Tuesday, December 1, 2009

IT'S IN THE MEETING...

Ibarat sepiring gado-gado,,begitulah rekan kerja kita. Karakternya ada yg cocok luar dalam, asik dijadikan rekan satu tim sampai curhat masalah pribadi. Tapi ada juga yg nyebelin abiz & gag bisa nyambung sama kita.

Nah,,selain pas kerja tim, perbedaan karakter antar rekan kerjaterasa banget saat rapat. Menurut Rima Olivia, konsultan karier EXPERD, umumnya ada empat karakter yg kita temukan dlm rapat: pemikir, si skeptis, pengikut, dan pengatur. Coba kenali karakter masing-masing, dan cari tahu cara menyikapinya.


PEMIKIR

Tipe ini sangat mengandalkan otak dlm mengikuti rapat. Mereka cenderung berpikir runut dan logis. Sebelum mengambil keputusan, mereka selalu mengumpulkan banyak data dulu. Karakter ini bisa kita kenali lewat sikapnya yg sering muncul saat rapat sebagai: Pemimpin (berkharisma)-> kelemahan mereka, umumnya nggak praktikal,,karenanya mereka butuh anggota tim yg bisa mewujudkan konsepnya ke langkah2 praktis, Penanya Ulung (selalu punya pertanyaan) -> Seringkali mereka terjebak sendiri. Jika hal2 sepele juga dipertanyakan, akibatnya malah banyak yg mempertanyakan kecerdasannya. Namun jika mereka benar2 cerdik, tipe ini malah bisa menjatuhkan kita dlm rapat,,,coz bukan nggak mungkin dia sengaja bertanya utk menumbangkan & mempermalukan rekan kerja.



SI SKEPTIS

Karakter ini tipe pesimis. Mereka cenderung berpikir dg emosi. Saat mengambil keputusan pun sangat dipengaruhi emosinya saat itu. Bahaya lain tipe ini: suka menguji ide-ide yg dilontarkan orang lain. Tipe ini biasanya dikenali sebagai: Si Penolak -> ibaratnya pengacara yg selalu menyanggah. maklum, bagi mereka perdebatan adalah tantangan yg memompa adrenalin. lama2 mungkin akan capek juga kalo tiap kali rapat hrs naik urat apalagi jika mereka bisanya cuma menyanggah tanpa solusi.; Si Pagar (cenderung defensif & pasif); Si Pesimis -> mereka emang selalu memandang rendah kemampuan rekan dlm tim. Karakter seperti ini berbahaya bila sampai mempengaruhi rekan lain. Kemajuan tim akan sulit dicapai.



PENGIKUT

Karakter ini tukang ikut-ikut alias gag punya pendirian. Cara berpikirnya cenderung emosional dan dipengaruhi suara mayoritas. Makanya dalam mengambil keputusan, biasanya dia akan mengikuti suara terbanyak. Tipe-tipenya nih: Si Penjilat & Si Cepat Panas.



SI PENGATUR

Ciri2nya: teguh dengan pendapatnya dan menikmati perasaan memegang kendali. Orang dengan karakter ini cenderung terlihat tanpa emosi. Cara berpikirnya analitis dan tertutup terhadap ide orang lain. Mereka mudah dikenali karena ambisius. Biasanya karakter ini identik dg Si Tukang Monopoli.




Perbedaan karakter nggak bisa dihindari, makanya perlu pemimpin hebat dalam suatu rapat. Jika kita ditugaskan sbg pemimpin rapat, cobalah menetapkan aturan main dalam rapat. Kapan memicu konsep si pemikir dan kapan menyetop ide2 liar si pengatur. InsyaALLAH rapat pun bakalan efektif :)



Taken From: Majalah Cita Cinta...

No comments:

Post a Comment