Thursday, October 21, 2010

Peluang Emas

Fakta membuktikan jika terjadi inflasi tinggi, harga emas akan naik lebih tinggi dari inflasi. Jika inflasi mencapai 10%, maka emas akan naik 13%. Jika inflasi 100%, maka emas akan naik 200%. Itu sebabnya, kita harus mempertimbangkan investasi emas ini. Keuntungan lain, harga emas dipatok dalam dolar AS. Jika dolar naik, kita dapat dua keuntungan, dari kenaikan dolar dan kenaikan harga emas sendiri.


Namun perlu dicatat, harga emas cenderung stabil, jika laju inflasi rendah. Bahkan cenderung sedikit menurun jika laju inflasi di bawah dua digit. Jadi, sangat tidak disarankan berinvestasi emas dalam jangka pendek (1 tahun atau kurang).


Kekurangan lain, pada storage dan handling. Menyimpan emas agak berisiko dan mahal. Jika disimpan kurang baik, bisa terjadi oksidasi dan perubahan warna. Khusus emas berbentuk koin, jika penyok atau cuil, sulit di-treatment ulang. Ini bisa mengurangi harga.


Silakan pilih sesuai selera dan selamat berburu emas!


JENIS INVESTASI


PERHIASAN

Jenis ini hanya menguntungkan jika disimpan jangka panjang. Pasalnya, saat dijual kembali harganya akan turun sampai 20% untuk 'ongkos' pembuatan. Toko emas juga harus menanggung ketidak aslian dan penurunan kadar emas karena harus dilebur kembali. Jadi, perhiasan kurang tepat untuk berinvestasi. Sifatnya subyektif, tergantung selera individu. Sangat mungkin anda membelinya dengan mahal, tapi ketika dijual harganya jatuh karena modelnya tak lagi up to date.



BATANGAN

Jenis ini dianggap paling menguntungkan. Di mana pun dan kapan pun anda jual, harganya selalu mengikuti harga internasional yang berlaku. Emas batangan tersedia dalam ukuran 1, 2, 3, 5, 10, 20, 25, dan 50 gram. Terberat 1 kg dengan kadar 22 karat (95%) atau 24 karat (99%). Semakin kecil ukuran, ongkos pembuatannya semakin murah. Namun jika anda ingin berinvestasi dalam jumlah cukup besar, sebaiknya beli dalam ukuran lebih besar untuk memperkecil jumlah total ongkos yang harus dikeluarkan.



KOIN

Disebut juga koin emas ONH (ongkos naik haji). Penamaan ini sebetulnya hanya taktik pemasaran. Nyatanya, investasi ini sama dengan investasi emas lain. Harganya sama dengan harga emas yang mengikuti harga mata uang asing (dolar AS), dan aman terhadap inflasi. Dulu koin emas ini diharapkan bisa sebagai alternatif investasi bagi mereka yang ingin menabung untuk persiapan ibadah haji. Nilai dan kadarnya sama dengan emas batangan. Namun, jumlahnya terbatas dan sulit dijumpai di pasaran. Koin emas tersedia dalam ukuran 1,5 dan 10 gram. Ada juga koin yang harganya sampai lebih dari Rp. 50 milliar karena nilai sejarah, kepemilikan, dan kejadian penting saat diluncurkan.



TABUNGAN EMAS

Beberapa bank syariah menawarkan tabungan ini. Nasabah akan menerima sertifikat kepemilikan emas. Bentuk fisik emas akan disimpan bank atau vendor yang bersangkutan. Satuan emas minimum 10 gram dan kelipatannya. Anda cukup membuka rekening di bank bersangkutan. Setoran dana tunai akan dikonversi menjadi harga emas. Jadi, bisa terlihat berapa gram yang ditabung.



Di mana mendapatkan si emas?

1. Toko emas. Namun,,,toko emas tidak selalu ready stock. Dulu kantor pegadaian sempat menyediakan jasa penjualan emas koin. Karena harga emas terus melonjak dan permintaan kian turun, akhirnya jasa ini ditiadakan.

2. Unit Bisnis PP Logam Mulia PT. Aneka Tambang (Antam). Di Jl. Pemuda - Jl. Raya Bekasi Km. 18 Pulogadung, Jakarta. Untuk informasi harga dan ukuran yang tersedia, anda dapat menghubungi bagian pemasaran, telp: 021 4757 108.


Taken From: Majalah Chic

No comments:

Post a Comment