Tuesday, November 18, 2014

Keimanan, Manajemen Waktu, & Tholabul 'ilmiy (3 in 1 Materi Dauroh Tarqiyyah)

Narasumber: Ir. Anti Yosefa

KEIMANAN

Kehidupan dunia tabi'atnya selalu berubah, tidak ada sesuatu pun yang tetap di dunia ini. Segala yang tetap adalah di surga. Masalah akan muncul ketika segala sesuatu tidak sesuai keinginan. Jika tidak memahami kehidupan, maka tidak akan siap dalam hidup.

Bagaimana menjadi orang yang siap dalam setiap keadaan? Adalah dengan memperkokoh keimanan (imunitas) kita. Orang luar biasa adalah bisa menjadikan masalah besar menjadi masalah kecil. Segala sesuatu berdasarkan bagaimana kita memandangnya. Seringkali seseorang dihancurkan oleh pikirannya sendiri. Jika pikiran buruk disimpan dan dicerna oleh otak, akan sulit dihapus dan jadi beban bagi diri sendiri. Sebenarnya hidup setiap orang bahagia dengan segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Yang membuat jadi tidak bahagia adalah persepsi kita. Di dalam Al Quran, banyak sekali janji Allah pada orang beriman, salah satunya dalam QS. Muhammad ayat 2. Iman membuat segalanya jadi mudah. Dalam berdakwah, jika kita menganggap diri kita penting, maka insyaaAllah kita akan benar-benar menjadi orang penting. Di dalam QS. Al-Anfal 74, disebutkan orang yang benar-benar beriman adalah orang yang berjihad dan orang-orang yang suka menolong orang lain.


MANAJEMEN WAKTU

Dengan manajemen waktu yang berbeda, tiap orang akan mendapatkan hasil berbeda pula. Waktu adalah uang, waktu adalah pedang (Jika tidak berhati-hati, akan menghancurkan kita). Dua nikmat yang seringkali membuat kita tergelincir: nikmat sehat dan nikmat waktu luang. Jangan terlalu banyak istirahat, karena dunia bukanlah tempat istirahat, melainkan tempat mengumpulkan bekal menuju akhirat.

Manajemen waktu efektif:

1. Bersegera.
2. Menentukan prioritas.
3. Melakukan perencanaan.


THOLABUL 'ILMIY

Allah SWT lebih mencintai 1 orang ahli ilmu dibanding 1000 orang ahli ibadah. Menuntut ilmu adalah Hasanah dan khazanah. Jika berniat menuntut ilmu karena Allah, maka seluruh semesta akan mendo'akan agar kita berhasil. Usahakan setiap ibadah yang kita laksanakan adalah berlandaskan ilmu, dan mantapkan ilmu dengan berbagai amalan yang diridhoi Allah...

No comments:

Post a Comment