Friday, January 30, 2009

Khayalan or Mimpi????

Khayalan dan mimpi memiliki arti yang berbeda. Menurut kamus keluaran Webster, “Khayalan adalah kekuatan atau kemampuan pikiran untuk melahirkan dan membentuk ide atau imaji yang tersalur lewat panca indra. Saat kita mengkhayalkan sesuatu, sepertinya kita merasa bisa menggapai dan menyentuh khayalan tersebut. Ini terjadi karena semua panca indra kita ikut terlibat saat kita berkhayal. Itu sebabnya berkhayal hanya bisa terjadi saat kita sadar.
Sementara mimpi adalah sekumpulan ide atau bayangan yang terjadi dalam dunia alam bawah sadar kita. Misalnya saat kita tidur, pingsan atau berada dalam keadaan koma. Nah dalam keadaan bawah sadar itulah, pikiran kita memainkan sebuah film yang dipengaruhi berbagai macam faktor, seperti faktor lingkungan, apa yang kita lihat, rasa, dan pikirkan. Tapi kita tetap nggak punya kontrol atas isi dari mimpi tersebut, karna berlangsung saat kita tidak sadarkan diri.

Sebenarnya, saat kita berkhayal, otak terpicu untuk bekerja lebih keras dalam mencari dan membentuk ide atau gambaran akan sesuatu hal, seperti yang kita inginkan. Khayalan berperan penting dengan memotivasi kita untuk lebih berani ’bergerak’ untuk melakukan sesuatu. Siapa tahu dengan berkhayal, kita tanpa sengaja menemukan cara untuk bisa mewujudkan keinginan kita.

Denis Waitley, penulis buku Psychology of Winning and Seeds of Greatness, bilang kalau salah satu aspek paling ‘ajaib’ dari imajinasi dan khayalan manusia adalah kekuatannya dalam menembus batas waktu dan ruang. ”Khayalan manusia nggak hanya melihat sesuatu seperti apa adanya, tapi juga melihat apa yang bisa tercipta dari sesuatu itu,” ujar Waitley.

Nggak heran kalau kemudian banyak karya besar yang lahir dari kebiasaan berkhayal. Tapi ingatlah, semua orang besar mewujudkan khayalannya dengan berusaha. Masalahnya, bisakah kita mengubah khayalan tingkat tinggi itu menjadi kenyataan? Karena, tanpa disadari, khayalan juga bisa ’merusak’ bila kadarnya berlebih.

Sumber: Majalah Gadis


3 comments:

  1. sejak papaku meninggal krn pecah pembuluh darah di otak, aq menghayal bs bt alat yg bisa perbaiki pembulu darah di kepala... agar nanti org yg stroke ky alm papa aq, pembulu darah di otaknya bs diprbaiki...jd bs diselamatkan ( + ijin Allah SWT).. makanya aq sekarang ambil mata kuliah biomedic.. ga tau bs, ga tau ga...yg penting aq berkhayal dulu..hihi... v(^_^)v

    ReplyDelete
  2. wahhh....semanagt yaaa kuliahnya :)

    ReplyDelete