Tuesday, November 3, 2009

Tips2 Oke bikin Ngopi jadi Lebih Nikmat...





Hm...Blog bln november ini sengaja ngomongin seputar kopi. Coz I love coffee. Kopi itu sebenernya sehat lho,,,asalkan jgn berlebihan, insyaALLAH kopi bikin otak kita jd lebih encer. Semoga postingan2 tentang kopi ini bermanfaat :) enjoy!!!


Jodoh Ideal Minum Kopi

Sesuaikan makanan kecil dengan jenis kopi yang kita minum. Untuk kopi Amerika Latin, pilih kudapan berupa cake coklat coz kopi Latin beraroma coklat. Kopi Indonesia paling cocok dipadukan dengan kacang tanah atawa singkong goreng.

Memang kopi Indonesia berjodoh dengan makanan yang bahannya ditumbuhkan di dalam tanah, sehingga beraroma tanah sangat kuat. Pasalnya, kopi Indonesia beraroma tanah habis disiram hujan. Pilih buah-buahan atau cake rasa buah-buahan untuk kopi dari Afrika yang beraroma bunga dan buah.



Jangan Biarkan Kopi Tubruk Lebih dari 20 Menit

Flavor kopi yang nikmat akan lenyap begitu saja bila didiamkan lebih dari 20 menit. Ingin lebih nikmat lagi?? Beli biji kopi yang sudah dipanggang. Grind atau giling ketika akan diminum.

Kita bisa minta para barista di kedai kopi untuk menggilingnya. Namun,,,,jangan biarkan kopi giling itu lebih dari 7 hari. Rasanya pasti akan berkurang dan sudah tak nikmat lagi.



Penikmat Kopi Sejati Tidak Merokok

Kopi adalah komoditi yang sangat sensitif. Aroma kuat di sekitarnya akan mempengaruhi aroma dan rasanya. Contohnya, jika di sekitar biji kopi ada durian yang baunya sangat menyengat, aroma dan rasa kopi itu akan sangat kental seperti durian.

Bau asap rokok pasti akan merusak aroma dan rasa kopi. Kesegaran biji kopi juga akan berkurang gara-gara bau rokok. Karena itu, seharusnya kopi dinikmati tanpa rokok.



Disimpan Seperti Obat

Lemari es bukanlah tempat ideal untuk menyimpan kopi. Sebab, biji kopi akan menyerap rasa dan aroma bahan makanan lain yang ada di lemari es. Tempat ideal untuk menyimpan biji kopi agar terjaga kenikmatannya adalah tempat yang bersih, kering, tertutup rapat, sejuk, dan gelap.



Dua Sendok Makan untuk 200 ml Air

Kualitas secangkir kopi juga ditentukan oleh air. Air yang bau dan berasa kaporit jelas akan merusak kenikmatan kopi. Gunakan air bersih dan dingin sebelum dimasukkan ketel untuk menyeduh kopi.

Masukkan ke dalam cangkir, dua sendok makan kopi bubuk untuk setiap 200 ml air mendidih. Aduk campuran air dan bubuk kopi sebelum disajikan agar minyak yang terdapat dalam kopi tercampur. Hasilnya, InsyaALLAH dijamin nikmat.



Lebih Baik Dimasukkan ke Termos

Kelebihan kopi panas sebaiknya jangan terus-menerus dihangatkan dalam mesin pembuat kopi. Segera masukkan ke dalam termos. Membiarkan kopi dihangatkan terus-menerus sama seperti memanggang daging ayam di atas api terus-menerus. Daging jadi terlalu lunak dan tak enak.



Taken From: Majalah Seri Gaya Hidup Sehat 'a passion of coffee'

No comments:

Post a Comment