Saturday, November 29, 2014

Keyza & Sekelumit Hal-hal Unik....


Anak-anak selalu menyenangkan. Tiap anak pasti membawa segudang keunikan dalam dirinya. Begitu pula dengan Keyza. Di antaranya masalah susah tidur. Sesampai di Muara Bulian, malamnya keyza gak bisa tidur mpe jam 2 malem, terus begitu selama 4 hari berturut-turut. Kata temen2 di kantor, anak2 kalo di tempat baru, pasti awalnya susah tidur :). Alhamdulillah di hari ke-5 keyza bisa tertidur lelap setelah aku nina bobokkan dengan lagu 'Bunda'. Setiap malam harus nyanyi 'Bunda' dulu 3 kali, baru dech keyza tidur nyenyak. Efeknya, keyza jadi hapal lagu 'Bunda' dech.



Selain masalah susah tidur di awal-awal proses adaptasi keyza di Muara Bulian, keyza juga susah makan. Makannya dikiiit banget, maunya pakai beras solok, jadilah kami beli beras solok ke temen yang nyetok. Tapi masalah gak selesei sampe di situ. Keyza masih aja sulit makan, walaupun lauknya udah teramat sangat enak. Pusing jadinya. Akhirnya ada solusi dari mama, nasi putihnya ditaburi garam halus. Anak-anak sulit makan nasi karena mereka kan gak suka sambel, nasinya hambar/tawar. Kalo nasinya dikasi garam, jadi ada rasa enak di nasi. Dan bener aja, setelah ditaburi garam halus, keyza jadi sering minta tambah nasinya. Terseleseikan masalah ke-2.


Selain dua masalah di atas, soal pakaian keyza juga mengusik pikiranku. Hampir semua baju-bajunya bertipe 'you can see', baik gaun ataupun kaos atasan. Ada celana pendek & kaos2 lengan pendek. Akhirnya aku mampir ke toko temen yang menjual baju-baju muslimah untuk anak. Aku beli beberapa pasang rok+atasan, dan gaun. Tapi ternyata kepanjangan rok nya, untungnya aku bisa beberapa skill jahit menjahit, diajarin adik nenekku yang tukang jahit (baca: nek elly) pas aku SD & SMP di masa-masa masih tinggal sama nenek. Kalo soal mendekin baju, jahit kancing baju yang lepas, mendekin gordent, taplak meja, dll insyaaAllah dengan jahit tangan aja aku bisa. Alhasil baik baju muslimah, baju seragam keyza, rok jeans lembut, dan semua baju keyza yang kepanjangan, dah dipendekin. Pokoknya soal jahit menjahit ini tak luput dari perhatianku, bahkan di rumahku di Muara Bulian, ada mesin jahit merk singer, lumayan bikin baju-baju buat di rumah (daster yg modelnya lurus-lurus aja), atau ngejaitin baju piyama buat misua, tapi aku perlu belajar lagi nih, biar bagus hasilnya, hehehe.


Kalo soal ngemil, cemilan kesukaanku, pasti keyza juga suka. Jadi seru deh, skrg ada temen ngemil di rumah, secara si uda kan gak suka ngemil. Dan cucu perempuan ibu mertuaku, ya, cuma keyza satu-satunya. Yang laen cowok semua. Jadi ibu mertua selalu menitipkan perihal sholat & mengaji al Qur'an nya keyza padaku. "Tolong didisiplinkan" pesan beliau. Ditambah lagi hapalan surat pendeknya. Keyza rada males menghapal, tapi kalo ngapalin lagu, cepet banget. Sampe-sampe tontonannya harus diseleksi, karena beberapa stasiun TV kerap mempertontonkan kemesraan orang dewasa di jam-jam anak-anak ada di rumah. Lagu-lagu pembuka sinetron di televisi juga dewasa banget, kasian anak-anak yang suka membeo, jadi melafalkan kata-kata yang tidak sesuai umurnya...


(To Be Continued)

No comments:

Post a Comment