Saturday, August 8, 2009

Olahraga Sesuai Bentuk Badan...

Setiap orang punya bentuk badan yang berbeda. Itu artinya, massa otot dan lemak setiap bagian badan berbeda antara satu orang dengan orang lain. Dengan sendirinya kekuatan menahan beban atau melakukan gerakan setiap bagian tubuh pun berbeda. Berikut ini petunjuk olahraga yang sesuai dengan bentuk tubuh.

BENTUK BUAH PIR
Karena tubuh besar di bagian bawah, amat mudah bagi org2 dengan bentuk tubuh seperti ini untuk melakukan gerakan bertumpu di bagian bawah. Lompatan squats atau mengayuh sepeda misalnya. Tapi ingat, kedua olahraga itu justru akan memperbesar bokong. Si bada buah pir biasanya memiliki kelenturan tinggi, bagus dalam gerakan yang menuntut kekuatan dan koordinasi bagian bawah tubuh. Sebaliknya, karena bagian atas lebih lemah, biasanya dia tidak suka melakukan gerakan atau olahraga yang bertumpu pada bagian atas badan. Maka olahraga terbaik bagi bentuk badan ini, cobalah tari salsa. Atau yang lebih keras, kick-boxing. Atau yang ada unsur petualangannya, panjat tebing. Percayalah, dengan menjalani olahraga itu, bagian atas tubuh akan jadi lebih besar, perasaan bugar dan sehat pun terjaga.


BENTUK BUAH APEL
Yoga dan pilates amat bagus bagi org2 dengan bentuk tubuh seperti buah apel, besar bagian atas. Bagian tengah tubuh perlu diperkuat untuk menopang bagian atas yang lebih besar dan lebih berat. Jika upaya itu tekun dilakukan, postur tubuh akan terjaga, bahkan sampai usia tua.


BADAN LURUS
Bagaimanapun si tubuh lurus tetap memerlukan olahraga cardio seperti menari, jogging, atau jenis olahraga lain yang menjaga jantungnya tetap berfungsi baik. Tubuh lurus sangat sulit membentuk otot. Maka ketika ia sudah berolahraga dan ototnya terbentuk, hendaknya ia terus menjaganya agar tidak hilang. Bagi perempuan berbadan lurus yang ingin memperkuat bagian bawah badannya, ia dapat menambahkan beban saat melakukan squats, atau melakukan gerakan angkat beban dengan kaki.


BENTUK GELAS PASIR (GITAR)
Orang dengan bentuk tubuh semacam ini sungguh beruntung. Ia punya tulang yang kuat, susunan ototnya pun bagus, dan tidak rentan terhadap osteoporosis di usia tua. Untuk si tubuh gitar yang agak langsing, joging atau lari adalah olahraga terbaik. Tapi untuk yg lebih gemuk, lari tidak bagus. Cara terbaik untuk membakar kalori berlebihan adalah olahraga yang berfokus pada cardio, yaitu lari, naik sepeda, dan berenang selama 30-40 menit, 3-4 kali seminggu.



Pada dasarnya, melakukan olahraga yang kita sukai dan makan secara sehat akan membuat perasaan kita tetap happy. Berapa pun berat badan kita, ingat, kita tidak bisa mengubah bentuk tubuh kita, tetapi kita bisa mengubah perasaan terhadap tubuh kita.



Taken from: Intisari Mind Body & Soul ^_^

No comments:

Post a Comment