Tuesday, November 20, 2012

Kamus Mini Istilah Televisi & Film

A

A/D Kependekan dari Analog-to-Digital Converter. Perangkat yang mengkonversi sinyal analog menjadi digital. Disebut juga ADC.



B

Based on a true story. Film yang sebagian ceritanya berdasarkan pada kejadian nyata. Biasanya cerita tersebut telah mengalami modifikasi, dengan tujuan tercapainya efek dramatis yang lebih besar.



C

Cameo/feature part. Peran yang tidak terlalu penting untuk seorang bintang, tetapi cukup besar untuk memunculkan perhatian khusus. Biasanya dilakukan oleh aktor/aktris yang telah dikenal luas oleh penonton. Peran cameo dalam sebuah Film lebih banyak dimaksudkan untuk memperkuat publisitas film itu, dan bukan untuk mendukung plot.



D

Day-after-recall (DAR). Kemampuan pemirsa televisi untuk mengingat isi suatu program yang telah mereka lihat sehari sebelumnya. Produsen dan biro iklan biasanya mengadakan day after recall test untuk melihat seberapa banyak yang dapat diingat oleh seseorang mengenai suatu iklan setelah iklan tersebut sehari disiarkan.



E

Expository mode. Mode televisi yang menampilkan argumentasi mengenai "dunia nyata". "Fakta-fakta" mengenai dunia tersebut dipilih, disusun, dan diperlihatkan secara agresif pada penonton secara agresif pada penonton secara langsung.




F

Flare. Bayangan yang tidak dikehendaki, atau ketidakjelasan suatu objek akibat pantulan cahaya dari suatu permukaan yang ada di dalam kamera itu sendiri.




G

Green-lit. Istilah yang digunakan dalam industri film untuk mendapatkan 'lampu-hijau', yakni rekomendasi merealisasikan sebuah rencana pembuatan film agar segera diproduksi.



H

Halation. Efek yang terjadi pada saat bagian antara terang dan gelap pada sebuah gambar tampak memucat. Beberapa film telah dilengkapi dengan lapisan hitam anti-halation pada sisi dasar film.




I

Invisible cut. Cut yang dilakukan pada saat si pemeran bergerak, dicapai dengan dua kali pengambilan gambar atau penggunaan dua buah kamera. Selanjutnya kedua action tersebut digabungkan di meja editing





J

Jumping shot. Proses pengambilan gambar secara tidak berurutan.




K

Knee shot. Pengambilan gambar dari kepala hingga lutut.




L

Low con print. Print film dengan kontras rendah, biasanya untuk ditransfer ke video yang dalam proses transfernya lebih menghendaki kontras rendah.



M

Mogul. Pimpinan studio film besar yang dominan dan berpengaruh; istilah ini sering digunakan pada saat sistem studio mendominasi pembuatan film

No comments:

Post a Comment