Tuesday, March 15, 2011

BANYAK YANG SULIT MENERAPKAN MAKAN UNTUK JANTUNG SEHAT

Orang-orang mungkin tahu apa yang harus ditambahkan dalam diet mereka untuk jantung sehat. Tapi masih banyak yang sulit menerapkannya ke dalam diet mereka. Survei International Food Information Council Functional Foods/Foods for health Consumer Trending Survey menunjukkan, 8 dari 10 orang Amerika menyadari hubungan antara Omega-3 dan jantung sehat, tapi 48% yang baru-baru ini mengkonsumsi omega-3.

Konsumsi diet rendah lemak jenuh dan lemak-lemak trans, kolesterol, garam, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi ini hanya satu sisi. Yang juga penting adalah pilih makanan-makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seperti buah-buahan, sayuran, padi-padian utuh, dan serat.

Makanan jantung sehat lainnya adalah:

>>> Kacang-kacangan - nut, yang memberikan sumber kaya protein, serat, vitamin-vitamin, mineral-mineral, dan lemak tak jenuh.

>>> Lemak tak jenuh tunggal seperti zaitun, canola, kacang tanah atau minyak safflower tinggi oleic, atau lemak tak jenuh jamak seperti minyak bunga matahari, minyak jagung, minyak kedelai, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

>>> Salmon, sardin, herring, trout, dan tuna adalah sumber istimewa asam lemak omega-3, begitu juga telur dan beberapa makanan yang difortifikasi.

>>> Protein dari sumber kedelai juga dapat membantu menurunkan risiko jantung.

>>> Sterol dan stanol ditemukan dalam jagung, kedelai, gandum, dan beberapa makanan yang difortifikasi seperti jus jeruk, yoghurt, membantu menghambat absorpsi kolesterol dalam usus.


Sumber: tabloid Aura....

No comments:

Post a Comment