Sunday, November 30, 2014

Do'a untuk Orang yang Pulang Haji...

Hal yang sering terlupakan saat menyambut kedatangan jamaah haji adalah mendo'akan mereka. Di samping meminta do'a dari mereka, hendaknya kita juga mendo'akan mereka, sebagaimana yang pernah dicontohkan Nabi Muhammad S'AW ketika mendo'akan orang yang haji. Beliau berdo'a:

Allahummaghfir lilhaaji wa liman istighfaro lahul hajju...

"Yaa Allah, berilah ampunan pada orang yang haji, dan (berilah pula ampunan) kepada orang yang dimintakan ampunan oleh orang yang haji." (HR. Baihaqi, Hakim, Ibnu Khuzaimah, dan al Khatib, Hakim berkata, "Hadits ini shahih atas syarat Muslim").


Makna do'a ini adalah kita memohon kepada Allah SWT agar mengampuni orang yang baru saja melaksanakan haji itu, yakni ampunan yang menjadikan hajinya sebagai haji yang mabrur. Dan, semoga Allah SWT juga mengampuni orang yang dimintakan ampunan oleh orang yang haji tersebut.

Secara tersirat, do'a yang diajarkan Nabi Muhammad S'AW di atas memberi pesan kepada kita agar meminta istighfar`kepada orang yang haji, agar kita termasuk dalam do'a tersebut. Adapun zhahir pesan tersebut berlaku untuk semua waktu. Namun, Imam Ghazali dalam Ihya 'Ulumuddin menyebutkan riwayat dari sahabat Umar R'A, ia berkata, "Orang yang haji diampuni dan begitu pula orang yang dimintakan ampun olehnya pada bulan Dzulhijjah, Muharram, Shafar, dan tanggal dua puluh dari bulan Rabi'ul Awal."

Jadi, kesunnahan meminta do'a kepada orang yang haji akan habis pada tanggal dua puluh dari bulan Rabi'ul Awal. Ibnu Rajab menambahkan, "Jika kedatangannya ke tanah airnya terlambat dari waktu tersebut, maka (anjuran itu berlaku) sampai kedatangannya ke tanah airnya."

Sumber: Buku Saku Do'a

No comments:

Post a Comment