Wednesday, November 21, 2012

Penyakit Umat Islam

Jagalah keluarga kita dari beberapa penyakit yang tengah dialami oleh umat Islam. Penyakit-penyakit tersebut adalah Kuman, Kudis, Kurap, dan Kumat.

KUMAN, singkatan dari Kurang Iman

Ini adalah penyakit yang amat berbahaya. Ciri-cirinya adalah senang melakukan maksiat. Perempuan yang kurang iman menjadi murah harga dirinya dan tidak ada lagi rasa malu, bahkan terhadap ALLAH.

Apabila kurang iman ini terjadi dalam keluarga, maka anak-anak pun lupa akan jasa orangtua. Karenanya mereka merasa berat saat membatu orangtua.

"Barangsiapa mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari amalan yang telah mereka kerjakan."
(Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 97)




KUDIS, adalah penyakit Kurang Disiplin

Disiplin adalah mengikuti aturan sesuai yang diucapkan. Termasuk untuk mencari rezeki yang halal, anak harus taat kepada orangtua, ayah dan ibu harus sayang pula kepada anak, dan sebagainya. Apabila kurang disiplin ini dibiarkan, maka terjadi perempuan yang bebas tanpa aturan, anak-anak durhaka, orang tua tidak mendidik anaknya, dan akibat lain.




KURAP, yakni Kurang Perhatian

Tidak perhatian bisa dicontohkan dengan tidak pedulinya kita terhadap peristiwa yang mengandung pengajaran. Karena itulah kita selalu ditipu setan, karena tidak perhatian terhadap kisah para Nabi.




KUMAT, Kurang Maklumat (Kurang Pengetahuan)

Ibnu Sina, hapal Al-Quran pada usia lima tahun dan menjadi dokter ketika usia 17 tahun. Al-Razi, dokter yang pertama menemukan teknik operasi menggunakan benang serat. Al-Khawarizmi, tingginya keilmuan yang dimiliki menjadikannya disebut sebagai Bapak Aljabar. Itulah contoh-contoh ilmuwan di zaman dahulu yang amat kuat pengaruhnya di dunia pengetahuan. Kita harus meneladani mereka agar terhindar dari penyakit kurang maklumat ini.




Sumber: Majalah Aulia ^_^

No comments:

Post a Comment