Saturday, March 13, 2010

KACANG HIJAU (BUKAN KACANG BIASA)...

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan terpopuler di Indonesia. Kacang hijau dalam bahasa latin disebut phaseolus radiatus linn dapat ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tumbuh di daerah beriklim tropis, kacang hijau memiliki banyak manfaat dengan kandungan protein nabati paling tinggi setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau dapat disajikan dengan cara direbus dan dimakan langsung atau dimasak hingga lunak (menjadi bubur). Kacang hijau (yang telah direbus hingga matang) juga bisa ditumbuk halus dan dijadikan isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kacang hijau juga dapat dijadikan tepung hunkwe. Tepung ini biasa digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, es krim tradisional, dan mie soun.

Kacang hijau sangat mudah berkecambah. Kecambah ini biasa kita kenal sebagai tauge. Kecambah kacang hijau mengandung banyak sekali enzim aktif, salah satunya adalah enzim amilase yang membantu metabolisme karbohidrat. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hebatnya lagi, walaupun direbus lama (misal sampai hancur). Kacang hijau tetap berkhasiat dan tidak terpengaruh panas.

Menurut Ir I.G.A. Ari Agung M., dosen Prodi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya, kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau adalah 345 kalori, 22,2 gr protein, 1,2 gr lemak, dan sisanya berupa vitamin A serta B1, mineral fosfor, zat besi, juga mangan.

Selain mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya, kacang hijau juga bisa membantu menyembuhkan penyakit. Kacang hijau bisa mengobati berbagai penyakit seperti beri-beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol, dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa, dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, menurunkan demam, serta masih banyak lagi.

Berikut beberapa resep tradisional kacang hijau sebagai penawar beberapa macam penyakit:


DISENTRI/SAKIT PERUT

Kacang hijau dibuat bubur. Hidangkan dengan 2 butir telur ayam yang dipindang dan air hangat kepada anggota keluarga yang terkena disentri sebanyak 2-3 kali sehari secara teratur.



BISUL

Merupakan salah satu penyakit ringan tetapi sangat mengganggu, terlebih bila bisul tumbuh di salah satu bagian tubuh yang sensitif. Untuk mengobati penyakit bisul yang belum matang, rebus 50 gr kacang hijau, 50 gr kacang hitam, dan 2 ruas jahe. Semua bahan, kecuali jahe, direbus. Jahe direbus tersendiri dan hasil rebusannya dicampurkan ke rebusan kacang-kacangan tadi. Minum ramuan ini secara teratur. Untuk bisul yang sudah matang, ramuan di atas harus ditambah madu.



BIANG KERINGAT

Biang keringat sering dialami oleh balita. Biasanya balita yang terkena biang keringat sering rewel karena gatal. Untuk mengatasinya, rebus 60 gr kacang hijau yang sudah dijadikan bubuk bersama dengan 50 gr tanaman krokot dalam air secukupnya. Setelah matang, saring, lalu minumkan 3 kali sehari.



PELURUH KENCING

Rebus 30 gr kacang hijau dan 30 gr daun sendok dalam air 400 cc. Ramuan dimasak dalam periuk tanah sampai matang. Sesudah dingin, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur sampai kencing tidak tersendat lagi.



MENINGKATKAN GAIRAH SEKSUAL

Agar lebih greng, tidak ada salahnya para suami mencoba resep kacang hijau ini. Selain harganya murah, resep ini aman bagi kesehatan. Cara menyajikannya, rebus 30 gr kacang hijau bersama dengan 2 ruas jahe, 15 gr merica, 15 gr adas, 15 gr pulosari, 15 gr biji kucai, 15 gr biji paria, dan 15 gr biji ketumbar. Semua bahan direbus dengan air 600 cc. Biarkan hingga air berkurang setengahnya atau tersisa 300 cc. Minum secara teratur dan anda akan merasakan khasiatnya.



RAMBUT RONTOK

Bagi yang bermasalah dengan rambut rontok, dpt mencoba resep ini. Caranya dengan merebus kacang hijau dalam 1 gelas air. Saat merebus, jangan sampai kacangnya pecah. Segera angkat bila sudah tampak agak matang agar kacang tidak pecah. Setelah dingin, air rebusan kacang hijau ini digunakan untuk membasahi kulit kepala sembari dipijit. Biarkan kering, lalu keramas.



DEMAM PADA BAYI

Bagi ibu-ibu yang punya bayi yang sakit akibat demam, boleh mencoba menggunakan kacang hijau. Menurut penelitian, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Caranya dengan memberikan 1 gelas air rebusan kacang hijau ditambah 1 sendok makan madu pada bayi yang terserang demam. Berikan rebusan ini sesendok demi sesendok.



Taken From: Majalah 'Percikan Iman' No.3 Th. XI Maret 2010 M/ Rabiul Awal 1431 H.

No comments:

Post a Comment