Tuesday, March 15, 2011

Karsinogen yang Harus Disingkirkan dari Rumah...

Hingga saat ini, kanker dinobatkan sebagai pembunuh kedua sesudah penyakit jantung. Sudah bukan rahasia lagi, banyak produk yang kita gunakan di rumah mengandung ingredien yang terkait atau diduga menyebabkan kanker, belum lagi ingredien lain yang dapat menyebabkan alergi, asma, dan masalah-masalah kesehatan lainnya.

Kabar baiknya, kita bisa menggantikan banyak produk ini dengan produk-produk nontoksik. Harganya lebih murah pula. Sebagai contoh, kita bisa mengganti produk pembersih yang toksik dengan membuat pembersih nontoksik sederhana. Sebagian besar dari ingrediennya ada di rumah kita.

Berikut, produk yang beresiko menyebabkan kanker atau karsinogenik yang sebenarnya tidak kita perlukan.


BAHAN KERAJINAN DAN SENI

Bahan kerajinan dan seni mengandung ingredien berbahaya. Contohnya lem (adhesive), cat airbrush, medium dan aksesori cat airbrush, produk untuk merawat kuas, clay, & modelling compounds, cat atau tinta waterproof, marker, penghapus whiteboard-dry erase, cat permanen, pernis, sealer, pengering-dryer, medium utk melukis, cat acrylic, pigmen, spray, tekstil, vinyl, cat air, tinta cetak-printing inks, pelarut-solvent, dan lain-lain.

Untuk mencegah paparan terhadap karsinogenik dan atau ingredien yang sangat toksik:

>>> Hati-hati dengan timah dan logam berat lainnya di dalam cat, glazes, dan enamel. Gunakan pewarna dan cat dengan dasar sayuran.

>>> gunakan lem, cat, dan marker dasar air dan hindari pelarut - solvent - berbahaya seperti rubber cement, pengencer cat, dan marker dengan dasar solvent.


CAT DAN PERNIS

Menurut Environment Protection Agency, Amerika, sebagian volatile organic compound (VOC) yang digunakan di dalam cat, dilepaskan ke dalam udara dan dapat terus mengeluarkan gas dalam kadar rendah selama bertahun-tahun sesudah pengecatan. Selalu pilih cat low atau no VOC finishes.


KAPUR BARUS

Anda pasti tahu bau kapr barus yang tidak enak. Anggap itu sebagai cara tubuh memberitahu anda, bahwa itu buruk, buruk, buruk. Ketika mencium bau kapur barus, sebenarnya kita menghirup insektisida. Kapur barus hampir 100% naphthalene, sejenis karsinogen, atau paradicholorobenzene, sejenis racun.


AIR FRESHENER-PENYEGAR UDARA

Udara beraroma wangi sering disertai dengan napthalene dan formaldehyde, keduanya dikenal sebagai karsinogen, pencetus kanker, dan sejumlah zat kimia toksik lainnya. Untuk mendapatkan aorma segar di dalam rumah, mulai dengan menghilangkan sumber bau ketimbang mencoba menutupinya. Jik masih ada yang bau, coba atasi dengan baking soda atau pewangi almiah dari minya esensial.


PERLENGKAPAN OTOMOTIF

Cairan yang digunakan di dalam mobil, seperti halnya buangan mobil yang tidak sehat, juga sangat tidak aman. Cairan antifreeze dan rem yang mengandung ethylene glycol sangat toksik. Cairan wiper kaca mobil luar biasa beracun. Hanya 2 sendok makan saja, dpt menewaskan seorang anak.

Minyak bekas mobil juga merupakan ancaman kesehatan serius lewat kontak kulit, absorpsi kulit, terhirup dan terminum. Masalah kesehatan ini bersifat kumulatif. Jadi untuk setiap paparan terhadap minyak bekas, jumlah risiko di dalam sistem tubuh meningkat. Jika perlu menggunakan perlengkapan otomotif, simpan di tempat terkunci dan buang wadah sisanya di fasilitas pembuangan sampah berbahaya.


Sumber: Tabloid Aura

No comments:

Post a Comment