Monday, August 10, 2009

Mimpi Buruk...

Apakah mimpi buruk merupakan manifestasi dari buruknya keadaan kejiwaan seseorang?? Jika seseorang sering mengalami mimpi buruk, adakah cara untuk mengurangi bahkan menghilangkannya?? Sebetulnya secara kejiwaan, bagaimanakah sebuah mimpi itu, termasuk mimpi buruk, "diproduksi"???


Hm...mimpi tidak hanya bunga tidur, tetapi mimpi bisa merupakan refleksi dari masalah yang dialami fisik dan mental seseorang, bisa memberikan petunjuk pada seseorang apa yang harus dilakukan. Juga merupakan prediksi apa yang akan terjadi, baik mengenai dirinya maupun yang ada di sekitarnya. Mimpi juga merupakan hasil komunikasi personal spirit dengan spirit orang lain, mimpi juga sering kali menunjukkan kebesaran Tuhan.

Jika seseorang mengalami mimpi buruk, erat hubungannya dengan masalah mentalnya. Dari masalah yang dihadapi di dalam mimpinya menunjukkan apakah ia sudah mengalami gangguan jiwa seperti cemas, depresi, atau yang lebih berat psikotik. Bisa juga merupakan petunjuk apa yang sedang dihadapi dan apakah ia mampu memahami dan mencarikan solusinya. Sebaiknya mimpi yang dialami dicatat secara detail sehingga bisa ditelaah secara seksama apa yang sedang dihadapi dan cara untuk menyelesaikan masalah itu. Jika hal ini sudah dipahami, maka mimpi buruk akan hilang dengan sendirinya. Cara untuk menghindari mimpi buruk adalah dengan mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam keadaan nyaman.


Ada beberapa tips: Jangan tidur segera setelah makan, lebih-lebih perut penuh dan banyak daging. Usahakan tidur 2-3 jam setelah makan malam dan makanan malam lebih banyak sayur, buah, dan sedikit daging. Sebaiknya mandi sebelum tidur kalau badan berkeringat, sehingga tubuh jadi segar. Jangan banyak minum air sebelum tidur, dan lakukan buang air kecil sebelum tidur, sehingga bisa tidur nyenyak. Tidurlah dengan pakaian longgar. Kamar tidur jangan dipenuhi oleh barang-barang yang menyimpan debu. Ventilasi di dalam kamar baik. Usahakan aroma kamar tidur yang menenangkan. Lakukan meditasi dan relaksasi sebelum tidur. Berdo'alah pada Yang Maha Kuasa sebelum kita tidur.


Sumber: Konsultasi dengan Prof. Dr. Luh Ketut Suryani dari Suryani Institute Bali...

No comments:

Post a Comment