Monday, August 10, 2009

Lima Pereda Stres....

Berikut lima pereda stres yang dapat kita coba bila kita mengalaminya:

Pereda stres pertama: Evaluasi beberapa persoalan atau situasi dengan bertanya pada diri sendiri. "Apakah keadaan yang saya alami ini memperbaiki kehidupanku empat tahun ke depan?" Beberapa dari kita sering kali membuat rencana yang terlalu ambisius. Ini menjadi beban bagi kita. Jika kita bisa menyadari dan kembali ke realita hidup kita, stres dapat diredakan.

Pereda stres kedua: Praktekkan latihan olah nafas. Sediakan waktu untuk tarik nafas dalam-dalam. Bayangkan energi positif masuk tubuh ketika kita menarik nafas dan bayangkan energi negatif keluar dari tubuh ketika kita menghembuskan nafas. Beberapa orang menggunakan warna untuk melambangkan energi positif atau negatif. Energi positif dilambangkan dengan warna merah. Sedangkan energi negatif dilambangkan dengan warna biru.

Pereda stres ketiga: Bayangkan bahwa kita berada di pantai favorit kita dengan matahari bersinar hangat di wajah kita. Rasakan angin sepoi-sepoi menerpa kita dan dengarkan suara gelombang datang menuju pantai. Rasakan pasir hangat di bawah tubuh kita. Coba buat pengalaman ini serealistis mungkin dalam pikiran kita.

Pereda stres keempat: Tekuk jari kaki kita ke arah telapak kaki sekeras yang dapat kita lakukan. Tahan sepuluh detik dan lepaskan kembali. Sekarang tekan betis kita selama sepuluh detik dan lepaskan. Lanjutkan untuk melakukan hal yang sama pada setiap anggota tubuh kita lainnya. Latihan ini akan memberikan kita relaksasi fisik dan mental.

Pereda stres kelima: Gantikan pikiran2 negatif dg pikiran2 positif. Selalu miliki optimisme ketika m'hadapi situasi penuh stres. Tubuh kita hanya bereaksi thd komando yg diberikan oleh pikiran. Jika pikiran kita tdk merasakan situasi penuh tekanan, tubuh kita akan merasakan hal yg sama ^_^

taken from: Intisari Mind Body & Soul......... :)

No comments:

Post a Comment