurd, karena semua yang hebat biasanya berawal dari sana.


CURIOSITY (interest, opennes to experience)
Kalau nggak punya ketertarikan sama apa-apa, one's life can be boring. Masih belum tahu ketertarikan kamu apa? why don't you put your interest into everything. Penasaran sama hal2 tertentu? langsung hubungin aja uncle Google to find it out. Atow pengen tahu seindah apa pulau Tidung? Kenapa weekend ini nggak kesana aja? Rasa penasaran akan membawa kamu pada hal-hal yang tak terduga.


PERSISTENCE (perseverance)
Biasakan untuk mengakhiri apa yang udah kamu mulai. Jangan setengah-setengah dalam menjalani apa pun. Yang namanya rintangan udah pasti dateng. Menyerah sih gampang aja. Tapi lalu apa yang kita dapet? Mencapai satu tujuan. Dibutuhkan ketekunan, Jangan itung berapa lamanya. Enjoy every moment and learn from every obstacle yang berhasil kamu lewatin.


HUMOR (playfulness)
Yang satu ini diartikan Peterson sebagai: liking to laugh and tease. Bringing smiles to other people. Seeing the light side. Yup, dont be too serious or sensitives dalam menanggapi sesuatu. Selalu liat sisi positif dari setiap masalah. Dan ternyata bercanda itu penting. Bikin suasana ceria dan hati senang. And you know what?? Happy people are the most productive ones.


SELF-REGULATION (self-control)
Agar jadi pribadi yang konsisten, kita harus belajar mengendalikan diri sebaik mungkin. Harus bisa mengontrol emosi dan keinginan. Manusia kan banyak maunya. Tapi tiap kali kita pengen sesuatu,,,,coba dipikir lagi,,,do you reaally need it?? Disiplin juga jadi bagian dari self control.



SOCIAL INTELLIGENCE (emotional & personal intelligence)
Erat kaitannya dengan kemampuan kita menempatkan diri di tengah2 suatu kelompok. Peka membaca situasi, perhatiin perasaan orang lain, dan lihat sikon setiap mau bertindak.



INTEGRITY (authenticity, honesty)
Tanpa integritas, seseorang akan dengan mudahnya menerima suap atau menyuap, tanpa rasa malu. Tanpa integritas, seseorang bisa bercerita bohong demi kebaikannya sendiri. Dan tanpa integritas, seseorang bisa lari dari tanggung jawabnya. Integritas adalah kualitas unggul karena semakin sedikit orang yang bisa mempertahankannya. Terutama saat memegang posisi penting. Latih integritas kamu dengan bersikap jujur dan adil. Juga selalu bertanggung jawab sama ucapan dan tindakan sendiri.



BRAVERY (valor)
Not shrinking from threat challenge, difficulty, or pain: acting on convictions even if unpopular. Begitulah penjelasan pak Peterson. Tantang diri kamu untuk melakukan hal-hal yang kamu takuti. Cari info sebanyak-banyaknya tentang hal tersebut bisa sangat membantu. Ngeri jadi opening act class meeting, naik panggung runway, atow memulai bisnis baru? break it and just do it!



No comments:

Post a Comment