Wednesday, November 21, 2012

Di kala Bau Mulut Melanda....

Faktor Penyebab Bau Mulut:

1. Penyakit seperti infeksi saluran nafas, sinusitis, gangguan ginjal, liver, lambung, radang tonsil (amandel), gangguan gusi, dan gigi.

2. Konsumsi makanan seperti petai, jengkol, bawang merah, bawang putih, dan makanan berserat tinggi.

3. Sisa makanan dalam mulut atau sela-sela gigi.

4. Faktor stres yang menyebabkan mulut menjadi kuning.



Pencegahan:

1. Sikat gigi dan lidah secara teratur.

2. Gunakan dental floss (benang gigi) di sela-sela gigi untuk memastikan tidak ada sisa makan yang memicu pembusukan dan gigi berlubang.

3. Apabila makan makanan yang berserat tinggi, seperti sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, harus disertai banyak minum air untuk memudahkan makanan dicerna. Karena bakteri positif dalam usus akan mengurangi serat dan menghasilkan gas yang akan mengakibatkan perut kembung.



Pengobatan:

1. Mencuci rongga mulut dan rongga hidung, serta menghirup air pada rongga hidung pada waktu berwudhu akan membersihkan usus dan selaput lendir.

2. Tekankan dua jari pada sela antara dua lubang hidung dengan bibir, akan memperbaiki kelenjar usus dan berkhasiat mengurangi bau mulut.



Tanaman Obat yang Berkhasiat untuk Mengobati Bau Mulut:

1. Akar Wangi, Herbal ini mengandung minyak atsiri dan akarnya digunakan sebagai bahan ramuan obat kumur dan antiseptik. Cara pakai: ambil tiga sampai empat potong akar wangi dicampur dengan lima lembar daun sirih dan segenggam pegagan, rebus dengan tiga gelas air menjadi 1,5 gelas. Gunakan sebagai obat kumur.

2. Teh dan Melati, campur daun teh dengan melati segar, seduh dengan air panas 200 cc lalu minum setelah dingin.

3. Kayu Manis. Masukkan satu batang kayu manis ke dalam air panas, diamkan hingga dingin. Digunakan sebagai obat kumur.





Taken From: Majalah Aulia

No comments:

Post a Comment