Monday, July 4, 2011

Kerusakan Jalan Gajah Mada 55 Persen

Kondisi jalan, khususnya jalan negara yang ada di wilayah Batang Hari masih rusak parah. Bahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Batang Hari menyatakan 55 persen jalan Negara di wilayah Batang Hari dalam kondisi rusak.

Kerusakan jalan Gajah Mada sudah hampir menyeluruh di setiap kecamatan yang yang ada di Batang Hari. Ironisnya, kekesalan karena kerusakan jalan pun kerap kali ditunjukkan masyarakat dengan memblokir badan jalan yang tidak memperbolehkan Truck Baru untuk melintas.

Sekarang kondisi jalan lintas Pemkab Batang Hari masih banyak terdapat lubang, kerap kali mengancam keselamatan pengendara. Bahkan tak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi akibat jalan yang rusak.

Abdul Gani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Batang Hari mengakui bahwa sudah banyak sekali jalan lintas negara yang ada di Kabupaten Batang Hari yang rusak parah.

"Kerusakan jalan Negara di wilayah Kabupaten Batang Hari mencapai 55 persen, sedangkan untuk kota Muara Bulian mencapai 80 persen jalan negara rusak parah," katanya.

Dikatakan lagi, untuk Muara Bulian setidaknya ada empat titik yang kondisinya sangat parah, yaitu Depan Terminal, Polres, Handoyo, dan Jalan Baru." Keempat jalan tersebut sudah dilakukan penimbunan," Tambahnya.

Terpisah, sebelumnya Kasat Lantas Polres Batang Hari AKP. Arief Irawan, yang dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Batang Hari meningkat dari tahun 2010 yang lalu, ucapnya. Terhitung dari Januari sampai Juni 2011, berdasarkan laporan yang ada, sekitar 50 Laporan angka kecelakaan di jalan, semua laporan itu, yang terjadi di wilayah Kabupaten Batang Hari saja," terangnya.

Dan disinggung mengenai pengaruh dari kerusakan jalan terhadap meningkatnya jumlah angka kecelakaan, Kasat menyebutkan hanya sebagian kecil pengaruh dari jalan, namun yang lebih dominan adalah faktor 'human error'.

Dan sekedar untuk diketahui, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari kerusakan jalan tersebut, lubang-lubang di ruas jalan dan aspal masih banyak yang mengelupas atau berlubang.



Sumber: Aksi Post

No comments:

Post a Comment