Tuesday, December 1, 2009

CEGAH HPV... (for woman/girlz only)

HPV (Human Papiloma Virus), virus penyebab kanker serviks, bisa menyerang siapa saja, dan bisa menular lewat hubungan seksual dan non hubungan seksual. Melihat cara penularannya, maka menjaga kebersihan alat reproduksi merupakan hal penting. Berikut ini beberapa hal yang disarankan:

1. Hati-hati ketika memakai toilet umum, karena kita tidak pernah tahu, siapa saja yang memakai toilet itu dan bagaimana cara dia memakai toilet itu. apalagi virus HPV yahan hidup di air.

2. Untuk berjaga-jaga, bawalah selalu minuman mineral sendiri sebagai pembilas, lengkap dengan tisunya.

3. Jangan membilasnya dengan air yang ada di ember atau bak penampungan dengan memakai gayung yang ada disana. Lebih baik bersihkan dengan tisu yang sudah dibasahi air yang dialirkan langsung dari air keran. Selain itu, rawatlah kebersihan vagina sehingga terhindar dari keputihan. Keputihan tidak secara langsung menyebabkan kanker, tetapi keputihan yg parah bisa membuat pertahanan tubuh turun, yg memicu infeksi virus atau kuman.


CARA TERBAIK MENJAGA KEBERSIHAN VAGINA:

1. Jangan pernah menyabun vagina, karena akan merusak lapisan asam yg ada di vagina, yg berguna untuk menangkal bibit penyakit yang masuk.

2. Cara terbaik adalah dengan menyiram air sebanyak-banyaknya, dan dengan tangan bersihkan juga setiap bagian yang ada di vagina bagian luar (vulva). Saat dibersihkan akan terasa ada bagian seperti berlemak, tetapi justru itu berguna membantu kita bertahan dari serangan berbagai penyakit.


Taken From: Femina...

No comments:

Post a Comment