Tuesday, March 9, 2010

Pengetahuan... ^___^

Pengetahuan ada tiga jenis:

Tipe pertama adalah pengetahuan yang kita peroleh dari orang lain, pengetahuan tak langsung. Itulah titik awal bagi kita semua: ajaran dari orang tua, sekolah, kuliah, buku, percakapan. Pengetahuan ini agak lemah, semua hanya kata orang. Bobotnya hanya berdasarkan pada otoritas orang yang menyampaikan pesan tersebut.

Tipe kedua adalah pengetahuan dari melihat dengan mata kepala sendiri. Pengetahuan ini selalu jauh lebih kuat, lagipula, melihat adalah mempercayai. Inilah cara sebagian besar dari kita memahami dunia ini. Mereka yang melihat sesuatu mengetahuinya dengan pasti, sementara orang yang hanya mendengar tak akan pernah bisa betul-betul yakin.

Tipe ketiga adalah pengetahuan yang kita rasakan sendiri. Ini merupakan derajat kepastian tertinggi. Tak ada yang bisa membujuk seseorang untuk pergi dari sesuatu yang dirasakannya sendiri. Dan jika kita sudah merasakannya, pengetahuan tersebut memiliki bobot terbesar dari semua. Orang menghormati pengetahuan yang datang lewat pengalaman: itulah sebabnya mereka berhenti, dan menyimak orang semacam itu. Orang yang berbicara dari pengalaman menggaungkan bahwa orang yang hanya bicara dari pengetahuan buku tak akan pernah berhasil.


Sumber: Ada dech... ;)

No comments:

Post a Comment